LAPORAN ON THE JOB TRAINING
DEPARTEMEN HOUSEKEEPING
LV8 RESORT HOTEL
DISUSUN OLEH :
NAMA :
NIM :
BALI
2022
LAPORAN ON THE JOB TRAINING
DEPARTEMEN HOUSEKEEPING
LV8 RESORT
HOTEL
Telah disetujui dan disahkan oleh :
Training Manager Lv8 Resort Hotel (______________________) |
|
Direktur Lv8 Resort Hotel (______________________) |
Mengetahui,
Dosen Pembimbing ( ) |
|
Sekolah Perhotelan Direktur () |
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan
kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan karunia-Nya penulis dapat
membuat dan menyusun laporan On The Job Training dengan sebagaimana mestinya.
Laporan On The Job Training ini merupakan syarat untuk melengkapi nilai
semester dan kelulusan Diploma I di Sekolah Perhotelan Internasional.
Laporan ini disusun atas apa
yang didapatkan selama menjalani On The Job Training di Lv8 Resort Hotel.
Selama menjalani training, penulis mendapatkan bimbingan dari pihak Lv8 Resort
Hotel dan Sekolah Perhotelan Internasional. Oleh sebab itu, penulis dapat
menambah pengalaman, pengetahuan dan skill di bidang hospitality. Namun penulis
menyadari akan keterbatasan yang dimiliki sehingga laporan ini masih jauh dari
kesempurnaan. Untuk itu, saran dan kritik yang membangun dari Bapak/Ibu dosen
sangat diharapkan. Penulis juga mengucapkan terimakasih kepada yang terhormat:
1.
Bapak
2.
Ibu
3.
Seluruh staff Lv8 Resort Hotel
( )
HALAMAN PERSEMBAHAN
Puji syukur dan terima kasih penulis panjatkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa karenan
kebesaran dan kemahakuasaan-Nya, penulis dapat menyelesaikan laporan yang sederhana ini.
Semoga Tuhan selalu memberkati hambamu
ini.
Karya
sederhana ini penulis
persembahkan kepada orang-orang yang berpengaruh di hidup penulis.
Pertama, penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada kedua orang tua penulis
yang telah mengasuh,
menjaga, dan mendidik
dari sejak kecil hingga
menjadi mahasiswa. Rampungnya laporan ini tidak terlepas dari kontribusi kedua orang
tua penulis yang selalu memberi dukungan
sehingga penulis tetap bisa bersemangat dalam
mengerjakan proposal. Terimakasih,
Ayah dan Ibu.
Kedua, penulis tak lupa mengucapkan banyak terimakasih kepada dosen pembimbing, Ibu atas Ilmu, bimbingan dan nasehat beliau
selama pengerjaan laporan sangat membantu penulis. Terimakasih atas waktu yang diberikan
sehingga penulis mendapatkan bimbingan dan bisa memperbaiki kualitas diri yang dimiliki.
Ketiga, penulis juga mengucapkan banyak
terimakasih kepada Seluruh staff Lv8 Resort Hotel.
Berkat bimbingan dan ilmu yang diberikan, penulis
mampu meningkatkan pengalaman dan juga kemampuan dalam bidang
hospitality. Selain itu, dukungan dan
semangat yang diberikan juga mampu membuat penulis betah dan semangat menjalani
On The Job Training
di Lv8 Resort Hotel. Terimakasih banyak untuk keluarga Lv8 Resort Hotel.
Halaman Motto
“Dengarkan, tersenyumlah, dan setuju
saja. Lalu lakukan apa pun yang memang ingin kamu lakukan dari awal.
(Robert Downey
Jr)
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL..................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN..................................................................... iii
KATA PENGHANTAR.............................................................................. iv
HALAMAN PERSEMBAHAN................................................................... v
HALAMAN MOTTO................................................................................... vi
DAFTAR GAMBAR.................................................................................... x
DAFTAR LAMPIRAN................................................................................ xi
BAB 1 PENDAHULUAN............................................................................ 1
1.1 Latar
Belakang On The Job Training............................................... 1
1.2 Rumusan
Masalah............................................................................ 3
1.3 Tujuan On
The Job Training............................................................. 3
1.4 Manfaat On
The Job Training.......................................................... 4
1.5 Metode
Pengumpulan Data............................................................. 5
BAB II TINJAUAN PUSTAKA................................................................. 7
2.1 Teorisasi
/ Landasan Teori................................................................ 7
2.1.1 Pengertian
hotel........................................................................ 7
2.1.2 Jenis
hotel................................................................................. 6
2.1.3 Departemen
pokok yang ada di hotel..................................... 12
2.1.4 Room
attendant....................................................................... 14
2.1.5 Housekeeping
departemen...................................................... 14
BAB III GAMBARAN UMUM.................................................................. 16
3.1 Sejarah
Singkat............................................................................... 16
3.4 Struktur
Organisasi......................................................................... 21
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.................................................... 22
4.1 Deskripsi
Pelaksanaan On The Job Training................................... 22
4.1.1 Waktu dan
Tempat On The Job Training................................ 22
4.1.2 Jadwal
Pelaksanaan................................................................. 22
4.1.3 Obyek
Pelaksanaan On The Job Training................................ 22
4.1.4 Hubungan Kerja Housekeeping
Department dengan
Departemen Lain...................................................................... 25
4.2 Kendala
dalam membersihkan kamar............................................. 26
4.3 Upaya Penyelesaian
Kendala.......................................................... 26
5.1 Kesimpulan..................................................................................... 27
5.2.1
Saran untuk Mahasiswa........................................................... 28
5.2.2
Saran untuk Resort.................................................................. 29
5.2.3.
Saran untuk Lembaga/Kampus.............................................. 29
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................. 31
DAFTAR TABEL
Tabel 3.1 Struktur Organisasi Lv8
Resort Hotel............................................ 21
DAFTAR GAMBAR
Gambar 3.2
Spa Lv8 Resort Hotel................................................................. 17
Gambar 3.3
Gym Lv8 Resort Hotel............................................................... 18
Gambar 3.4
Lv8 Resort Hotel Restaurant...................................................... 19
Gambar 3.5
Pool Lv8 Resort Hotel................................................................ 19
Gambar 3.6
Lobby Lv8 Resort Hotel............................................................. 20
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1 Dokumentasi On
The Job Training............................................. 32
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang On The Job Training
Industri
pariwisata adalah industri yang paling memberi pengaruh besar pada perekonomian
Indonesia khususnya Bali. Di Bali perkembangan industri pariwisatanya begitu
pesat. Hal ini dikarenakan Bali memiliki berbagai daya tarik yang dapat dengan
mudah menarik wisatawan berkunjung ke Bali.
Dengan seiring
banyaknya wisatawan yang berlibur ke Bali, maka akomodasi yang diperlukan untuk
menunjang kenyamanan dan keamanan wisatawan dalam berlibur makin bertambah
pula. Maka dari itu berdirilah akomodasi - akomodasi penunjang seperti hotel,
penginapan, Tour & Travel serta akomodasi lainnya yang kepemilikannya baik
dipegang oleh pemerintah maupun swasta.
Hotel merupakan
salah satu jenis akomodasi yang sangat dikenal oleh masyarakat, di samping
akomodasi komersil lainnya. Industri perhotelan sekarang ini sudah merupakan
suatu industri yang memerlukan sumber dana dan sumber daya manusia dalam jumlah
besar, dengan resiko kerugian atau keuntungan yang besar.
Sebagai suatu industri
jasa usaha perhotelan dalam menyelenggarakan pelayanannya harus didukung oleh
sarana dan fasilitas yang memadai, antara lain fasilitas penginapan, ruang
tamu, tempat parkir, makan dan minum, rekreasi, perlengkapan telekomunikasi,
tenaga kerja, dan lain-lain. Sehingga usaha perhotelan benar - benar menjadi
usaha komersial yang mampu mendapatkan keuntungan yang sebesar - besarnya,
sekaligus menunjang pembangunan negara dimana hotel itu berada.
Lv8 Resort Hotel
adalah salah satu hotel berklasifikasi bintang 5 yang didirikan di canggu Bali.
Hotel ini dikategoikan resort karena berlokasi dikawasan wisata Pantai Berawa.
Dalam pengelolaannya Lv8 Resort Hotel melibatkan banyak departemen yang saling
menunjang kelancaran operasional hotel secara teratur, terarah, terkontrol
untuk mencapai keuntungan yang sebesar-besarnya, diantaranya adalah front
office, food & beverage, accounting, sales & marketing, enginering,
human resource department, security, dan housekeeping.
Housekeeping department merupakan
bagian yang sangat penting kedudukannya dalam suatu hotel, sebab housekeeping
adalah bagian yang bertugas dan bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan,
kerapihan, keindahan dan kenyamanan diseluruh area hotel. Selain itu juga dalam
housekeeping department bertugas menyiapkan kamar-kamar yang akan dijual
lengkap dengan fasilitas-fasilitas yang harus dilengkapi oleh roomboy (pertugas
pembersih kamar) selama tamu menginap yaitu guest supplies dan guest
amenities.Salah satu bagian yang paling berpengaruh dalam kegiatan di Lv8
Resort Hotel adalah kebersihan kamar,
hal ini disebabkan karena kamar merupakan produk utama hotel yang harus
diberikan kepada tamu yang menginap dan merupakan sumber penghasilan pertama di
hotel.
1.
Mengapa kebersihan kamar menjadi salah
satu faktor penting bagi kepuasaan tamu sehingga sangat diperhatikan oleh
hotel/resort?
2.
Bagaimana cara room attendant
meningkatkan kebersihan kamar?
1.3. Tujuan On The Job Training
Dalam penulisan ini tentu memiliki tujuan dan
manfaat baik secara umum maupun khusus. Adapun tujuan dari penulisan laporan
ini adalah:
1. Tujuan
Umum
a.
Untuk mengetahui perbandingan antara
praktek kerja di lapangan dengan teori yang didapat di bangku kuliah.
b.
Untuk mengembangkan dan memperluas
wawasan tentang kepariwisataan.
c.
Untuk menerapkan ilmu pengetahuan
(teori) yang diperoleh di bangku kuliah di lapangan.
d.
Untuk mengembangkan kemampuan yang
dimilikinya sebagai bekal untuk masa depan.
2.
Tujuan Khusus
a.
Untuk mengetahui penyebab utama
kebersihan kamar sangat diperhatikan oleh hotel/resort.
b.
Untuk mengetahui cara room attendant
meningkatkan kebersihan kamar.
1.4. Manfaat On The Job Training
1.
Manfaat bagi mahasiswa
a.
Dapat menerapkan pengetahuan dan wawasan
mahasiswa tentang dunia pariwisata secara nyata.
b.
Dapat membuka peluang bagi mahasiswa
untuk bekerja di Hotel.
c.
Dapat membuka kesempatan bagi setiap
mahasiswa untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan melalui praktek kerja
langsung di lapangan.
d.
Dapat menjadikan mahasiswa lebih
fleksibel dalam menghadapi pekerjaan dengan cara dan standar yang berbeda,
karena setiap Hotel memiliki standarnya masing-masing dalam memberikan
pelayanan terhadap tamu.
2.
Manfaat Bagi Lv8 Resort Hotel
a.
Hotel bisa mendapatkan tambahan tenaga
operasional sehingga semua pekerjaan akan lebih cepat terselesaikan.
b.
Memotivasi manajemen hotel untuk bekerja
lebih baik dan giat.
c.
Hotel akan lebih dikenal lagi, karena
telah ikut berperan aktif dalam menciptakan tenaga-tenaga yang handal di bidang
pariwisata.
d.
Hotel mendapat bantuan tenaga tanpa
harus membayar gaji yang sama dengan karyawan, sehingga hal ini akan sangat
menguntungkan pihak hotel.
e.
Dapat menjalin kerja sama yang baik
dengan pihak kampus, sehingga bisa dengan mudah mendapat tenaga bantuan saat
membutuhkannya.
3.
Manfaat untuk Sekolah Perhotelan
Internasional
a.
Lembaga banyak mendapat saran dan
masukan yang positif demi lebih baiknya sistem pendidikan untuk kedepannya.
b.
Dapat melihat tingkat keberhasilan
lembaga pendidikan dalam mendidik dan melatih para mahasiswa.
c.
Dapat menjalin hubungan yang saling
menguntungkan dari kedua belah pihak antara hotel dan kampus.
d. Sekolah
dapat membandingkan semua pelajaran-pelajaran yang ada dengan kegiatan di hotel
melalui laporan yang dibuat oleh para mahasiswa
1.5. Metode Pengumpulan Data
Pengumpulan data dapat menggunakan
berbagai metode, antara lain:
1.
Metode Observasi
Untuk
mendapatkan data yang diperlukan, penulis melakukan observasi langsung di Lv8
Resort Hotel. Observasi tersebut penulis lakukan saat berlangsungnya training.
Dari hasil observasi tersebut, penulis kemudian menyimpulkan
informasi-informasi penting yang diperlukan.
2.
Metode Wawancara
Penulis melakuakan wawancara
tatap muka dengan staff dari Lv8 Resort Hotel. Informasi yang didapatkan dari
wawancara tersebut, kemudian digunakan sebagai salah satu referensi data saat
penulisan laporan.
3.
Metode Studi Pustaka
Untuk melengkapi data yang dimiliki,
penulis juga mengumpulkan data melalui jurnal dan artikel yang tersedia di
internet. Informasi yang didapat dari jurnal tersebut kemudian digunakan
sebagai referensi dan pembanding agar penulis dapat menarik kesimpulan yang
lebih akurat.
2.1. Teorisasi /
Landasan Teori
2.1.1.
Pengertian hotel
Hotel adalah sebuah bangunan yang didirikan dan dikelola
dengan tujuan komersil dan menyediakan fasilitas penginapan untuk masyarakat
umum dengan rincian fasilitas seperti jasa penginapan, jasa pelayanan barang
bawaan, jasa penyedia mkananan dan minuman, jasa fasilitas perabot dan hiasan
serta jasa pencucian pakaian.
Jenis-Jenis Hotel
berdasarkan Lokasi
1.
City Hotel
City Hotel
merupakan jenis hotel yang berada di kawasan pusat perkotaan dan umumnya lebih
banyak ditemukan di kota-kota besar. City Hotel biasanya berukuran besar dengan
gedung bertingkat dengan fasilitas- fasilitas bisnis dikarenakan tamu yang
menginap di hotel jenis ini kebanyakan merupakan business traveler. Hal ini
membuat jenis hotel ini juga kerap disebut sebagai bisnis.
2.
Motel (Motor Hotel)
Motel merupakan
singkatan dari Motor Hotel. Dinamakan demikian karena jenis hotel satu ini
diperuntukkan sebagai persinggahan sementara orang yang tengah melakukan
perjalanan jauh. Motel biasanya berada di tepi jalan-jalan penghubung antar
kota atau daerah.
3.
Resort Hotel
Jenis hotel
selanjutnya ini mungkin sudah cukup populer bagi kamu penggemar traveling.
Resort Hotel adalah jenis hotel yang berada jauh di luar pusat pekotaan dan
berada di kawasan-kawasan wisata dan juga rekreasi seperti di pantai,
pegunungan, tepi danau atau sungai dan sejenisnya.
4.
Residential Hotel
Sesuai dengan
namanya, jenis hotel satu ini berlokasi di kawasan perumahan atau residensial
yang jauh dari keramaian. Residential Hotel biasanya menjadi pilihan untuk
tamu-tamu yang berencana untuk tinggal dalam waktu yang cukup lama. Meski jauh
dari keramaian, jenis hotel ini tetap berada di kawasan dengan akses yang mudah
untuk menjangkau pusat- pusat aktivitas di kota tersebut.
5.
Downtown Hotel
Sebaliknya,
Downtown Hotel adalah jenis hotel yang justru berlokasi di pusat keramaian,
yakni kawasan perdagangan dan perbelanjaan. Jenis hotel satu ini biasanya
ditujukan untuk business traveler yang memiliki tujuan perjalanan bisnis
menyangkut perdagangan dan jual-beli.
Jenis-Jenis Hotel berdasarkan Plan
(Traveloka, 2020):
1.
Full American Plan (FAP)
Merupakan jenis
hotel yang memakai sistem yang dimana harga kamar sudah termasuk 3 kali makan.
2.
Modified American Plan (MAP)
Merupakan hotel
yang memakai sistem yang dimana harga kamar sudah termasuk 2 kali makan.
3.
European Plan (EP)
Merupakan hotel
yang memakai sistem dimana harga kamar tidak termasuk makan.
4.
Continental Plan (CP)
Merupakan jenis
hotel yang memakai sistem dimana harga kamar sudah termasuk makan pagi.
Jenis-Jenis
Hotel berdasarkan Tujuan Kunjungan Tamu (Traveloka, 2020):
1.
Business Hotel
Jenis hotel satu
ini sebagian besar tamunya melakukan kegiatan bisnis sehingga umumnya lokasi
hotel berada di pusat kota atau pusat keramaian seperti City Hotel atau
Downtown Hotel.
2.
Resort/Tourism Hotel
Jenis hotel satu
ini yang kebanyakan tamunya adalah wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.
Hotel jenis ini biasanya berada dekat lokasi-lokasi wisata, lengkap dengan
fasilitas-fasilitas leisure.
3.
Casino Hotel
Jenis hotel satu
ini ditujukan untuk tamu yang ingin melakukan casino. Tak hanya dekat dengan
lokasi casino, hotel jenis ini bahkan banyak yang juga memiliki fasilitas
casino di dalamnya.
4.
Pilgrim Hotel
Jenis hotel satu
ini bertujuan untuk mengakomodir tamu-tamu yang memiliki tujuan perjalanan
ibadah ataupun ziarah.
5.
Cure Hotel
Jenis hotel satu
ini sebagian tamunya adalah tamu yang sedang dalam proses pengobatan atau
perawatan sehingga lokasinya biasanya berdekatan dengan rumah sakit-rumah sakit
besar.
Jenis-Jenis
Hotel berdasarkan Kelas atau Bintang (Traveloka, 2020):
1.
Hotel Bintang Satu
Hotel berbintang
satu memiliki jumlah kamar standar minimum 15 kamar dengan luas kamar standar
minimum 20 m2.
2.
Hotel Bintang Dua
Hotel berbintang
dua memiliki jumlah kamar standar minimum 20 kamar dengan luas kamar standar
minimum 22 m2 dan kamar suite minimum 1 kamar dengan luas kamar suite minimum
44 m2.
Fasilitas:
Memiliki telepon dan televisi di dalam kamar, terdapat tempat olahraga,
restoran.
3.
Hotel Bintang Tiga
Hotel berbintang
tiga memiliki jumlah kamar standar minimum 30 kamar Kamar dengan luas kamar
standar minimum 24 m2 dan kamar suite minimum 2 kamar dengan luas kamar suite
minimum 48 m2.
Fasilitas:
Memiliki telepon, televisi, dan AC di dalam kamar, terdapat srna rekreasi dan
olahraga, restoran dan bar serta menyediakan Concierge Staf.
4.
Hotel Bintang Empat
Hotel berbintang
empat memiliki jumlah kamar standar minimum 50 kamar dengan luas kamar standar
minimum 24 m2 dan kamar suite minimum 3 kamar dengan luas kamar suite minimum
48 m2.
Fasilitas:
Memiliki telepon, televisi, AC, serta penghangat air di dalam kamar, terdapat
sarana rekreasi dan olahraga, rest area, restoran dan bar serta menyediakan
Concierge Staf.
5.
Hotel Bintang Lima
Hotel berbintang
lima memiliki Jumlah kamar standar minimum 100 kamar dengan luas kamar standar
minimum 26 m2 dan kamar suite minimum 4 kamar dengan luas kamar suite minimum
52 m2.
Fasilitas: Memiliki telepon,
televisi, AC, serta penghangat air di dalam kamar, terdapat sarana rekreasi dan
olahraga, rest area, restoran dan bar serta menyediakan Concierge Staf dan room
service 24 jam.
2.1.3. Departemen pokok yang ada di hotel
1. Front Office Department
Front Office Department adalah departemen hotel yang tugasnya
berhubugan lagsung dengan tamu, menerima pemesanan kamar tamu, menerima
pendaftaran tamu, maupun memberikan informasi yang diinginkan tamu. Departemen
ini merupakan kesan prtama bagi tamu ketika tamu hendak check in.
Adapun seksi-seksi di Front Office Department
adalah sebagai berikut :
1.
Reservation
2.
Reception
3.
Telephone Operator
4.
Front Office Cashier
5.
Uniform Service/Concierge
6.
Information Section
7.
Guest Relation Officer
2. Food and Beverage Department
Food and Beverage Department adalah departemen hotel yang menangani
hal-hal yang berkaitan dengan mengolah menyediakan makanan dan minuman serta
bertugas memberikan pelayanan kepada tamu pada saat makan di Restaurant.
Food
& Beverage Department dibagi beberapa bagian diantara lain :
a.
Food & Beverage Production
Food &
Beverage Production adalah suatu bagian yang bertugas mengolah bahan makanan
menjadi bahan matang untuk disediakan kepada para tamunya.
b.
Food & Beverage Service
Food &
Beverage Service adalah suatu bentuk pelayanan berupa pengantaran order tamu.
Food & Beverage Service dibagi menjadi dua bagian lagi yaitu :
1.
Food Service
2.
Beverage Service
3.
Housekeeping Department
Housekeeping Department adalah
departemen hotel yang bertanggung jawab atas seluruh kebersihan hotel baik
dalam ruangan maupun public area serta membersihkan berbagai fasilitas hotel.
Housekeeping terbagi atas beberapa seksi
antara lain :
a. Floor Section
b. Public Area Section
c. Linen/uniform Section
d. Laundry section
1.
Valet
2.
Washer
3.
Presser
4.
Marker
5.
Checker
e. Gardener section
f.
Florist
section
g. Recreation / swimmimg pool section
2.1.4. Room
attendant
Pengertian Room
attendant, Room attendant adalah posisi di dalam departemen housekeeping yang
bertanggung jawab dalam kebersihan kamar dan memperhatikan kerapihan dan
kelengkapan kamar sebelum di gunakan oleh tamu hotel.
2.1.5. Housekeeping Departement
1.
Room section
Floor Section (Room Section) Floor
section sering disebut juga room section. Tugas pokok dari bagian ini ialah
menjaga kebersihan, kerapian, keindahan, kenyamanan, dan kelengkapan
kamar-kamar tamu. Tugas tersebut dikerjakan langsung oleh seorang room boy
2.
Public Area section
Public area section adalah salah satu bagian yang berada dalam Housekeeping
department yang menangani semua urusan mengenai kebersihan, kerapian,
kelengkapan, kenyamanan, semua area umum yang berpengaruh terhadap ketertarikan
tamu untuk memakai jasa di dalam hotel.
Tempat-tempat yang dijaga
kebersihanaya oleh public area meliputi, toilet, lobby, basement, office, dan
semua area yang penting untuk menarik tamu datang ke hotel.
3.
laundry section
Laundry adalah proses pencucian baik kain atau pakaian yang
menggunakan media air detergen laundry, pelembut, dan pewangi baik secara
manual ataupun dengan mesin laundry
laundry
bertugas menjaga dan menyediakan linen-linen untuk dalam keadaan bersih setiap
harinya. Serta keperluan linen-linen lainya seperti, linen untuk kamar, meeting
room, serta membersihkan pakaian tamu yang kotor.
BAB III
GAMBARAN UMUM
Terdapat banyak hotel berbintang yang telah berdiri di
kawasan Canggu, salah satunya adalah Lv8 Resort Hotel. Hotel ini berdiri pada
tahun 2012 dan beroperasional mulai dari tanggal 6 Juni 2013. Hotel ini
memiliki pemandangan kamar yang sangat menawan diantaranya yaitu taman yang
dihiasi berbagai jenis tanaman bunga dan ditata oleh gardener professional
serta pemandangan kamar yang mnghadap ke Pantai Berawa, Pantai Canggu dan
Pantai Batubelig. Pemandangan lainnya yang dapat dijumpai ketika menginap di
Lv8 Resort Hotel adalah persawahan yang terhampar luas, lokasinya hanya
berjarak 5 menit dari hotel yang menjadi spot favorit untuk jogging. Hotel ini
terdiri dari 124 suites yang telah dilengkapi dengan kamar tidur, ruang tamu
serta kamar mandi yang luas serta berbagai fasilitas untuk meningkatkan
kenyamanan tamu ketika menginap
Jl.
Pantai Berawa No. 100xx, Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Badung.
Gambar
3.1 Lv8 Resort Hotel
Sumber:https://www.lv8bali.com
3.3. Fasilitas
1. Ambiente spa
Menyediakan berbagai macam pijat yang
dapat dinikmati oleh tamu di kamar pribadinya. Fasilitas massage ini juga
menawarkan pilihan berbagai jenis minyak seperti Jasmine, Lavender, Kamboja dan
Natural Coconut.
Gambar
3.2 Ambiente spa Lv8 Resort Hotel
Sumber: https://www.lv8bali.com
2. Gym
Terletak di sebelah spa, tempat gym ini
telah dilengkapi AC dan di tempat ini, telah disediakan fasilitas penunjang
berolahraga seperti matras yoga, angkat beban, cross trainer, dan foam
roller. serta dilengkapi sistem suara
yang siap untuk memainkan latihan YouTube untuk memaksimalkan olahraga.
Gambar 3.3 Gym Lv8 Resort Hotel
Sumber: https://www.lv8bali.com
3. Restaurant
semuanya tersedia. Restoran buka untuk
sarapan, makan siang, dan makan malam dengan ketentuan:
a.
Sarapan dari jam 7:30 pagi sampai 11
pagi
b.
Makan siang dan snack dari jam 11 pagi
sampai jam 9 malam
c.
Makan malam dari jam 5 sore sampai 10
malam (Pemesanan terakhir jam 9 malam)
d.
Layanan kamar tersedia mulai pukul 8
pagi hingga 9 malam
Gambar
3.4 Lv8 Restaurant
Sumber: https://www.lv8bali.com
4. Pool
Lv8 Resort Hotel menyediakan Shared
Swimming Pool yang bisa dinikmati oleh tamu resort.
Gambar 3.5 Pool Lv8 Resort Hotel
5. Lobby Lv8 Resort Hotel
Gambar 3.6 Lobby Lv8 Resort Hotel
Sumber: https://www.lv8bali.com
6. Vue Beach Club
Vue
Beach Club Bali adalah klub pantai yang masih dalam satu kawasan dengan LV8
Resort Hotel, letaknya di tepi pantai sehingga menjadi tempat yang cocok untuk
menanti sunset di Bali.
Gambar 3.7 Vue Beach Club
Sumber: https://www.lv8bali.com
3.4. Struktur Organisasi
Sumber : management Lv8 Resort Hotel
BAB IV
HASIL
DAN PEMBAHASAN
4.1. Deskripsi Pelaksanaan On The Job Training
4.1.1. Waktu dan Tempat On The Job Training
On The Job Training dilaksanakan mulai dari tanggal 01
Desember 2021 sampai dengan 31 Mei 2022 pada bagian Housekeeping di Lv8 Resort
Hotel yang terletak di Desa Berawa, Kuta Utara, Badung
Penulis mendapatkan On The Job Training pada bagian
Housekeeping. Adapun jadwal pelaksanaan On The Job Training tersebut antara
lain
1.
Shift Pagi, pukul 09.00 - 17.00 WITA
2.
Shift Sore, pukul 15.00 - 23.00 WITA
4.1.3. Obyek Pelaksanaan On The Job Training
Penulis mendapatkan training di 2 section yakni room
section dan public area section, Berikut
adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh penulis selama melaksanakan On The Job
Training di Lv8 Resort Hotel:
1.
Room section
a.
Prosedur Kerja:
1)
Datang 15 menit lebih awal dari jam
kerja
2)
Mengikuti morning briefing dan absensi
3)
Mengambil
linen di linen room
4)
Mempersiapkan trolly dan alat - alat
seperti lobby duster dan mop
5)
Mensetup trolly dengan mengisi amenities
dan supplies
6)
Kemudian mulai bekerja membersihkan
kamar yang tertera di room attendant control sheet
b.
Tugas dan Tanggung Jawab
1)
Melakukan pembersihan kamar dimulai dari
bagian terjauh dari pintu menuju ke arah pintu secara runtut
2)
Membersihkan permukaan peralatan yang
ada di kamar seperti meja, kursi, lemari, pintu, televisi, tempat tidur, dll
3)
Melakukan making bed sesuai SOP
4)
Membersihkan lantai kamar menggunakan
vacuum cleaner
5)
Membersihkan wastafel dan kaca dimulai
dari bagian atas menuju bawah
6)
Membersihkan bathtub, shower stails dan
saluran pembuangan
7)
Mengganti semua amenities toiletries
dengan yang baru
8)
Memastikan lantai kamar mandi tidak
dalam kondisi basah (menggenang)
9)
Mengisi room attendant control sheet
2.
Public Area section
a.
Prosedur Kerja:
1)
Datang 15 menit lebih awal dari jam
kerja.
2)
Mempersiapkan trolly dan alat-alat kerja
3)
Mengecek ketersediaan amenities
4)
Membersihkan toilet lobby
5)
Membersihkan meeting room
6)
Membersihkan area lobby
7)
Membersihkan / menyapu tangga HRD
8)
Menyapu di depan lobby
9)
Membersihkan koridor dari lantai 1
sampai lantai 5
10) Membersihkan
sky glass
b.
Tugas dan Tanggung Jawab:
1)
Menjaga dan memelihara kebersihan area
2)
Menjaga dan memelihara kelengkapan yang
ada di toilet
3)
Menjaga dan membersihkan seluruh office
pada hotel atau restoran
4)
Menjaga dan merawat kebersihan Lobby
area
5)
Merawat dan membersihkan serta selalu
melengkapi segala fasilitas yang ada di toilet umum
6)
Bertanggung jawab terhadap kebersihan
fasilitas staff
7)
Menjaga dan merawat kebersihan koridor
8)
Melakukan general cleaning sesuai dengan
jadwal
9)
Menjaga dan merawat kebersihan
railing-railing yang ada di public area
10) Melaksanakan
kegiatan dan tugas-tugas tambahan dari atasan
4.1.4. Hubungan Kerja Housekeeping Department dengan Departemen Lain
1.
Hubungan housekeeping dengan Front
Office :
a.
Laporan status kamar (room report)
b.
Laporan mengenai kehilangan
barang-barang milik hotel yang dibawa tamu
c.
Laporan mengenai penemuan barang-barang
milik tamu yang tertinggal di kamar sesudah tamu berangkat/check out.
2.
Housekeeping Department dengan Laundry :
a.
Menangani masalah pencucian pakaian
tamu, pakaian karyawan, dan pencucian linen-linen yang dipakai oleh bagian HK.
b.
Penanganan keterlambatan pengiriman
linen yang dipakai oleh HK maupun outlet lain karena listrik mati, kerusakan
mesin dan lain-lain.
3.
Housekeeping Department dengan
Enginering Departement :
a.
Perbaikan dan pemeliharaan alat-alat
terutama yang menyangkut operasional HK.
b.
Perbaikan perlengkapan HK yang ada di
kamar tamu.
4.
Housekeeping Department dengan Food
& Bevergae Department :
a.
Pelayanan room service kepada tamu.
b.
Pengiriman karangan buah (fruitstand)
untuk tamu VIP
5.
Housekeeping Department dengan security
Department :
a.
Pengawasan oleh pihak keamanan pada
area-area HK, meliputi corridor, tempat tugas room boy dan kantor HK.
b.
Keamanan barang-barang milik tamu dan
keselamatan tamu.
4.2. Kendala
dalam membersihkan kamar
Selama masa On The Job Training, penulis sempat mengalami
beberapa kendala dalam membersihkan kamar, Kendala tersebut seperti:
1. Kurangnya
Peralatan
Sering terjadi
kekurangan alat seperti mop, stik mop, sapu, dustpan dan yang lainya yang
membuat keterlambatan dalam bekerja
2.
Kekurangan linen
Kurangnya linen
seperti sheet dan duvet saat proses making bed
4.3. Upaya
Penyelesaian Kendala
Mengingat pentingnya Kebersihan kamar bagi resort, maka
penulis mengupayakan solusi dari kendala yang dialami. Adapun upaya tersebut
yakni:
1. Penyelesaian
kendala pertama
Saat terjadi
kekurangan alat, sesegera mungkin untuk menghubungi supervisor untuk meminta
alat tambahan.
2.
Penyelesaian kendala kedua
Untuk mengatasi
kendala kurangnya linen seperti sheet dan duvet
pihak hotel mengirim sheet dan duvet ke laundry dengan express service
sehingga kedatangan linen baru menjadi lebih cepat
PENUTUP
On The Job Training yang dilakukan di Lv8 resort hotel
memberikan banyak manfaat untuk penulis. Manfaat tersebut mulai dari bisa
meningkatkan skill, menambah pengalaman kerja, pemahaman akan sistem kerja,
hingga dapat menjalin relasi dengan orang-orang baru. Pengetahuan dan ilmu yang
didapat tentunya akan berguna saat menghadapi dunia kerja.
Penulis bisa mendapatkan manfaat yang cukup banyak berkat
banyaknya kesempatan yang diberikan untuk berlatih secara praktik di Lv8 resort
hotel. Penulis berkesempatan mendapatkan pengalaman di 2 sektor, yakni room
section, dan Public Area Section. Saat
diamanahi membantu di Room section, penulis banyak berlatih dalam hal
penggunaan alat dan obat serta cara penggunaanya untuk membersihkan kamar. Sementara
itu, penulis bisa berlatih lebih terkait cara penggunaan mesin saat bertugas di
public area section.
Selama
bertugas di 2 sektor tersebut, penulis beberapa kali menghadapi kendala.
Kendala pertama dan terpenting adalah kurangnya kemampuan serta pengalaman
penulis dalam membersihkan kamar suite. Pada minggu awal training, penulis
masih beradaptasi dengan lingkungan dan sistem kerja di Lv8 Resort Hotel
sehingga beberapa kali melakukan kesalahan. Selain kendala tersebut, terdapat
juga kendala yang tidak terduga seperti kurangnya kebutuhan linen disaat
occupancy tinggi. Meskipun cukup banyak kendala yang dialami, penulis pada
akhirnya penulis bisa mengatasinya dengan melakukan upaya-upaya penyelesaian
masalah. Upaya yang dilakukan seperti meningkatkan skill dan pengalaman
serta memperkuat kerja sama team dalam
membersihkan kamar.
Kegiatan dan kendala yang dialami penulis selama On The
Job Training memberikan banyak pembelajaran yang sangat berguna. Penulis
menjadi mampu meningkatkan skill dan pengalaman serta kemampuan dalam bekerja
sama. Oleh karena itu, penulis berharap agar kegiatan ini tetap dilaksanakan untuk
tahun-tahun berikutnya.
5.2.1. Saran
untuk Mahasiswa
Berikut ini adalah beberapa saran yang penulis berikan
untuk arah perkembangan selanjutnya:
1.
Selalu menjaga nama baik kampus saat
melakukan On The Job Training
2.
Selalu menaati peraturan yang berlaku di
tempat On The Job Training
3.
Senantiasa jujur dan bertanggung jawab
atas tugas yang diberikan
4.
Tetap menjaga semangat belajar selama On
The Job Training agar bisa mendapatkan manfaat yang optimal
5.
Persiapkan diri dengan baik sebelum
melakukan On The Job Training seperti memilih tempat training yang tepat,
mempertimbangkan untuk ngekos jika jarak rumah terlalu jauh dengan tempat
training, dan mempelajari konsep serta istilah teknis yang sering digunakan di
dunia kerja.
5.2.2. Saran
untuk Resort
Berikut ini adalah saran yang penulis berikan untuk arah
perkembangan selanjutnya:
1.
Sebaiknya hotel menyediakan alat baru
sehingga kebutuhan akan alat untuk pembersihan kamar tercukupi.
2.
Sebaiknya untuk para trainee jangan
terlalu sering di berikan over time,karena sudah ada yang akan bertugas pada
shift berikutnya
3.
Sebaiknya setiap periode ada pemilihan
the best trainee sehingga para trainee lebih termotivasi untuk rajin bekerja
dan selalu bertanggung jawab terhadap section yang di berikan.
5.1.3. Saran untuk
Lembaga/Kampus
Berikut ini adalah saran yang penulis berikan untuk arah
perkembangan selanjutnya:
1.
Meningkatkan mutu pendidikan dengan cara
memperbanyak jam praktik agar mahasiswa lebih siap menjalani On The Job
Training
2.
Meningkatkan mutu pendidikan dengan cara
memperbanyak jam praktik agar mahasiswa lebih siap menjalani On The Job
Training
3.
Membuat jadwal perkuliahan yang
terstruktur dengan baik. Sebagai contoh, minggu pertama kuliah materi, minggu
kedua hingga keempat kuliah praktik.
4.
Melakukan monitoring langsung ke tempat
dilaksanakannya On The Job Training sehingga mahasiswa bisa menjalani training
dengan lebih baik dan terarah.
DAFTAR PUSTAKA
Atmodjo, M. (2005). Restoran dan
Segala Permasalahannya. Yogyakarta: Andi.
Cousin, F. (2002).
Food and Beverage Management Second
Edition. New Jersey:
Prentice Hall.
Ilmu
Perhotelan. (2020, April 9). Pengertian
Bar Beserta Sejarah, Fungsi, Pelayanan Bar, dan Macam-Macam Bar. Retrieved from ilmuperhotelan.my.id: https://www.ilmuperhotelan.my.id/2020/04/pengertian- bar-beserta- sejarah-fungsi.html
Riadi,
M. (2017, November 28). Pengertian, Jenis
dan Sistem Pelayanan Restoran. Retrieved from kajianpustaka.com: https://www.kajianpustaka.com/2017/11/pengertian-jenis- dan-sistem- pelayanan-restoran.html
Sahaja Sawah Resort. (2021, Mei 10).
Home. Retrieved from sahajasawahresort.com: https://sahajasawahresort.com/
Soekresno.
(2000). Management Food and Beverage,
Service Hotel. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Suyono, J. (2004). Food Service
Management. Bandung: Enhaii Press.
Yohannes, M. (2020, March
20). Jenis-Jenis Hotel & Klasifikasinya.
Retrieved from traveloka.com: https://www.traveloka.com/id-id/explore/tips/klasifikasi-jenis- jenis-hotel-acc/27223
LAMPIRAN
Lampiran 1 Dokumentasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
BERKOMENTARLAH DENGAN BIJAK DENGAN MENJAGA TATA KRAMA TANPA MENGHINA SUATU RAS, SUKU, DAN BUDAYA