2.1. Teorisasi / Landasan Teori
2.1.1. Pengertian hotel
Hotel adalah sebuah bangunan yang didirikan dan dikelola
dengan tujuan komersil dan menyediakan fasilitas penginapan untuk masyarakat
umum dengan rincian fasilitas seperti jasa penginapan, jasa pelayanan barang
bawaan, jasa penyedia mkananan dan minuman, jasa fasilitas perabot dan hiasan
serta jasa pencucian pakaian.
Jenis-Jenis Hotel berdasarkan Lokasi
1. City Hotel
City Hotel
merupakan jenis hotel yang berada di kawasan pusat perkotaan dan umumnya lebih
banyak ditemukan di kota-kota besar. City Hotel biasanya berukuran besar dengan
gedung bertingkat dengan fasilitas- fasilitas bisnis dikarenakan tamu yang
menginap di hotel jenis ini kebanyakan merupakan business traveler. Hal ini
membuat jenis hotel ini juga kerap disebut sebagai bisnis.
2. Motel (Motor Hotel)
Motel merupakan singkatan dari Motor
Hotel. Dinamakan demikian karena jenis hotel satu ini diperuntukkan sebagai
persinggahan sementara orang yang tengah melakukan perjalanan jauh. Motel
biasanya berada di tepi jalan-jalan penghubung antar kota atau daerah.
3. Resort Hotel
Jenis hotel
selanjutnya ini mungkin sudah cukup populer bagi kamu penggemar traveling.
Resort Hotel adalah jenis hotel yang berada jauh di luar pusat pekotaan dan
berada di kawasan-kawasan wisata dan juga rekreasi seperti di pantai,
pegunungan, tepi danau atau sungai dan sejenisnya.
4. Residential Hotel
Sesuai dengan
namanya, jenis hotel satu ini berlokasi di kawasan perumahan atau residensial
yang jauh dari keramaian. Residential Hotel biasanya menjadi pilihan untuk
tamu-tamu yang berencana untuk tinggal dalam waktu yang cukup lama. Meski jauh
dari keramaian, jenis hotel ini tetap berada di kawasan dengan akses yang mudah
untuk menjangkau pusat- pusat aktivitas di kota tersebut.
5. Downtown Hotel
Sebaliknya,
Downtown Hotel adalah jenis hotel yang justru berlokasi di pusat keramaian,
yakni kawasan perdagangan dan perbelanjaan. Jenis hotel satu ini biasanya
ditujukan untuk business traveler yang memiliki tujuan perjalanan bisnis
menyangkut perdagangan dan jual-beli.
Jenis-Jenis Hotel berdasarkan
Plan (Traveloka, 2020):
1. Full American Plan (FAP)
Merupakan jenis hotel
yang memakai sistem yang dimana harga kamar sudah termasuk 3 kali makan.
2. Modified American Plan (MAP)
Merupakan hotel
yang memakai sistem yang dimana harga kamar sudah termasuk 2 kali makan.
3. European Plan (EP)
Merupakan hotel
yang memakai sistem dimana harga kamar tidak termasuk makan.
4. Continental Plan (CP)
Merupakan jenis
hotel yang memakai sistem dimana harga kamar sudah termasuk makan pagi.
Jenis-Jenis
Hotel berdasarkan Tujuan Kunjungan Tamu (Traveloka, 2020):
1. Business Hotel
Jenis hotel satu
ini sebagian besar tamunya melakukan kegiatan bisnis sehingga umumnya lokasi
hotel berada di pusat kota atau pusat keramaian seperti City Hotel atau
Downtown Hotel.
2. Resort/Tourism Hotel
Jenis hotel satu
ini yang kebanyakan tamunya adalah wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.
Hotel jenis ini biasanya berada dekat lokasi-lokasi wisata, lengkap dengan
fasilitas-fasilitas leisure.
3. Casino Hotel
Jenis hotel satu
ini ditujukan untuk tamu yang ingin melakukan casino. Tak hanya dekat dengan
lokasi casino, hotel jenis ini bahkan banyak yang juga memiliki fasilitas
casino di dalamnya.
4. Pilgrim Hotel
Jenis hotel satu
ini bertujuan untuk mengakomodir tamu-tamu yang memiliki tujuan perjalanan
ibadah ataupun ziarah.
5. Cure Hotel
Jenis hotel satu
ini sebagian tamunya adalah tamu yang sedang dalam proses pengobatan atau
perawatan sehingga lokasinya biasanya berdekatan dengan rumah sakit-rumah sakit
besar.
Jenis-Jenis
Hotel berdasarkan Kelas atau Bintang (Traveloka, 2020):
1.
Hotel Bintang Satu
Hotel berbintang
satu memiliki jumlah kamar standar minimum 15 kamar dengan luas kamar standar
minimum 20 m2.
2.
Hotel Bintang Dua
Hotel berbintang
dua memiliki jumlah kamar standar minimum 20 kamar dengan luas kamar standar
minimum 22 m2 dan kamar suite minimum 1 kamar dengan luas kamar suite minimum
44 m2.
Fasilitas:
Memiliki telepon dan televisi di dalam kamar, terdapat tempat olahraga,
restoran.
3. Hotel Bintang Tiga
Hotel berbintang
tiga memiliki jumlah kamar standar minimum 30 kamar Kamar dengan luas kamar
standar minimum 24 m2 dan kamar suite minimum 2 kamar dengan luas kamar suite
minimum 48 m2.
Fasilitas:
Memiliki telepon, televisi, dan AC di dalam kamar, terdapat srna rekreasi dan
olahraga, restoran dan bar serta menyediakan Concierge Staf.
4. Hotel Bintang Empat
Hotel berbintang
empat memiliki jumlah kamar standar minimum 50 kamar dengan luas kamar standar
minimum 24 m2 dan kamar suite minimum 3 kamar dengan luas kamar suite minimum
48 m2.
Fasilitas:
Memiliki telepon, televisi, AC, serta penghangat air di dalam kamar, terdapat
sarana rekreasi dan olahraga, rest area, restoran dan bar serta menyediakan
Concierge Staf.
5. Hotel Bintang Lima
Hotel berbintang
lima memiliki Jumlah kamar standar minimum 100 kamar dengan luas kamar standar
minimum 26 m2 dan kamar suite minimum 4 kamar dengan luas kamar suite minimum
52 m2.
Fasilitas:
Memiliki telepon, televisi, AC, serta penghangat air di dalam kamar, terdapat
sarana rekreasi dan olahraga, rest area, restoran dan bar serta menyediakan
Concierge Staf dan room service 24 jam.
2.1.3. Departemen pokok yang ada di hotel
1.
Front Office Department
Front Office Department adalah departemen hotel yang
tugasnya berhubugan lagsung dengan tamu, menerima pemesanan kamar tamu,
menerima pendaftaran tamu, maupun memberikan informasi yang diinginkan tamu.
Departemen ini merupakan kesan prtama bagi tamu ketika tamu hendak check in.
Adapun seksi-seksi di Front Office Department adalah sebagai berikut :
1. Reservation
2. Reception
3. Telephone Operator
4. Front Office Cashier
5. Uniform Service/Concierge
6. Information Section
7. Guest Relation Officer
2.
Food and Beverage Department
Food and Beverage Department adalah departemen hotel yang
menangani hal-hal yang berkaitan dengan mengolah menyediakan makanan dan
minuman serta bertugas memberikan pelayanan kepada tamu pada saat makan di Restaurant.
Food & Beverage Department dibagi beberapa bagian diantara lain
:
a. Food & Beverage
Production
Food &
Beverage Production adalah suatu bagian yang bertugas mengolah bahan makanan
menjadi bahan matang untuk disediakan kepada para tamunya.
b. Food & Beverage Service
Food &
Beverage Service adalah suatu bentuk pelayanan berupa pengantaran order tamu.
Food & Beverage Service dibagi menjadi dua bagian lagi yaitu :
1. Food Service
2. Beverage Service
3. Housekeeping Department
Housekeeping Department
adalah departemen hotel yang bertanggung jawab atas seluruh kebersihan hotel
baik dalam ruangan maupun public area serta membersihkan berbagai fasilitas
hotel.
Housekeeping terbagi atas
beberapa seksi antara lain :
a.
Floor Section
b.
Public Area Section
c.
Linen/uniform Section
d.
Laundry section
1.
Valet
2.
Washer
3.
Presser
4.
Marker
5.
Checker
e.
Gardener section
f.
Florist section
g.
Recreation / swimmimg pool
section
2.1.4. Room attendant
Pengertian Room
attendant, Room attendant adalah posisi di dalam departemen housekeeping
yang bertanggung jawab dalam kebersihan kamar dan memperhatikan kerapihan dan
kelengkapan kamar sebelum di gunakan oleh tamu hotel.
2.1.5. Housekeeping Departement
1. Room section
Floor Section (Room
Section) Floor section sering disebut juga room section. Tugas pokok dari bagian ini
ialah menjaga kebersihan, kerapian, keindahan, kenyamanan, dan kelengkapan
kamar-kamar tamu. Tugas tersebut dikerjakan langsung oleh seorang room boy
2. Public Area section
Public area section adalah salah satu bagian yang berada
dalam Housekeeping department yang menangani semua urusan mengenai kebersihan,
kerapian, kelengkapan, kenyamanan, semua area umum yang berpengaruh terhadap
ketertarikan tamu untuk memakai jasa di dalam hotel.
Tempat-tempat yang dijaga kebersihanaya oleh public area
meliputi, toilet, lobby, basement, office, dan semua area yang penting untuk
menarik tamu datang ke hotel.
3. laundry section
Laundry adalah proses pencucian baik kain atau pakaian
yang menggunakan media air detergen laundry, pelembut, dan pewangi baik secara
manual ataupun dengan mesin laundry
laundry bertugas menjaga dan menyediakan linen-linen untuk dalam keadaan
bersih setiap harinya. Serta keperluan linen-linen lainya seperti, linen untuk
kamar, meeting room, serta membersihkan pakaian tamu yang kotor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
BERKOMENTARLAH DENGAN BIJAK DENGAN MENJAGA TATA KRAMA TANPA MENGHINA SUATU RAS, SUKU, DAN BUDAYA