CLICK FOR CLAIM PROMO !

Kamis, 02 Juni 2022

LAPORAN ON THE JOB TRAINING DEPARTEMEN HOUSEKEEPING LV8 RESORT HOTEL BALI A++

Subscribe

 

LAPORAN ON THE JOB TRAINING
DEPARTEMEN HOUSEKEEPING
LV8 RESORT HOTEL







 

DISUSUN OLEH :

NAMA                 : 

NIM                     : 

JURUSAN          : HOUSEKEEPING

 

 

 

  

BALI  

2022



 

LAPORAN ON THE JOB TRAINING DEPARTEMEN HOUSEKEEPING

LV8 RESORT HOTEL

 

Telah disetujui dan disahkan oleh :

 

Training Manager

Lv8 Resort Hotel

 

 

 

(______________________)

 

 

Direktur

Lv8 Resort Hotel

 

 

 

(______________________)

 

                                                           

Mengetahui,

 

 

 

Dosen Pembimbing

 

 

 

 

(  )

 

 

Sekolah Perhotelan 

Direktur

 

 

 

 

()

 


 

KATA PENGANTAR

 

            Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan karunia-Nya penulis dapat membuat dan menyusun laporan On The Job Training dengan sebagaimana mestinya. Laporan On The Job Training ini merupakan syarat untuk melengkapi nilai semester dan kelulusan Diploma I di Sekolah Perhotelan Internasional.

            Laporan ini disusun atas apa yang didapatkan selama menjalani On The Job Training di Lv8 Resort Hotel. Selama menjalani training, penulis mendapatkan bimbingan dari pihak Lv8 Resort Hotel dan Sekolah Perhotelan Internasional. Oleh sebab itu, penulis dapat menambah pengalaman, pengetahuan dan skill di bidang hospitality. Namun penulis menyadari akan keterbatasan yang dimiliki sehingga laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu, saran dan kritik yang membangun dari Bapak/Ibu dosen sangat diharapkan. Penulis juga mengucapkan terimakasih kepada yang terhormat:

1.                 Bapak 

2.                 Ibu 

3.                 Seluruh staff Lv8 Resort Hotel

 Denpasar, 01 Desember 2022



(                                   )



HALAMAN PERSEMBAHAN

 

Puji syukur dan terima kasih penulis panjatkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa karenan kebesaran dan kemahakuasaan-Nya, penulis dapat menyelesaikan laporan yang sederhana ini. Semoga Tuhan selalu memberkati hambamu ini.

Karya sederhana ini penulis persembahkan kepada orang-orang yang berpengaruh di hidup penulis.

Pertama, penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada kedua orang tua penulis yang telah mengasuh, menjaga, dan mendidik dari sejak kecil hingga menjadi mahasiswa. Rampungnya laporan ini tidak terlepas dari kontribusi kedua orang tua penulis yang selalu memberi dukungan sehingga penulis tetap bisa bersemangat dalam mengerjakan proposal. Terimakasih, Ayah dan Ibu.

Kedua, penulis tak lupa mengucapkan banyak terimakasih kepada dosen pembimbing, Ibu atas Ilmu, bimbingan dan nasehat beliau selama pengerjaan laporan sangat membantu penulis. Terimakasih atas waktu yang diberikan sehingga penulis mendapatkan bimbingan dan bisa memperbaiki kualitas diri yang dimiliki.

Ketiga, penulis juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Seluruh staff Lv8 Resort Hotel. Berkat bimbingan dan ilmu yang diberikan, penulis mampu meningkatkan pengalaman dan juga kemampuan dalam bidang hospitality. Selain itu, dukungan dan semangat yang diberikan juga mampu membuat penulis betah dan semangat menjalani On The Job Training di Lv8 Resort Hotel. Terimakasih banyak untuk      keluarga Lv8 Resort Hotel.

 

 

 

 

Halaman Motto

 

 

 

 

 

“Dengarkan, tersenyumlah, dan setuju saja. Lalu lakukan apa pun yang memang ingin kamu lakukan dari awal.

 

(Robert Downey Jr)


 

DAFTAR ISI

 

HALAMAN JUDUL..................................................................................... i

HALAMAN PENGESAHAN..................................................................... iii

KATA PENGHANTAR.............................................................................. iv

HALAMAN PERSEMBAHAN................................................................... v

HALAMAN MOTTO................................................................................... vi

DAFTAR ISI................................................................................................ vii

DAFTAR TABEL........................................................................................ ix

DAFTAR GAMBAR.................................................................................... x

DAFTAR LAMPIRAN................................................................................ xi

BAB 1 PENDAHULUAN............................................................................ 1

1.1 Latar Belakang On The Job Training............................................... 1

1.2 Rumusan Masalah............................................................................ 3

1.3 Tujuan On The Job Training............................................................. 3

1.4 Manfaat On The Job Training.......................................................... 4

1.5 Metode Pengumpulan Data............................................................. 5

BAB II TINJAUAN PUSTAKA................................................................. 7

2.1 Teorisasi / Landasan Teori................................................................ 7

2.1.1 Pengertian hotel........................................................................ 7

2.1.2 Jenis hotel................................................................................. 6

2.1.3 Departemen pokok yang ada di hotel..................................... 12

2.1.4 Room attendant....................................................................... 14

2.1.5 Housekeeping departemen...................................................... 14

BAB III GAMBARAN UMUM.................................................................. 16

3.1 Sejarah Singkat............................................................................... 16

3.2 Lokasi.............................................................................................. 16

3.3 Fasilitas........................................................................................... 17

3.4 Struktur Organisasi......................................................................... 21

 

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.................................................... 22

4.1 Deskripsi Pelaksanaan On The Job Training................................... 22

4.1.1 Waktu dan Tempat On The Job Training................................ 22

4.1.2 Jadwal Pelaksanaan................................................................. 22

4.1.3 Obyek Pelaksanaan On The Job Training................................ 22

4.1.4 Hubungan Kerja Housekeeping Department dengan          

        Departemen Lain...................................................................... 25

4.2 Kendala dalam membersihkan kamar............................................. 26

4.3 Upaya Penyelesaian Kendala.......................................................... 26

BAB V PENUTUP....................................................................................... 27

5.1 Kesimpulan..................................................................................... 27

5.2 Saran............................................................................................... 28

5.2.1 Saran untuk Mahasiswa........................................................... 28

5.2.2 Saran untuk Resort.................................................................. 29

5.2.3. Saran untuk Lembaga/Kampus.............................................. 29

DAFTAR PUSTAKA.................................................................................. 31

LAMPIRAN................................................................................................. 32


 

DAFTAR TABEL

                                                                          

Tabel 3.1 Struktur Organisasi Lv8 Resort Hotel............................................ 21


 

DAFTAR GAMBAR

 

Gambar 3.1 Lv8 Resort Hotel........................................................................ 17

Gambar 3.2 Spa Lv8 Resort Hotel................................................................. 17

Gambar 3.3 Gym Lv8 Resort Hotel............................................................... 18

Gambar 3.4 Lv8 Resort Hotel Restaurant...................................................... 19

Gambar 3.5 Pool Lv8 Resort Hotel................................................................ 19

Gambar 3.6 Lobby Lv8 Resort Hotel............................................................. 20

Gambar 3.7 Vue Beach Club.......................................................................... 20

 


 

DAFTAR LAMPIRAN

 

Lampiran 1 Dokumentasi On The Job Training............................................. 32

 

 



BAB I


PENDAHULUAN

 

1.1.  Latar Belakang On The Job Training

Industri pariwisata adalah industri yang paling memberi pengaruh besar pada perekonomian Indonesia khususnya Bali. Di Bali perkembangan industri pariwisatanya begitu pesat. Hal ini dikarenakan Bali memiliki berbagai daya tarik yang dapat dengan mudah menarik wisatawan berkunjung ke Bali.

Dengan seiring banyaknya wisatawan yang berlibur ke Bali, maka akomodasi yang diperlukan untuk menunjang kenyamanan dan keamanan wisatawan dalam berlibur makin bertambah pula. Maka dari itu berdirilah akomodasi - akomodasi penunjang seperti hotel, penginapan, Tour & Travel serta akomodasi lainnya yang kepemilikannya baik dipegang oleh pemerintah maupun swasta.

Hotel merupakan salah satu jenis akomodasi yang sangat dikenal oleh masyarakat, di samping akomodasi komersil lainnya. Industri perhotelan sekarang ini sudah merupakan suatu industri yang memerlukan sumber dana dan sumber daya manusia dalam jumlah besar, dengan resiko kerugian atau keuntungan yang besar.


Sebagai suatu industri jasa usaha perhotelan dalam menyelenggarakan pelayanannya harus didukung oleh sarana dan fasilitas yang memadai, antara lain fasilitas penginapan, ruang tamu, tempat parkir, makan dan minum, rekreasi, perlengkapan telekomunikasi, tenaga kerja, dan lain-lain. Sehingga usaha perhotelan benar - benar menjadi usaha komersial yang mampu mendapatkan keuntungan yang sebesar - besarnya, sekaligus menunjang pembangunan negara dimana hotel itu berada.

Lv8 Resort Hotel adalah salah satu hotel berklasifikasi bintang 5 yang didirikan di canggu Bali. Hotel ini dikategoikan resort karena berlokasi dikawasan wisata Pantai Berawa. Dalam pengelolaannya Lv8 Resort Hotel melibatkan banyak departemen yang saling menunjang kelancaran operasional hotel secara teratur, terarah, terkontrol untuk mencapai keuntungan yang sebesar-besarnya, diantaranya adalah front office, food & beverage, accounting, sales & marketing, enginering, human resource department, security, dan housekeeping.

Housekeeping department merupakan bagian yang sangat penting kedudukannya dalam suatu hotel, sebab housekeeping adalah bagian yang bertugas dan bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan, kerapihan, keindahan dan kenyamanan diseluruh area hotel. Selain itu juga dalam housekeeping department bertugas menyiapkan kamar-kamar yang akan dijual lengkap dengan fasilitas-fasilitas yang harus dilengkapi oleh roomboy (pertugas pembersih kamar) selama tamu menginap yaitu guest supplies dan guest amenities.Salah satu bagian yang paling berpengaruh dalam kegiatan di Lv8 Resort Hotel adalah kebersihan  kamar, hal ini disebabkan karena kamar merupakan produk utama hotel yang harus diberikan kepada tamu yang menginap dan merupakan sumber penghasilan pertama di hotel.

1.2.  Rumusan Masalah

1.   Mengapa kebersihan kamar menjadi salah satu faktor penting bagi kepuasaan tamu sehingga sangat diperhatikan oleh hotel/resort?

2.   Bagaimana cara room attendant meningkatkan kebersihan kamar?

 

1.3.  Tujuan On The Job Training

Dalam penulisan ini tentu memiliki tujuan dan manfaat baik secara umum maupun khusus. Adapun tujuan dari penulisan laporan ini adalah:

1.      Tujuan Umum

a.       Untuk mengetahui perbandingan antara praktek kerja di lapangan dengan teori yang didapat di bangku kuliah.

b.      Untuk mengembangkan dan memperluas wawasan tentang kepariwisataan.

c.       Untuk menerapkan ilmu pengetahuan (teori) yang diperoleh di bangku kuliah di lapangan.

d.      Untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya sebagai bekal untuk masa depan.

2.      Tujuan Khusus

a.       Untuk mengetahui penyebab utama kebersihan kamar sangat diperhatikan oleh hotel/resort.

b.      Untuk mengetahui cara room attendant meningkatkan kebersihan kamar.

1.4.  Manfaat On The Job Training

1.      Manfaat bagi mahasiswa

a.       Dapat menerapkan pengetahuan dan wawasan mahasiswa tentang dunia pariwisata secara nyata.

b.      Dapat membuka peluang bagi mahasiswa untuk bekerja di Hotel.

c.       Dapat membuka kesempatan bagi setiap mahasiswa untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan melalui praktek kerja langsung di lapangan.

d.      Dapat menjadikan mahasiswa lebih fleksibel dalam menghadapi pekerjaan dengan cara dan standar yang berbeda, karena setiap Hotel memiliki standarnya masing-masing dalam memberikan pelayanan terhadap tamu.

2.      Manfaat Bagi Lv8 Resort Hotel

a.       Hotel bisa mendapatkan tambahan tenaga operasional sehingga semua pekerjaan akan lebih cepat terselesaikan.

b.      Memotivasi manajemen hotel untuk bekerja lebih baik dan giat.

c.       Hotel akan lebih dikenal lagi, karena telah ikut berperan aktif dalam menciptakan tenaga-tenaga yang handal di bidang pariwisata.

d.      Hotel mendapat bantuan tenaga tanpa harus membayar gaji yang sama dengan karyawan, sehingga hal ini akan sangat menguntungkan pihak hotel.

e.       Dapat menjalin kerja sama yang baik dengan pihak kampus, sehingga bisa dengan mudah mendapat tenaga bantuan saat membutuhkannya.

3.      Manfaat untuk Sekolah Perhotelan Internasional

a.       Lembaga banyak mendapat saran dan masukan yang positif demi lebih baiknya sistem pendidikan untuk kedepannya.

b.      Dapat melihat tingkat keberhasilan lembaga pendidikan dalam mendidik dan melatih para mahasiswa.

c.       Dapat menjalin hubungan yang saling menguntungkan dari kedua belah pihak antara hotel dan kampus.

d.      Sekolah dapat membandingkan semua pelajaran-pelajaran yang ada dengan kegiatan di hotel melalui laporan yang dibuat oleh para mahasiswa

 

1.5.  Metode Pengumpulan Data

Pengumpulan data dapat menggunakan berbagai metode, antara lain:

1.      Metode Observasi

Untuk mendapatkan data yang diperlukan, penulis melakukan observasi langsung di Lv8 Resort Hotel. Observasi tersebut penulis lakukan saat berlangsungnya training. Dari hasil observasi tersebut, penulis kemudian menyimpulkan informasi-informasi penting yang diperlukan.

2.         Metode Wawancara

Penulis melakuakan wawancara tatap muka dengan staff dari Lv8 Resort Hotel. Informasi yang didapatkan dari wawancara tersebut, kemudian digunakan sebagai salah satu referensi data saat penulisan laporan.

3.      Metode Studi Pustaka

            Untuk melengkapi data yang dimiliki, penulis juga mengumpulkan data melalui jurnal dan artikel yang tersedia di internet. Informasi yang didapat dari jurnal tersebut kemudian digunakan sebagai referensi dan pembanding agar penulis dapat menarik kesimpulan yang lebih akurat.

 


BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

 

2.1. Teorisasi / Landasan Teori

2.1.1. Pengertian hotel

Hotel adalah sebuah bangunan yang didirikan dan dikelola dengan tujuan komersil dan menyediakan fasilitas penginapan untuk masyarakat umum dengan rincian fasilitas seperti jasa penginapan, jasa pelayanan barang bawaan, jasa penyedia mkananan dan minuman, jasa fasilitas perabot dan hiasan serta jasa pencucian pakaian.

2.1.2. Jenis hotel

          Jenis-Jenis Hotel berdasarkan Lokasi

1.      City Hotel

City Hotel merupakan jenis hotel yang berada di kawasan pusat perkotaan dan umumnya lebih banyak ditemukan di kota-kota besar. City Hotel biasanya berukuran besar dengan gedung bertingkat dengan fasilitas- fasilitas bisnis dikarenakan tamu yang menginap di hotel jenis ini kebanyakan merupakan business traveler. Hal ini membuat jenis hotel ini juga kerap disebut sebagai bisnis.

2.      Motel (Motor Hotel)

Text Box: 7Motel merupakan singkatan dari Motor Hotel. Dinamakan demikian karena jenis hotel satu ini diperuntukkan sebagai persinggahan sementara orang yang tengah melakukan perjalanan jauh. Motel biasanya berada di tepi jalan-jalan penghubung antar kota atau daerah.

3.      Resort Hotel

Jenis hotel selanjutnya ini mungkin sudah cukup populer bagi kamu penggemar traveling. Resort Hotel adalah jenis hotel yang berada jauh di luar pusat pekotaan dan berada di kawasan-kawasan wisata dan juga rekreasi seperti di pantai, pegunungan, tepi danau atau sungai dan sejenisnya.

4.      Residential Hotel

Sesuai dengan namanya, jenis hotel satu ini berlokasi di kawasan perumahan atau residensial yang jauh dari keramaian. Residential Hotel biasanya menjadi pilihan untuk tamu-tamu yang berencana untuk tinggal dalam waktu yang cukup lama. Meski jauh dari keramaian, jenis hotel ini tetap berada di kawasan dengan akses yang mudah untuk menjangkau pusat- pusat aktivitas di kota tersebut.

5.      Downtown Hotel

Sebaliknya, Downtown Hotel adalah jenis hotel yang justru berlokasi di pusat keramaian, yakni kawasan perdagangan dan perbelanjaan. Jenis hotel satu ini biasanya ditujukan untuk business traveler yang memiliki tujuan perjalanan bisnis menyangkut perdagangan dan jual-beli.

 

Jenis-Jenis Hotel berdasarkan Plan (Traveloka, 2020):

1.      Full American Plan (FAP)

Merupakan jenis hotel yang memakai sistem yang dimana harga kamar sudah termasuk 3 kali makan.

2.      Modified American Plan (MAP)

Merupakan hotel yang memakai sistem yang dimana harga kamar sudah termasuk 2 kali makan.

3.      European Plan (EP)

Merupakan hotel yang memakai sistem dimana harga kamar tidak termasuk makan.

4.      Continental Plan (CP)

Merupakan jenis hotel yang memakai sistem dimana harga kamar sudah termasuk makan pagi.

Jenis-Jenis Hotel berdasarkan Tujuan Kunjungan Tamu (Traveloka, 2020):

1.      Business Hotel

Jenis hotel satu ini sebagian besar tamunya melakukan kegiatan bisnis sehingga umumnya lokasi hotel berada di pusat kota atau pusat keramaian seperti City Hotel atau Downtown Hotel.

2.      Resort/Tourism Hotel

Jenis hotel satu ini yang kebanyakan tamunya adalah wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Hotel jenis ini biasanya berada dekat lokasi-lokasi wisata, lengkap dengan fasilitas-fasilitas leisure.

3.      Casino Hotel

Jenis hotel satu ini ditujukan untuk tamu yang ingin melakukan casino. Tak hanya dekat dengan lokasi casino, hotel jenis ini bahkan banyak yang juga memiliki fasilitas casino di dalamnya.

4.      Pilgrim Hotel

Jenis hotel satu ini bertujuan untuk mengakomodir tamu-tamu yang memiliki tujuan perjalanan ibadah ataupun ziarah.

5.      Cure Hotel

Jenis hotel satu ini sebagian tamunya adalah tamu yang sedang dalam proses pengobatan atau perawatan sehingga lokasinya biasanya berdekatan dengan rumah sakit-rumah sakit besar.

Jenis-Jenis Hotel berdasarkan Kelas atau Bintang (Traveloka, 2020):

1.        Hotel Bintang Satu

Hotel berbintang satu memiliki jumlah kamar standar minimum 15 kamar dengan luas kamar standar minimum 20 m2.

2.        Hotel Bintang Dua

Hotel berbintang dua memiliki jumlah kamar standar minimum 20 kamar dengan luas kamar standar minimum 22 m2 dan kamar suite minimum 1 kamar dengan luas kamar suite minimum 44 m2.

Fasilitas: Memiliki telepon dan televisi di dalam kamar, terdapat tempat olahraga, restoran.

 

3.      Hotel Bintang Tiga

Hotel berbintang tiga memiliki jumlah kamar standar minimum 30 kamar Kamar dengan luas kamar standar minimum 24 m2 dan kamar suite minimum 2 kamar dengan luas kamar suite minimum 48 m2.

Fasilitas: Memiliki telepon, televisi, dan AC di dalam kamar, terdapat srna rekreasi dan olahraga, restoran dan bar serta menyediakan Concierge Staf.

4.      Hotel Bintang Empat

Hotel berbintang empat memiliki jumlah kamar standar minimum 50 kamar dengan luas kamar standar minimum 24 m2 dan kamar suite minimum 3 kamar dengan luas kamar suite minimum 48 m2.

Fasilitas: Memiliki telepon, televisi, AC, serta penghangat air di dalam kamar, terdapat sarana rekreasi dan olahraga, rest area, restoran dan bar serta menyediakan Concierge Staf.

5.      Hotel Bintang Lima

Hotel berbintang lima memiliki Jumlah kamar standar minimum 100 kamar dengan luas kamar standar minimum 26 m2 dan kamar suite minimum 4 kamar dengan luas kamar suite minimum 52 m2.

Fasilitas: Memiliki telepon, televisi, AC, serta penghangat air di dalam kamar, terdapat sarana rekreasi dan olahraga, rest area, restoran dan bar serta menyediakan Concierge Staf dan room service 24 jam.

 

2.1.3. Departemen pokok yang ada di hotel

1.      Front Office Department

Front Office Department adalah departemen hotel yang tugasnya berhubugan lagsung dengan tamu, menerima pemesanan kamar tamu, menerima pendaftaran tamu, maupun memberikan informasi yang diinginkan tamu. Departemen ini merupakan kesan prtama bagi tamu ketika tamu hendak check in.

Adapun seksi-seksi di Front Office Department adalah sebagai berikut :

1.      Reservation

2.      Reception

3.      Telephone Operator

4.      Front Office Cashier

5.      Uniform Service/Concierge

6.      Information Section

7.      Guest Relation Officer

2.      Food and Beverage Department

Food and Beverage Department adalah departemen hotel yang menangani hal-hal yang berkaitan dengan mengolah menyediakan makanan dan minuman serta bertugas memberikan pelayanan kepada tamu pada saat makan di Restaurant.

Food & Beverage Department dibagi beberapa bagian diantara lain :

a.       Food & Beverage Production

Food & Beverage Production adalah suatu bagian yang bertugas mengolah bahan makanan menjadi bahan matang untuk disediakan kepada para tamunya.

b.      Food & Beverage Service

Food & Beverage Service adalah suatu bentuk pelayanan berupa pengantaran order tamu. Food & Beverage Service dibagi menjadi dua bagian lagi yaitu :

1.      Food Service

2.      Beverage Service

3.      Housekeeping Department

Housekeeping Department adalah departemen hotel yang bertanggung jawab atas seluruh kebersihan hotel baik dalam ruangan maupun public area serta membersihkan berbagai fasilitas hotel.

Housekeeping terbagi atas beberapa seksi antara lain :

a.      Floor Section

b.      Public Area Section

c.       Linen/uniform Section

d.      Laundry section

1.                 Valet

2.                 Washer

3.                 Presser

4.                 Marker

5.                 Checker

e.       Gardener section

f.        Florist section

g.      Recreation / swimmimg pool section

2.1.4. Room attendant

Pengertian Room attendant, Room attendant adalah posisi di dalam departemen housekeeping yang bertanggung jawab dalam kebersihan kamar dan memperhatikan kerapihan dan kelengkapan kamar sebelum di gunakan oleh tamu hotel.

2.1.5. Housekeeping Departement

1.      Room section

 Floor Section (Room Section) Floor section sering disebut juga room section. Tugas pokok dari bagian ini ialah menjaga kebersihan, kerapian, keindahan, kenyamanan, dan kelengkapan kamar-kamar tamu. Tugas tersebut dikerjakan langsung oleh seorang room boy

2.      Public Area section

Public area section adalah salah satu bagian yang berada dalam Housekeeping department yang menangani semua urusan mengenai kebersihan, kerapian, kelengkapan, kenyamanan, semua area umum yang berpengaruh terhadap ketertarikan tamu untuk memakai jasa di dalam hotel.

Tempat-tempat yang dijaga kebersihanaya oleh public area meliputi, toilet, lobby, basement, office, dan semua area yang penting untuk menarik tamu datang ke hotel.

3.      laundry section

Laundry  adalah proses pencucian baik kain atau pakaian yang menggunakan media air detergen laundry, pelembut, dan pewangi baik secara manual ataupun dengan mesin laundry

laundry bertugas menjaga dan menyediakan linen-linen untuk dalam keadaan bersih setiap harinya. Serta keperluan linen-linen lainya seperti, linen untuk kamar, meeting room, serta membersihkan pakaian tamu yang kotor.

 


BAB III

GAMBARAN UMUM

 

3.1. Sejarah Lv8 Resort Hotel

Terdapat banyak hotel berbintang yang telah berdiri di kawasan Canggu, salah satunya adalah Lv8 Resort Hotel. Hotel ini berdiri pada tahun 2012 dan beroperasional mulai dari tanggal 6 Juni 2013. Hotel ini memiliki pemandangan kamar yang sangat menawan diantaranya yaitu taman yang dihiasi berbagai jenis tanaman bunga dan ditata oleh gardener professional serta pemandangan kamar yang mnghadap ke Pantai Berawa, Pantai Canggu dan Pantai Batubelig. Pemandangan lainnya yang dapat dijumpai ketika menginap di Lv8 Resort Hotel adalah persawahan yang terhampar luas, lokasinya hanya berjarak 5 menit dari hotel yang menjadi spot favorit untuk jogging. Hotel ini terdiri dari 124 suites yang telah dilengkapi dengan kamar tidur, ruang tamu serta kamar mandi yang luas serta berbagai fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan tamu ketika menginap

3.2. Lokasi

          Jl. Pantai Berawa No. 100xx, Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Badung.

 

 

 




Gambar 3.1 Lv8 Resort Hotel

Sumber:https://www.lv8bali.com

 

3.3. Fasilitas

1.   Ambiente spa

Menyediakan berbagai macam pijat yang dapat dinikmati oleh tamu di kamar pribadinya. Fasilitas massage ini juga menawarkan pilihan berbagai jenis minyak seperti Jasmine, Lavender, Kamboja dan Natural Coconut.



Gambar 3.2 Ambiente spa Lv8 Resort Hotel

Sumber: https://www.lv8bali.com

2.    Gym

Terletak di sebelah spa, tempat gym ini telah dilengkapi AC dan di tempat ini, telah disediakan fasilitas penunjang berolahraga seperti matras yoga, angkat beban, cross trainer, dan foam roller.  serta dilengkapi sistem suara yang siap untuk memainkan latihan YouTube untuk memaksimalkan olahraga.

Gambar 3.3 Gym Lv8 Resort Hotel


Sumber: https://www.lv8bali.com

 

3.    Restaurant

semuanya tersedia. Restoran buka untuk sarapan, makan siang, dan makan malam dengan ketentuan:

a.       Sarapan dari jam 7:30 pagi sampai 11 pagi

b.      Makan siang dan snack dari jam 11 pagi sampai jam 9 malam

c.       Makan malam dari jam 5 sore sampai 10 malam (Pemesanan terakhir jam 9 malam)

d.      Layanan kamar tersedia mulai pukul 8 pagi hingga 9 malam




Gambar 3.4 Lv8 Restaurant

Sumber: https://www.lv8bali.com

 

4.      Pool

Lv8 Resort Hotel menyediakan Shared Swimming Pool yang bisa dinikmati oleh tamu resort.

Gambar 3.5 Pool Lv8 Resort Hotel


 

 

 

5.      Lobby Lv8 Resort Hotel

Gambar 3.6 Lobby Lv8 Resort Hotel


Sumber: https://www.lv8bali.com

6.      Vue Beach Club



Vue Beach Club Bali adalah klub pantai yang masih dalam satu kawasan dengan LV8 Resort Hotel, letaknya di tepi pantai sehingga menjadi tempat yang cocok untuk menanti sunset di Bali.

Gambar 3.7 Vue Beach Club


Sumber: https://www.lv8bali.com


 

 

    3.4. Struktur Organisasi

                       

Sumber : management Lv8 Resort Hotel


 

BAB IV

HASIL DAN PEMBAHASAN

 

4.1. Deskripsi Pelaksanaan On The Job Training

4.1.1. Waktu dan Tempat On The Job Training

On The Job Training dilaksanakan mulai dari tanggal 01 Desember 2021 sampai dengan 31 Mei 2022 pada bagian Housekeeping di Lv8 Resort Hotel yang terletak di Desa Berawa, Kuta Utara, Badung

4.1.2. Jadwal Pelaksanaan

Penulis mendapatkan On The Job Training pada bagian Housekeeping. Adapun jadwal pelaksanaan On The Job Training tersebut antara lain

1.      Shift Pagi, pukul 09.00 - 17.00 WITA

2.      Shift Sore, pukul 15.00 - 23.00 WITA

4.1.3. Obyek Pelaksanaan On The Job Training

Penulis mendapatkan training di 2 section yakni room section dan public area section,  Berikut adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh penulis selama melaksanakan On The Job Training di Lv8 Resort Hotel:

1.      Room section

a.       Prosedur Kerja:

1)      Datang 15 menit lebih awal dari jam kerja

2)      Mengikuti morning briefing dan absensi

3)      Text Box: 22Mengambil linen di linen room

4)      Mempersiapkan trolly dan alat - alat seperti lobby duster dan mop

5)      Mensetup trolly dengan mengisi amenities dan supplies

6)      Kemudian mulai bekerja membersihkan kamar yang tertera di room attendant control sheet

b.      Tugas dan Tanggung Jawab

1)      Melakukan pembersihan kamar dimulai dari bagian terjauh dari pintu menuju ke arah pintu secara runtut

2)      Membersihkan permukaan peralatan yang ada di kamar seperti meja, kursi, lemari, pintu, televisi, tempat tidur, dll

3)      Melakukan making bed sesuai SOP

4)      Membersihkan lantai kamar menggunakan vacuum cleaner

5)      Membersihkan wastafel dan kaca dimulai dari bagian atas menuju bawah

6)      Membersihkan bathtub, shower stails dan saluran pembuangan

7)      Mengganti semua amenities toiletries dengan yang baru

8)      Memastikan lantai kamar mandi tidak dalam kondisi basah (menggenang)

9)      Mengisi room attendant control sheet

2.      Public Area section

a.       Prosedur Kerja:

1)      Datang 15 menit lebih awal dari jam kerja.

2)      Mempersiapkan trolly dan alat-alat kerja

 

3)      Mengecek ketersediaan amenities

4)      Membersihkan toilet lobby

5)      Membersihkan meeting room

6)      Membersihkan area lobby

7)      Membersihkan / menyapu tangga HRD

8)      Menyapu di depan lobby

9)      Membersihkan koridor dari lantai 1 sampai lantai 5

10)  Membersihkan sky glass

b.      Tugas dan Tanggung Jawab:

1)      Menjaga dan memelihara kebersihan area

2)      Menjaga dan memelihara kelengkapan yang ada di toilet

3)      Menjaga dan membersihkan seluruh office pada hotel atau restoran

4)      Menjaga dan merawat kebersihan Lobby area

5)      Merawat dan membersihkan serta selalu melengkapi segala fasilitas yang ada di toilet umum

6)      Bertanggung jawab terhadap kebersihan fasilitas staff

7)      Menjaga dan merawat kebersihan koridor

8)      Melakukan general cleaning sesuai dengan jadwal

9)      Menjaga dan merawat kebersihan railing-railing yang ada di public area

10)  Melaksanakan kegiatan dan tugas-tugas tambahan dari atasan

 

 

 

4.1.4. Hubungan Kerja Housekeeping Department dengan Departemen Lain

1.                 Hubungan housekeeping dengan Front Office :

a.       Laporan status kamar (room report)

b.      Laporan mengenai kehilangan barang-barang milik hotel yang dibawa tamu

c.       Laporan mengenai penemuan barang-barang milik tamu yang tertinggal di kamar sesudah tamu berangkat/check out.

2.                 Housekeeping Department dengan Laundry :

a.       Menangani masalah pencucian pakaian tamu, pakaian karyawan, dan pencucian linen-linen yang dipakai oleh bagian HK.

b.      Penanganan keterlambatan pengiriman linen yang dipakai oleh HK maupun outlet lain karena listrik mati, kerusakan mesin dan lain-lain.

3.                 Housekeeping Department dengan Enginering Departement :

a.       Perbaikan dan pemeliharaan alat-alat terutama yang menyangkut operasional HK.

b.      Perbaikan perlengkapan HK yang ada di kamar tamu.

4.                 Housekeeping Department dengan Food & Bevergae Department :

a.       Pelayanan room service kepada tamu.

b.      Pengiriman karangan buah (fruitstand) untuk tamu VIP

5.                 Housekeeping Department dengan security Department :

a.       Pengawasan oleh pihak keamanan pada area-area HK, meliputi corridor, tempat tugas room boy dan kantor HK.

b.      Keamanan barang-barang milik tamu dan keselamatan tamu.

 

4.2. Kendala dalam membersihkan kamar

Selama masa On The Job Training, penulis sempat mengalami beberapa kendala dalam membersihkan kamar, Kendala tersebut seperti:

1.      Kurangnya Peralatan

Sering terjadi kekurangan alat seperti mop, stik mop, sapu, dustpan dan yang lainya yang membuat keterlambatan dalam bekerja

2.      Kekurangan  linen

Kurangnya linen seperti sheet dan duvet saat proses making bed

 

4.3. Upaya Penyelesaian Kendala

Mengingat pentingnya Kebersihan kamar bagi resort, maka penulis mengupayakan solusi dari kendala yang dialami. Adapun upaya tersebut yakni:

1.      Penyelesaian kendala pertama

Saat terjadi kekurangan alat, sesegera mungkin untuk menghubungi supervisor untuk meminta alat tambahan.

2.      Penyelesaian kendala kedua

Untuk mengatasi kendala kurangnya linen seperti sheet dan duvet  pihak hotel mengirim sheet dan duvet ke laundry dengan express service sehingga kedatangan linen baru menjadi lebih cepat


 

BAB V

PENUTUP

 

5.1. Kesimpulan

On The Job Training yang dilakukan di Lv8 resort hotel memberikan banyak manfaat untuk penulis. Manfaat tersebut mulai dari bisa meningkatkan skill, menambah pengalaman kerja, pemahaman akan sistem kerja, hingga dapat menjalin relasi dengan orang-orang baru. Pengetahuan dan ilmu yang didapat tentunya akan berguna saat menghadapi dunia kerja.

Penulis bisa mendapatkan manfaat yang cukup banyak berkat banyaknya kesempatan yang diberikan untuk berlatih secara praktik di Lv8 resort hotel. Penulis berkesempatan mendapatkan pengalaman di 2 sektor, yakni room section,  dan Public Area Section. Saat diamanahi membantu di Room section, penulis banyak berlatih dalam hal penggunaan alat dan obat serta cara penggunaanya untuk membersihkan kamar. Sementara itu, penulis bisa berlatih lebih terkait cara penggunaan mesin saat bertugas di public area section.

Text Box: 27Selama bertugas di 2 sektor tersebut, penulis beberapa kali menghadapi kendala. Kendala pertama dan terpenting adalah kurangnya kemampuan serta pengalaman penulis dalam membersihkan kamar suite. Pada minggu awal training, penulis masih beradaptasi dengan lingkungan dan sistem kerja di Lv8 Resort Hotel sehingga beberapa kali melakukan kesalahan. Selain kendala tersebut, terdapat juga kendala yang tidak terduga seperti kurangnya kebutuhan linen disaat occupancy tinggi. Meskipun cukup banyak kendala yang dialami, penulis pada akhirnya penulis bisa mengatasinya dengan melakukan upaya-upaya penyelesaian masalah. Upaya yang dilakukan seperti meningkatkan skill dan pengalaman serta  memperkuat kerja sama team dalam membersihkan kamar.

Kegiatan dan kendala yang dialami penulis selama On The Job Training memberikan banyak pembelajaran yang sangat berguna. Penulis menjadi mampu meningkatkan skill dan pengalaman serta kemampuan dalam bekerja sama. Oleh karena itu, penulis berharap agar kegiatan ini tetap dilaksanakan untuk tahun-tahun berikutnya.

 

5.2. Saran

5.2.1. Saran untuk Mahasiswa

Berikut ini adalah beberapa saran yang penulis berikan untuk arah perkembangan selanjutnya:

1.      Selalu menjaga nama baik kampus saat melakukan On The Job Training

2.      Selalu menaati peraturan yang berlaku di tempat On The Job Training

3.      Senantiasa jujur dan bertanggung jawab atas tugas yang diberikan

4.      Tetap menjaga semangat belajar selama On The Job Training agar bisa mendapatkan manfaat yang optimal

5.      Persiapkan diri dengan baik sebelum melakukan On The Job Training seperti memilih tempat training yang tepat, mempertimbangkan untuk ngekos jika jarak rumah terlalu jauh dengan tempat training, dan mempelajari konsep serta istilah teknis yang sering digunakan di dunia kerja.

5.2.2. Saran untuk Resort

Berikut ini adalah saran yang penulis berikan untuk arah perkembangan selanjutnya:

1.      Sebaiknya hotel menyediakan alat baru sehingga kebutuhan akan alat untuk pembersihan kamar tercukupi.

2.      Sebaiknya untuk para trainee jangan terlalu sering di berikan over time,karena sudah ada yang akan bertugas pada shift berikutnya

3.      Sebaiknya setiap periode ada pemilihan the best trainee sehingga para trainee lebih termotivasi untuk rajin bekerja dan selalu  bertanggung jawab terhadap section yang di berikan.

5.1.3. Saran untuk Lembaga/Kampus

Berikut ini adalah saran yang penulis berikan untuk arah perkembangan selanjutnya:

1.      Meningkatkan mutu pendidikan dengan cara memperbanyak jam praktik agar mahasiswa lebih siap menjalani On The Job Training

2.      Meningkatkan mutu pendidikan dengan cara memperbanyak jam praktik agar mahasiswa lebih siap menjalani On The Job Training

3.      Membuat jadwal perkuliahan yang terstruktur dengan baik. Sebagai contoh, minggu pertama kuliah materi, minggu kedua hingga keempat kuliah praktik.

4.      Melakukan monitoring langsung ke tempat dilaksanakannya On The Job Training sehingga mahasiswa bisa menjalani training dengan lebih baik dan terarah.


 

DAFTAR PUSTAKA

 

Atmodjo, M. (2005). Restoran dan Segala Permasalahannya. Yogyakarta: Andi. Cousin, F. (2002). Food and Beverage Management Second Edition. New Jersey:

Prentice Hall.

Ilmu Perhotelan. (2020, April 9). Pengertian Bar Beserta Sejarah,   Fungsi, Pelayanan Bar, dan Macam-Macam Bar.                           Retrieved from ilmuperhotelan.my.id:             https://www.ilmuperhotelan.my.id/2020/04/pengertian-                    bar-beserta- sejarah-fungsi.html

            Riadi, M. (2017, November 28). Pengertian, Jenis dan Sistem          Pelayanan Restoran. Retrieved from kajianpustaka.com:         https://www.kajianpustaka.com/2017/11/pengertian-jenis-                            dan-sistem- pelayanan-restoran.html

            Sahaja Sawah Resort. (2021, Mei 10). Home.            Retrieved from sahajasawahresort.com:              https://sahajasawahresort.com/

            Soekresno. (2000). Management Food and Beverage, Service Hotel.            Jakarta: Gramedia Pustaka.

Suyono, J. (2004). Food Service Management. Bandung: Enhaii Press.

            Yohannes, M. (2020, March 20). Jenis-Jenis Hotel &                                    Klasifikasinya. Retrieved from traveloka.com:            https://www.traveloka.com/id-id/explore/tips/klasifikasi-jenis-                      jenis-hotel-acc/27223

 

                                              LAMPIRAN

 

Lampiran 1 Dokumentasi

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERKOMENTARLAH DENGAN BIJAK DENGAN MENJAGA TATA KRAMA TANPA MENGHINA SUATU RAS, SUKU, DAN BUDAYA

SIMAK JUGA ARTIKEL DAN MAKALAH LAINNYA

Soal UAS PKN TAHUN 2017