CLICK FOR CLAIM PROMO !

Senin, 07 Maret 2016

CONTOH LAPORAN PKL ON THE JOB TRAINING HOTEL BALEKA RESORT HOTEL

Subscribe
LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN
ON THE JOB TRAINING


Hari                    :……………………………
Tanggal              :……………………………

PIHAK HOTEL






(___________________________)
PEMBIMBING SEKOLAH






(__________________________)




MENGETAHUI
Kepala SMK*********************



________________________




KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan On The Job Training dengan baik dan tepat pada waktunya. Dalam menyusun laporan ini,penulis membuamya sesuai dengan kemampuan sendiri berdasarkan apa saja yang telah dilakukan dalam On The Job Training di Hotel Baleka Resort & SPA, Legian Kuta Bali.

Di dalam menyusun laporan ini tentunya penulis mendapatkan kesulitan di karenakan terbatasnya kemampuan dan pengetahuan yang di miliki. Namun semua hal itu dapat penulis atasi berkat adanya bantuan berbagai pihak, baik dari pihak sekolah maupun pihak hotel tempat dimana penulis melakukan On The Job Training. Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:

1.      Ibu Dra. Ni Luh Putu Yuli Hermayati, selaku Kepala Sekolah SMK Pariwisata Triatmajaya Tabanan.
2.      Christin Indrayanti,S.Pd selaku Koordinator Praktik Kerja Industri.
3.      Ni Putu Dian Cahyani,SE selaku Ketua Kompetensi Keahlian
4.      I Gusti Ngurah Dharma Putra, selaku pemilik Baleka Resort Hotel & Spa.
5.      I Made Sudiantana, selaku pembimbing di industri.
6.      A.A. Km.Sari Rahayu Wetan,A.Md, selaku pembimbing disekolah
7.      Staff dan karyawan Baleka Resort Hotel & Spa, khususnya House keeping Department yang telah membantu saya selama ini. Dan berbagai pihak lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

" Tidak ada manusia yang sempurna" begitu pula penulis dalam menyusun laporan ini masih sangat kurang sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran sangat diperlukan demi kesempurnaan laporan ini, sehingga nantinya dapat berguna dan bermanfaat bagi yang membutuhkan.



Tabanan,      Juni 2015


( _________________)












                                                                                             





DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL..............................................................................................................
LEMBAR PENGESAHAN....................................................................................................
KATA PENGANTAR............................................................................................................
DAFTAR ISI...........................................................................................................................
BAB IPENDAHULUAN........................................................................................................
1.1  Latar Belakang...................................................................................................
1.2  Tujuan..................................................................................................................
1.3  Manfaat...............................................................................................................
BAB IIGAMBARAN UMUM PERUSAHAAN..................................................................
2.1    Sejarah Berdirinya Hotel................................................................................
2.2  Kepemilikan dan Lokasi Hotel........................................................................
2.3   Fasilitas yang Dimiliki Hotel..........................................................................
2.4  Struktur Organisasi Hotel.................................................................................
2.5  Tugas dan Tanggung Jawab Masing - Masing Jabatan.................................
BAB III PEMBAHASAN.......................................................................................................
3.1  Tugas dan Tanggung Jawab Pelaksanaan Praktek Kerja Industri...............
3.2   Pembagian Jadwal Kerja Praktek Kerja Industri..........................................
3.3  Perbandingan antara Teori dan Praktek Kerja Industri................................
3.4  Kendala dan Keberhasilan yang Ditemui Selama Trainee..........................
BAB IV PENUTUP................................................................................................................
4.1   Kesimpulan........................................................................................................
4.2 ... Saran...................................................................................................................
4.2.1  Saran Untuk Hotel....................................................................................
4.2.2  Saran Untuk Sekolah................................................................................






BAB 1
PENDAHULUAN
1.1.      Latar Belakang Penulisan Laporan
Pulau Bali merupakan salah satu tujuan utama pariwisata di indonesia dimana pulau yang dikenal dengan pulau seribu pure ini sebagian besar pendapatan daerahya dari sektor pariwisata yang telah memberi masa depan yang cerah bagi para insan yang terjun di sektor pariwisata baik secara langsung maupun tidak tangsung. Secara umum sektor pariwisata juga merupakan salah satu penunjang devisa Negara. Oleh karena itu pemerintah harus terus meningkatkan citra pariwisata baik domestik maupun mancanegara.

Bali sebagai daerah tujuan wisata karena memiliki beranekaragam kebudayaan yang unik serta adat istiadat yang masih bersifat tradisional. Selain itu keindahan alam yang dimiliki pulau Bali memberikan kesan tersendiri bagi para pengunjung.

Dalam perkembangannya industri pariwisata tidak lepas dari industri akomodasi dan merupakan sarana pokok dimana keduanya harus dapat saling menunjang satu sama lain. Keduanya harus sejalan dan saling melengkapi.

Industri perhotelan adalah suatu industri yang menyediakan jasa penginapan dan jasa pelayanan makanan minuman yang dikelola secara komersial dimana banyak pihak yang terlibat dalam pengelolaan suatu hotel yang diwujudkan dalam pembagian tugas menjadi beberapa department. Masing - masing department tersebut mempunyai fungsi dan tanggung jawab secara terpisah.

Selama enam bulan saya menjalani trainee di Baleka Resort Hotel & SPA, saya mendapat tugas dibagian House Keeping, Public Area, Koridoor, Restaurant. Dan karena itu diharapkan para generasi muda mengetahui bahwa bagaimana cara kerja di Industri Pariwisata.



1.2.      Tujuan Penulisan Laporan
Adapun tujuan dari pelaksanaan Praktek Kerja Industri ini adalah:

1.2.1.    Tujuan Umum
•    Untuk mengetahui standar hotel yang belum kita ketahui.
•    Sebagai perbandingan dalam pemahaman antara teori dengan praktek yang nantinya berguna bagi saya dan pembaca laporan ini untuk mengenal dan mengetahui bidang pariwisata.

1.2.2.     Tujuan Khusus
•    Untuk mengetahui tugas - tugas seorang House keeping.
•    Untuk mengetahui cara penggunaan alat - alat yang belum pernah diajarkan di sekolah.
•    Untuk mengetahui bagaimana cara menangani keluhan dan permintaan tamu.
•    Untuk mengetahui prosedur kerja seorang house keeping dalam melayani
      tamu.

1.3.      Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari Praktek Kerja Industri ini adalah :
1.3.1.  Bagi Siswa
1.   Memberikan gambaran tentang perbedaan antara teori dan praktek lapangan.
2.   Sebagai bekal untuk dapat meningkatkan pemahaman terhadap teori serta
 keterampilan yang didapat di industri.
3.   Sebagai salah satu syarat dalam pelulusan.

1.3.2.  Bagi Hotel
Agar menjadi suatu pertimbangan terhadap apa saja yang dimiliki oleh hotel tersebut.
1.3.3. Bagi Sekolah
1.      Menjadi bahan bagi sekolah dalam memberikan materi pembelajaran dan praktek bagi siswa program berikutnya agar menjadi lebih baik tepat guna dan tepat sasaran
2.      Untuk dapat mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap praktek yang telah diberikan di sekolah dengan kenyataan yang di dapat di industri
BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN


2.1.       Sejarah Perkembangan Hotel

Pendiri Baleka Hotel adalah Bapak Agung Sudiatma, berawal dari menyewakan motor sendiri dan sedikit uang sewa tersebut digunakan untuk mendirikan sebuah rumah. Tidak pernah terbayangkan olehnya untuk mendirikan sebuah hotel pada saat itu sampai pada Desember 1975 datang dua orang gadis kebangsaan Australia untuk menyewa rumah yang belum selesai dibangun tersebut untuk 6 (enam) bulan lamanya. Kemudian beliau dapat menggunakan uang sewa tersebut menyelesaikan pembangunan tersebut bahkan mulai membangun yang baru

Pada awal tahun 1976 bagunan kedua sudah selesai, namun Bapak Agung tidak bisa merasakan untuk tidur disana karena tamu lain datang untuk menyewa rumah tersebut untuk jangka waktu yang lama.

Pada masa itu keadaan warga desa setempat sangat miskin bahkan kesulitan untuk mendapatkan makanan, keadaan inilah yang mendorong Bapak Agung memutuskan untuk mulai mendirikan usaha hotel kecil. Kemudian mengajukan pinjaman dari bank, dan merekrut pekerja dari desa setempat, membeli bahan bangunan dari warga setempat seperti : bambu , kayu pohon kelapa, batu bata, sehingga mereka dapat terbantu untuk tetap hidup. Dari latar belakang inilah nama Hotel ini didirikan, diambil dari nama desa yang mengandung sejarah BALEKA yang artinya Banjar Legian Kaja.

Pada tahun 1982, saudara dari Bapak Agung Sudiatma yaitu Bapak Agung Sudarma bergabung dan mereka berdua bersama - sama mengembangkan usaha Hotel



Pembangunan hotel terus dilakukan dari awal 1976 sampai tahun 1990 sampai diakhir tahun 1990 Baleka Hotel memiliki 45 kamar, sebuah swimming pool, restaurant, pool bar dan lobby.

Kedua pemilik tersebut memiliki seorang anak laki - laki dan pada tahun 1990 kedua anak mereka telah berkuliah. Karena alasan ini mereka mencari investor untuk menyewa Baleka. Pada akhir Januari 2011 masa sewa telah selesai kedua owner tersebut memutuskan untuk kembali dan menjalankan usaba hold mereka sendiri. Dalam berjalannya waktu kedua owner tersebut mulai memberi kewenangan anak - anak mereka untuk menjalankan Baleka Resort Hotd yaitu Bapak Ngurah Darma Putra dan Trisna Gautama. Dan sampai saat ini di tahun 2012 ini Baleka Resort Hotel memiliki 58 kamar dan akan terus bertambah disetiap tahunnya karena pembangunan masih terus berlangsung.

2.2.       Lokasi dan Kepemilikan

Dalam jarak berjalan kaki dari pantai pasir putih Legian, Baleka Hotel & SPA menawarkan kamar dengan harga terjangkau di kawasan taman tropis. Hotel ini memiliki Wi - Fi gratis, sebuah kolam renang outdoor dan restaurant.

Dengan cahaya alami yang berlimpah, tiap kamar yang ber-AC di Baleka memiliki balkon pribadi, perabotan kayu, dan karya seni. Anda dapat menikmati kenyamanan minibar dan TV satelit. Beberapa kamar memiliki TV layar datar.

Untuk melepas lelah, Anda dapat berenang di kolam renang outdoor atau menikmati pijat yang menenangkan. Kegiatan rekreasi dan wisata sehari dapat direncanakan di meja layanan wisata.

Restoran di Baleka Hotel menyajikan masakan ala Indonesia, Cina dan Barat yang bervariasi. Aneka hidangan juga dapat disajikan di dalam kamar.

Baleka Hotel & SPA hanya 20 menit berkendara dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Layanan antar - jemput disediakan berdasarkan permintaan.

Hotel - hotel yang berada di sekitar Baleka Resort Hotel & SPA

1.   Royal Tunjung Bali 200 m dari Baleka Resort & Spa
2.   Amaris Hotel Legian Bali 217 m dari Baleka Resort & Spa
3.   Ramada Resort Camakila Bali 204 m dari Baleka Resort & Spa
4.   Le Jardin Boutique Villa 248 m dari Baleka Resort & Spa

2.3.  Fasilitas yang Dimiliki Hotel

Baleka Resort Hotel menyediakan beberapa fasilitas yang diberikan wisatawan yang menginap. Hal ini dilakukan agar wisatawan merasa betah dan berkesan untuk tinggal lebih lama, baik itu fasilitas didalam kamar maupun fasilitas penunjang lainnya.

1.      Fasilitas Kamar

Baleka Resort Hotel saat ini memiliki 82 buah kamar. Diantaranya adalah:
•    Classic Room             : 17 kamar
•    Superior Room           : 18 kamar
•    Deluxe Room             : 39 kamar
•    Family Suite              : 4 unit 8 kamar

Masing - masing kamar dilengkapi dengan Bathub, Shower Hair Dryer, AC, Mini Bar,TV channel, Wi - Fi internet connection, Tea & coffee maker, dan Safe deposite box untuk menyimpan barang - barang berharga seperti: uang, passport dan barang berharga lainnya.

2.      Restoran dan Bar

Dalam memberikan pelayanan makanan dan minuman kepada para tamu, Baleka Resort Hotel memiliki Restaurant dan Pool bar bernama Gula -Gula yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman yang beroperasi selama 24 jam yang juga melayani breakfast, lunch, dinner dan

supper. Disini tamu dapat memesan berbagai macam makanan dan minuman sesuai dengan keinginan tamu. Selain itu Gula Gula juga menyediakan berbagai minuman cocktail dan mocktail mulai dari jus hingga minuman yang berkadar alcohol tinggi. Selain yang disebutkan diatas Gula -Gula resto juga menyediakan pelayanan Room Service 24 jam.

1.      Fasilitas dan Service lainnya

·         24 jam room service
·         24 jam layanan reception
·         Layanan jemput airport
·         Tour keliling Bali
·         Money exchange
·         Wifi internet connection
·         24 jam generator
·         Gula - Gula Bar & Restaurant
·         Bambo Spa
·         Laundry & dry clean
·         Doctor on call service
·         Baby sitting service
·         Baby cot
·         Swim up bar
·         Taxi & tour desk
Check in time                                      : 2 pm onward
Check out time                                    : 12 am
Late check put sampai 6 pm                : 50% charge apply
Late check out excceding 6 pm          : full charge apply




2.4.     TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB MASING - MASING JABATAN

1.        General Manager bertugas memimpin anak buahnya di dalam melaksanakan tugas didalam mengembangkan perusahaan.
2.        Gardener bertugas untuk membersihkan kebun dan membuat/menata kebun agar tampak indah dan lestari.
3.        Security bertugas untuk menjaga keamanan dan ketenangan area hotel.
4.        Engineering bertugas untuk memperbaiki bagian-bagian hotel yang rusak baik interior maupun experior.
5.        Front office bertugas untuk membuat bill yang akan menangani tamu check in atau check out dalam hal tetap langsung dn biaya kamar serta yang paling penting apakah tamu rate room only.
6.        Driver bertugas untuk jika ada tamu check in yang memerlukan taxi, driver ini bertugas menjemput di bandara begitu pula check out dan bila ada tamu yang ingin tour maka dapat menggunakan jasa driver.
7.        SPA bertugas untuk memberikan relaksasi dan kenyamanan kepada tamu yang berkunjung yang memerlukan pijatan relaksasi saat bersantai.
8.        Laundry bertugas untuk mencuci dan menyetrika pakaian tamu dan interior peralatan yang terbuat dari kain.
9.        House keeping bertugas untuk membersihkan dan merapikan kamar tamu.
10.    Accounting bertugas untuk sesuai dengan bagian-bagian, ada dibagian penerimaan barang dari suplayer, utang-piutang, hotel, pembelian dan pemegang terbesar khas hotel, tanggung jawab ini ditunjukkan kepada coordinator accounting.







BAB III
PEMBAHASAN


3.1.  Tugas dan Tanggung Jawab Praktek Kerja Industri

Pada saat penulis melaksanakan praktek kerja industri penulis melaksanakan  praktek di 3 tempat yaitu House Keeping, Laundry dan Public Area.

1.        Morning Shift di House Keeping
Sebagai seorang room boy atau maid, kita harus memperhatikan kamar yang dibersihkan itu selalu rapi, bersih dan indah agar tamu merasa aman dan nyaman.
A. Persiapan Diri:
·         Mandi
·         Gosok gigi
·         Merapikan rambut
·         Potong kuku
·         Selalu memakai parfum

B. Persiapan Bahan:
·         Bowlster
·         Air Fresstener
·         MPC
·         Furniture Polish
·         Class cleaner
·         Sanni glow
·         Cream denser
·         Action 150
·         Bayfresh
·         Baygon



C. Persiapan Alat :
·           Hand gloop
·           Blue scrubber
·           Hand brush
·           Celling bush/broom
·           Dust pan and broom
·           Floor squeegee
·           Windows wiper
·           Bottle sprayer

Langkah-langkah room boy/maid memasuki kamar tamu.
1.      Menyiapkan trolley
2.      Men   Set-up   trolley   dengan   isinya   sheet,   towel,   obat-obatan pembersih dan perlengkapan lainnya yang ada di kamar
3.      Kemudian mengecek status kamar pada report room boy/maid.

Pelaksanaan Kerja.
1.      Mendorong trolley ke kamar yang akan dibersihkan. Di usahakan membersihkan kamar tamunya sudah memasang make up room
2.      Mengetuk  3   kali  sambil  menyebutkan  nama  department  dan greeting.
3.      Jika tamu tidak ada, buka pintu perlahan-lahan dan menghidupkan lampu
4.      Lalu ambil dahulu barang-barang tamu yang ada diatas bed
5.      Ambil sampah dan botol kosong, kemudian menstriping soil pada bed
      yang sudah dipakai.
6.   Kemudian making bed memakai sheet:
a.       Tarik bed ke belakang, lalu tebar sheet pertama kemudian buatlahlipatan segitiga pada lipat ujung bed dan sheet harus tampak kencang dan rapi agar enak dilihat.
b.      kemudian tebarkan sheet ke dua diatas sheet pertama lalu ambil blanckit dan tebarkan sheet ketiga.


c.       Lalu lipat dari sheet dua lipat dua kali masukkan kebawah bed dan kencangkan
d.      Dan dorong bed kedepan lalu rapikan lagi sekali
e.       Kalau sudah rapi buatlah lipatan dua kali pada ujung sheet dan rapikan
f.       Kemudian ambil pillow dan pillow cases dan rapikan supaya kelihatan kencang

2.        Pada saat bertugas di Public Area terlebih dahulu saya datang pukul 06.30. setelah waktu berjalan pukul 07.00, saya beserta senior melaksanakan tugas pembersihan di lobby, SPA, di ruangan GM dan ruangan pemilik hotel dan sampai akhirmemersihkan ruangan house keeping. Dimana house keeping itu adalah pantry 4. Dan pada akhimya, sehabis membersihkan semuanya saya harus stand by di Lobby, guna memastikan tamu cek in atau cek out.

3.   Setelah mendapatkan di Room dan Public Area,akhirnya saya dapat bertugas di Laundry,
 saya tiba di hotel pukul 07.30. disana saya mendapatkan 2 shift,

Morning Shift pukul 08.00 -16.00 dan
Evening Shift pukul 15.00 - 23.00

Kegiatan yang saya lakukan di Laundry yaitu:
a.   Membersihkan area Laundry
b.   Mencuci Soil, berupa : Sheet, Pillow Case, Bath Towel, Bath Mat, Face Towel, Hand Towel.
c.   Mencuci guest laundy
d.   Menyetrika Sheet dan guest laundry

3.2 Pembagian Jadwal Praktek Kerja Industri
1.    Room        : Morning Shift 08.00-16.00
          Evening Shift 15.00-23.00
2.    Laundry     : Morning Shift 08.00-16.00
                            Evening Shift 15.00-23.00

3.      Public Area   : Morning Shift 06.00-15.00
  Evening Shift 15.00-23.00

3.3  Perbandingan antara Teori dan Praktek

Perbandingan teori dan praktek kerja industri adalah dimana teori hanya mengajarkan bagaimana cara kita saat menghadapi tamu dan kendala saat berada didunia industri sedangkan praktek kerja industri menghadapkan kita pada dunia kerja yang sebenarnya tetapi tidak menyimpang dengan apa yang telah diajarkan di sekolah. Selain itu di industri kami juga di didik lebih tegas agar dapat menguasai teknik kerja secara cepat dan benar.

3.4  Kendala dan Keberhasilan yang Ditemui Selama Training 

       A. Kendala yang ditemui penulis dalam melakukan On The Job Training yaitu :
1.      Awalnya terasa senang, bisa bekerja di hotel, tetapi setelah itu terasa bingung karena belum mengetahui apa yang kita harus lakukan
2.      Kurangnya penguasaan Bahasa Asing yang saya alami di Hotel
3.      Adanya perbedaan alat pembersihan di sekolah maupun di hotel.

       B. Keberhasilan yang penulis temui pada saat training yaitu :
1.      Penulis dapat mengetahui cara bekerja di dunia industri
2.      Mengetahui fasilitas apa yang ada di hotel
3.      Mendapatkan pengetahuan cara melayani tamu dengan baik






BAB IV
PENUTUP

4.1   Kesimpulan
Dari beberapa pembahasan - pembahasan tadi dapat disimpulkan bahwa Praktek Kerja Industri bertujuan untuk menerapkan teori - teori yang telah kita dapatkan di sekolah. Teori yang telah didapat di sekolah berperan sangat petting karena merupakan bekal yang akan kita bawa ke industri nanti, apabila teori ini tidak kita kuasai secara penuh maka di industri nanti kita tidak akan tahu apa - apa. Dan dengan diadakannya praktek kerja industri kita diberi kesempatan untuk belajar lebih banyak dan mendapat peluang yang lebih besar untuk langsung bekerja setelah lulus nanti.

4.2    Saran


4.2.1  Saran untuk Hotel
1.   Hendaknya hubungan para senior dengan para trainer bias ditingkatkan.
2.   Kepada senior agar sering mengajarkan anak-anak training agar belajar di
      bathroom.
3.   Kepada para roomboy/maid di tingkatkan lagi disiplin waktu kerja atau lainnya.
4.   Selalu meningkatkan kualitas kerja baik teori maupun praktek.








4.2.2.  Saran untuk Sekolah

1.            Hendaknya guru/wali kelas berkesempatan untuk hadir/mendatangi lokasi lokasi training.
2.            Agar teori dapat lebih mudah, praktek kejurusan harap sering diadakan.
3.            Kepada wali kelas diharapkan selalu semangat dalam membimbing kami para siswa yang sedang menjalankan training.






Struktur Organisasi Bagian Tata Graha ( Housekeeping )

 




Struktur Organisasi Bagian Tata Graha ( Housekeeping )

 






  



  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERKOMENTARLAH DENGAN BIJAK DENGAN MENJAGA TATA KRAMA TANPA MENGHINA SUATU RAS, SUKU, DAN BUDAYA

SIMAK JUGA ARTIKEL DAN MAKALAH LAINNYA

Soal UAS PKN TAHUN 2017