CLICK FOR CLAIM PROMO !

Kamis, 02 Juni 2022

CONTOH BAB 2 PENYUSUNAN LAPORAN ON THE JOB TRAINING PERHOTELAN

Subscribe

 

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

 

2.1. Teorisasi / Landasan Teori

2.1.1. Pengertian hotel

Hotel adalah sebuah bangunan yang didirikan dan dikelola dengan tujuan komersil dan menyediakan fasilitas penginapan untuk masyarakat umum dengan rincian fasilitas seperti jasa penginapan, jasa pelayanan barang bawaan, jasa penyedia mkananan dan minuman, jasa fasilitas perabot dan hiasan serta jasa pencucian pakaian.

2.1.2. Jenis hotel

          Jenis-Jenis Hotel berdasarkan Lokasi

1.      City Hotel

City Hotel merupakan jenis hotel yang berada di kawasan pusat perkotaan dan umumnya lebih banyak ditemukan di kota-kota besar. City Hotel biasanya berukuran besar dengan gedung bertingkat dengan fasilitas- fasilitas bisnis dikarenakan tamu yang menginap di hotel jenis ini kebanyakan merupakan business traveler. Hal ini membuat jenis hotel ini juga kerap disebut sebagai bisnis.

2.      Motel (Motor Hotel)

Text Box: 7Motel merupakan singkatan dari Motor Hotel. Dinamakan demikian karena jenis hotel satu ini diperuntukkan sebagai persinggahan sementara orang yang tengah melakukan perjalanan jauh. Motel biasanya berada di tepi jalan-jalan penghubung antar kota atau daerah.

3.      Resort Hotel

Jenis hotel selanjutnya ini mungkin sudah cukup populer bagi kamu penggemar traveling. Resort Hotel adalah jenis hotel yang berada jauh di luar pusat pekotaan dan berada di kawasan-kawasan wisata dan juga rekreasi seperti di pantai, pegunungan, tepi danau atau sungai dan sejenisnya.

4.      Residential Hotel

Sesuai dengan namanya, jenis hotel satu ini berlokasi di kawasan perumahan atau residensial yang jauh dari keramaian. Residential Hotel biasanya menjadi pilihan untuk tamu-tamu yang berencana untuk tinggal dalam waktu yang cukup lama. Meski jauh dari keramaian, jenis hotel ini tetap berada di kawasan dengan akses yang mudah untuk menjangkau pusat- pusat aktivitas di kota tersebut.

5.      Downtown Hotel

Sebaliknya, Downtown Hotel adalah jenis hotel yang justru berlokasi di pusat keramaian, yakni kawasan perdagangan dan perbelanjaan. Jenis hotel satu ini biasanya ditujukan untuk business traveler yang memiliki tujuan perjalanan bisnis menyangkut perdagangan dan jual-beli.

 

 

Jenis-Jenis Hotel berdasarkan Plan (Traveloka, 2020):

1.      Full American Plan (FAP)

Merupakan jenis hotel yang memakai sistem yang dimana harga kamar sudah termasuk 3 kali makan.

2.      Modified American Plan (MAP)

Merupakan hotel yang memakai sistem yang dimana harga kamar sudah termasuk 2 kali makan.

3.      European Plan (EP)

Merupakan hotel yang memakai sistem dimana harga kamar tidak termasuk makan.

4.      Continental Plan (CP)

Merupakan jenis hotel yang memakai sistem dimana harga kamar sudah termasuk makan pagi.

Jenis-Jenis Hotel berdasarkan Tujuan Kunjungan Tamu (Traveloka, 2020):

1.      Business Hotel

Jenis hotel satu ini sebagian besar tamunya melakukan kegiatan bisnis sehingga umumnya lokasi hotel berada di pusat kota atau pusat keramaian seperti City Hotel atau Downtown Hotel.

2.      Resort/Tourism Hotel

Jenis hotel satu ini yang kebanyakan tamunya adalah wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Hotel jenis ini biasanya berada dekat lokasi-lokasi wisata, lengkap dengan fasilitas-fasilitas leisure.

 

3.      Casino Hotel

Jenis hotel satu ini ditujukan untuk tamu yang ingin melakukan casino. Tak hanya dekat dengan lokasi casino, hotel jenis ini bahkan banyak yang juga memiliki fasilitas casino di dalamnya.

4.      Pilgrim Hotel

Jenis hotel satu ini bertujuan untuk mengakomodir tamu-tamu yang memiliki tujuan perjalanan ibadah ataupun ziarah.

5.      Cure Hotel

Jenis hotel satu ini sebagian tamunya adalah tamu yang sedang dalam proses pengobatan atau perawatan sehingga lokasinya biasanya berdekatan dengan rumah sakit-rumah sakit besar.

Jenis-Jenis Hotel berdasarkan Kelas atau Bintang (Traveloka, 2020):

1.        Hotel Bintang Satu

Hotel berbintang satu memiliki jumlah kamar standar minimum 15 kamar dengan luas kamar standar minimum 20 m2.

2.        Hotel Bintang Dua

Hotel berbintang dua memiliki jumlah kamar standar minimum 20 kamar dengan luas kamar standar minimum 22 m2 dan kamar suite minimum 1 kamar dengan luas kamar suite minimum 44 m2.

Fasilitas: Memiliki telepon dan televisi di dalam kamar, terdapat tempat olahraga, restoran.

 

 

3.      Hotel Bintang Tiga

Hotel berbintang tiga memiliki jumlah kamar standar minimum 30 kamar Kamar dengan luas kamar standar minimum 24 m2 dan kamar suite minimum 2 kamar dengan luas kamar suite minimum 48 m2.

Fasilitas: Memiliki telepon, televisi, dan AC di dalam kamar, terdapat srna rekreasi dan olahraga, restoran dan bar serta menyediakan Concierge Staf.

4.      Hotel Bintang Empat

Hotel berbintang empat memiliki jumlah kamar standar minimum 50 kamar dengan luas kamar standar minimum 24 m2 dan kamar suite minimum 3 kamar dengan luas kamar suite minimum 48 m2.

Fasilitas: Memiliki telepon, televisi, AC, serta penghangat air di dalam kamar, terdapat sarana rekreasi dan olahraga, rest area, restoran dan bar serta menyediakan Concierge Staf.

5.      Hotel Bintang Lima

Hotel berbintang lima memiliki Jumlah kamar standar minimum 100 kamar dengan luas kamar standar minimum 26 m2 dan kamar suite minimum 4 kamar dengan luas kamar suite minimum 52 m2.

Fasilitas: Memiliki telepon, televisi, AC, serta penghangat air di dalam kamar, terdapat sarana rekreasi dan olahraga, rest area, restoran dan bar serta menyediakan Concierge Staf dan room service 24 jam.

 

2.1.3. Departemen pokok yang ada di hotel

1.      Front Office Department

Front Office Department adalah departemen hotel yang tugasnya berhubugan lagsung dengan tamu, menerima pemesanan kamar tamu, menerima pendaftaran tamu, maupun memberikan informasi yang diinginkan tamu. Departemen ini merupakan kesan prtama bagi tamu ketika tamu hendak check in.

Adapun seksi-seksi di Front Office Department adalah sebagai berikut :

1.      Reservation

2.      Reception

3.      Telephone Operator

4.      Front Office Cashier

5.      Uniform Service/Concierge

6.      Information Section

7.      Guest Relation Officer

2.      Food and Beverage Department

Food and Beverage Department adalah departemen hotel yang menangani hal-hal yang berkaitan dengan mengolah menyediakan makanan dan minuman serta bertugas memberikan pelayanan kepada tamu pada saat makan di Restaurant.

Food & Beverage Department dibagi beberapa bagian diantara lain :

 

a.       Food & Beverage Production

Food & Beverage Production adalah suatu bagian yang bertugas mengolah bahan makanan menjadi bahan matang untuk disediakan kepada para tamunya.

b.      Food & Beverage Service

Food & Beverage Service adalah suatu bentuk pelayanan berupa pengantaran order tamu. Food & Beverage Service dibagi menjadi dua bagian lagi yaitu :

1.      Food Service

2.      Beverage Service

3.      Housekeeping Department

Housekeeping Department adalah departemen hotel yang bertanggung jawab atas seluruh kebersihan hotel baik dalam ruangan maupun public area serta membersihkan berbagai fasilitas hotel.

Housekeeping terbagi atas beberapa seksi antara lain :

a.      Floor Section

b.      Public Area Section

c.       Linen/uniform Section

d.      Laundry section

1.                 Valet

2.                 Washer

3.                 Presser

4.                 Marker

5.                 Checker

e.       Gardener section

f.        Florist section

g.      Recreation / swimmimg pool section

2.1.4. Room attendant

Pengertian Room attendant, Room attendant adalah posisi di dalam departemen housekeeping yang bertanggung jawab dalam kebersihan kamar dan memperhatikan kerapihan dan kelengkapan kamar sebelum di gunakan oleh tamu hotel.

2.1.5. Housekeeping Departement

1.      Room section

 Floor Section (Room Section) Floor section sering disebut juga room section. Tugas pokok dari bagian ini ialah menjaga kebersihan, kerapian, keindahan, kenyamanan, dan kelengkapan kamar-kamar tamu. Tugas tersebut dikerjakan langsung oleh seorang room boy

2.      Public Area section

Public area section adalah salah satu bagian yang berada dalam Housekeeping department yang menangani semua urusan mengenai kebersihan, kerapian, kelengkapan, kenyamanan, semua area umum yang berpengaruh terhadap ketertarikan tamu untuk memakai jasa di dalam hotel.

Tempat-tempat yang dijaga kebersihanaya oleh public area meliputi, toilet, lobby, basement, office, dan semua area yang penting untuk menarik tamu datang ke hotel.

3.      laundry section

Laundry  adalah proses pencucian baik kain atau pakaian yang menggunakan media air detergen laundry, pelembut, dan pewangi baik secara manual ataupun dengan mesin laundry

laundry bertugas menjaga dan menyediakan linen-linen untuk dalam keadaan bersih setiap harinya. Serta keperluan linen-linen lainya seperti, linen untuk kamar, meeting room, serta membersihkan pakaian tamu yang kotor.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERKOMENTARLAH DENGAN BIJAK DENGAN MENJAGA TATA KRAMA TANPA MENGHINA SUATU RAS, SUKU, DAN BUDAYA

SIMAK JUGA ARTIKEL DAN MAKALAH LAINNYA

Soal UAS PKN TAHUN 2017