CLICK FOR CLAIM PROMO !

Kamis, 02 Juni 2022

CONTOH BAB IV LAPORAN ON THE JOB TRAINING PERHOTELAN

Subscribe

 

BAB IV

HASIL DAN PEMBAHASAN

 

4.1. Deskripsi Pelaksanaan On The Job Training

4.1.1. Waktu dan Tempat On The Job Training

On The Job Training dilaksanakan mulai dari tanggal 01 Desember 2021 sampai dengan 31 Mei 2022 pada bagian Housekeeping di Lv8 Resort Hotel yang terletak di Desa Berawa, Kuta Utara, Badung

4.1.2. Jadwal Pelaksanaan

Penulis mendapatkan On The Job Training pada bagian Housekeeping. Adapun jadwal pelaksanaan On The Job Training tersebut antara lain

1.      Shift Pagi, pukul 09.00 - 17.00 WITA

2.      Shift Sore, pukul 15.00 - 23.00 WITA

4.1.3. Obyek Pelaksanaan On The Job Training

Penulis mendapatkan training di 2 section yakni room section dan public area section,  Berikut adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh penulis selama melaksanakan On The Job Training di Lv8 Resort Hotel:

1.      Room section

a.       Prosedur Kerja:

1)      Datang 15 menit lebih awal dari jam kerja

2)      Mengikuti morning briefing dan absensi

3)      Text Box: 22Mengambil linen di linen room

4)      Mempersiapkan trolly dan alat - alat seperti lobby duster dan mop

5)      Mensetup trolly dengan mengisi amenities dan supplies

6)      Kemudian mulai bekerja membersihkan kamar yang tertera di room attendant control sheet

b.      Tugas dan Tanggung Jawab

1)      Melakukan pembersihan kamar dimulai dari bagian terjauh dari pintu menuju ke arah pintu secara runtut

2)      Membersihkan permukaan peralatan yang ada di kamar seperti meja, kursi, lemari, pintu, televisi, tempat tidur, dll

3)      Melakukan making bed sesuai SOP

4)      Membersihkan lantai kamar menggunakan vacuum cleaner

5)      Membersihkan wastafel dan kaca dimulai dari bagian atas menuju bawah

6)      Membersihkan bathtub, shower stails dan saluran pembuangan

7)      Mengganti semua amenities toiletries dengan yang baru

8)      Memastikan lantai kamar mandi tidak dalam kondisi basah (menggenang)

9)      Mengisi room attendant control sheet

2.      Public Area section

a.       Prosedur Kerja:

1)      Datang 15 menit lebih awal dari jam kerja.

2)      Mempersiapkan trolly dan alat-alat kerja

 

3)      Mengecek ketersediaan amenities

4)      Membersihkan toilet lobby

5)      Membersihkan meeting room

6)      Membersihkan area lobby

7)      Membersihkan / menyapu tangga HRD

8)      Menyapu di depan lobby

9)      Membersihkan koridor dari lantai 1 sampai lantai 5

10)  Membersihkan sky glass

b.      Tugas dan Tanggung Jawab:

1)      Menjaga dan memelihara kebersihan area

2)      Menjaga dan memelihara kelengkapan yang ada di toilet

3)      Menjaga dan membersihkan seluruh office pada hotel atau restoran

4)      Menjaga dan merawat kebersihan Lobby area

5)      Merawat dan membersihkan serta selalu melengkapi segala fasilitas yang ada di toilet umum

6)      Bertanggung jawab terhadap kebersihan fasilitas staff

7)      Menjaga dan merawat kebersihan koridor

8)      Melakukan general cleaning sesuai dengan jadwal

9)      Menjaga dan merawat kebersihan railing-railing yang ada di public area

10)  Melaksanakan kegiatan dan tugas-tugas tambahan dari atasan

 

 

 

4.1.4. Hubungan Kerja Housekeeping Department dengan Departemen Lain

1.                 Hubungan housekeeping dengan Front Office :

a.       Laporan status kamar (room report)

b.      Laporan mengenai kehilangan barang-barang milik hotel yang dibawa tamu

c.       Laporan mengenai penemuan barang-barang milik tamu yang tertinggal di kamar sesudah tamu berangkat/check out.

2.                 Housekeeping Department dengan Laundry :

a.       Menangani masalah pencucian pakaian tamu, pakaian karyawan, dan pencucian linen-linen yang dipakai oleh bagian HK.

b.      Penanganan keterlambatan pengiriman linen yang dipakai oleh HK maupun outlet lain karena listrik mati, kerusakan mesin dan lain-lain.

3.                 Housekeeping Department dengan Enginering Departement :

a.       Perbaikan dan pemeliharaan alat-alat terutama yang menyangkut operasional HK.

b.      Perbaikan perlengkapan HK yang ada di kamar tamu.

4.                 Housekeeping Department dengan Food & Bevergae Department :

a.       Pelayanan room service kepada tamu.

b.      Pengiriman karangan buah (fruitstand) untuk tamu VIP

5.                 Housekeeping Department dengan security Department :

a.       Pengawasan oleh pihak keamanan pada area-area HK, meliputi corridor, tempat tugas room boy dan kantor HK.

b.      Keamanan barang-barang milik tamu dan keselamatan tamu.

 

4.2. Kendala dalam membersihkan kamar

Selama masa On The Job Training, penulis sempat mengalami beberapa kendala dalam membersihkan kamar, Kendala tersebut seperti:

1.      Kurangnya Peralatan

Sering terjadi kekurangan alat seperti mop, stik mop, sapu, dustpan dan yang lainya yang membuat keterlambatan dalam bekerja

2.      Kekurangan  linen

Kurangnya linen seperti sheet dan duvet saat proses making bed

 

4.3. Upaya Penyelesaian Kendala

Mengingat pentingnya Kebersihan kamar bagi resort, maka penulis mengupayakan solusi dari kendala yang dialami. Adapun upaya tersebut yakni:

1.      Penyelesaian kendala pertama

Saat terjadi kekurangan alat, sesegera mungkin untuk menghubungi supervisor untuk meminta alat tambahan.

2.      Penyelesaian kendala kedua

Untuk mengatasi kendala kurangnya linen seperti sheet dan duvet  pihak hotel mengirim sheet dan duvet ke laundry dengan express service sehingga kedatangan linen baru menjadi lebih cepat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERKOMENTARLAH DENGAN BIJAK DENGAN MENJAGA TATA KRAMA TANPA MENGHINA SUATU RAS, SUKU, DAN BUDAYA

SIMAK JUGA ARTIKEL DAN MAKALAH LAINNYA

Soal UAS PKN TAHUN 2017