Subscribe
LEMBAR
PENGESAHAN LAPORAN
ON
THE JOB TRAINING
Hari :……………………………
Tanggal :……………………………
PIHAK HOTEL
(___________________________)
|
PEMBIMBING SEKOLAH
(__________________________)
|
MENGETAHUI
Kepala
SMK*********************
________________________
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena
atas berkat rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan On The Job Training dengan
baik dan tepat pada waktunya. Dalam menyusun laporan ini,penulis
membuamya sesuai dengan kemampuan sendiri berdasarkan apa saja yang telah
dilakukan dalam On The Job Training di Hotel Baleka Resort & SPA, Legian
Kuta Bali.
Di dalam menyusun laporan ini tentunya penulis mendapatkan
kesulitan di karenakan terbatasnya kemampuan dan pengetahuan yang di miliki.
Namun semua hal itu dapat penulis atasi berkat adanya bantuan berbagai pihak,
baik dari pihak sekolah maupun pihak hotel tempat dimana penulis melakukan On
The Job Training. Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih yang
sebesar-besarnya kepada:
1.
Ibu Dra. Ni Luh Putu Yuli
Hermayati, selaku Kepala Sekolah SMK Pariwisata Triatmajaya Tabanan.
2.
Christin Indrayanti,S.Pd
selaku Koordinator Praktik Kerja Industri.
3.
Ni Putu Dian Cahyani,SE
selaku Ketua Kompetensi Keahlian
4.
I Gusti Ngurah Dharma Putra,
selaku pemilik Baleka Resort Hotel & Spa.
5.
I Made Sudiantana, selaku
pembimbing di industri.
6.
A.A. Km.Sari Rahayu
Wetan,A.Md, selaku pembimbing disekolah
7.
Staff dan karyawan Baleka
Resort Hotel & Spa, khususnya House keeping Department yang telah membantu
saya selama ini. Dan berbagai pihak lain yang tidak bisa saya sebutkan satu
persatu.
" Tidak ada manusia yang sempurna" begitu pula penulis
dalam menyusun laporan ini masih sangat kurang sempurna. Oleh karena itu kritik
dan saran sangat diperlukan demi kesempurnaan laporan ini, sehingga nantinya
dapat berguna dan bermanfaat bagi yang membutuhkan.
Tabanan, Juni 2015
( _________________)
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL..............................................................................................................
LEMBAR PENGESAHAN....................................................................................................
KATA PENGANTAR............................................................................................................
DAFTAR ISI...........................................................................................................................
BAB IPENDAHULUAN........................................................................................................
1.1 Latar Belakang...................................................................................................
1.2 Tujuan..................................................................................................................
1.3 Manfaat...............................................................................................................
BAB IIGAMBARAN UMUM
PERUSAHAAN..................................................................
2.1 Sejarah Berdirinya Hotel................................................................................
2.2 Kepemilikan dan Lokasi Hotel........................................................................
2.3 Fasilitas yang Dimiliki Hotel..........................................................................
2.4 Struktur Organisasi Hotel.................................................................................
2.5 Tugas dan Tanggung Jawab Masing - Masing
Jabatan.................................
BAB III PEMBAHASAN.......................................................................................................
3.1 Tugas dan Tanggung Jawab Pelaksanaan Praktek
Kerja Industri...............
3.2 Pembagian Jadwal Kerja Praktek Kerja
Industri..........................................
3.3 Perbandingan antara Teori dan Praktek Kerja
Industri................................
3.4 Kendala dan Keberhasilan yang Ditemui Selama
Trainee..........................
BAB IV PENUTUP................................................................................................................
4.1 Kesimpulan........................................................................................................
4.2
... Saran...................................................................................................................
4.2.1 Saran Untuk Hotel....................................................................................
4.2.2 Saran Untuk Sekolah................................................................................
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang Penulisan
Laporan
Pulau Bali merupakan salah satu tujuan utama pariwisata di
indonesia dimana pulau yang dikenal dengan pulau seribu pure ini sebagian
besar pendapatan daerahya dari sektor pariwisata yang telah memberi masa depan
yang cerah bagi para insan yang terjun di sektor pariwisata baik secara
langsung maupun tidak tangsung. Secara umum sektor pariwisata juga
merupakan salah satu penunjang devisa Negara. Oleh karena itu pemerintah
harus terus meningkatkan citra pariwisata baik domestik maupun
mancanegara.
Bali sebagai daerah tujuan wisata karena memiliki beranekaragam
kebudayaan yang unik serta adat istiadat yang masih bersifat tradisional.
Selain itu keindahan alam yang dimiliki pulau Bali memberikan kesan tersendiri
bagi para pengunjung.
Dalam perkembangannya industri pariwisata tidak lepas dari
industri akomodasi dan merupakan sarana pokok dimana keduanya harus dapat
saling menunjang satu sama lain. Keduanya harus sejalan dan saling melengkapi.
Industri perhotelan adalah suatu industri yang menyediakan jasa
penginapan dan jasa pelayanan makanan minuman yang dikelola secara komersial
dimana banyak pihak yang terlibat dalam pengelolaan suatu hotel yang diwujudkan
dalam pembagian tugas menjadi beberapa department. Masing - masing department
tersebut mempunyai fungsi dan tanggung jawab secara terpisah.
Selama enam bulan saya menjalani trainee di Baleka Resort Hotel
& SPA, saya mendapat tugas dibagian House Keeping, Public Area, Koridoor,
Restaurant. Dan karena itu diharapkan para generasi muda mengetahui bahwa
bagaimana cara kerja di Industri Pariwisata.
1.2.
Tujuan Penulisan Laporan
Adapun tujuan dari pelaksanaan Praktek Kerja Industri ini adalah:
1.2.1. Tujuan Umum
• Untuk
mengetahui standar hotel yang belum kita ketahui.
•
Sebagai perbandingan dalam pemahaman antara teori dengan praktek yang
nantinya berguna bagi saya dan pembaca laporan ini untuk mengenal dan mengetahui
bidang pariwisata.
1.2.2.
Tujuan Khusus
• Untuk
mengetahui tugas - tugas seorang House keeping.
• Untuk
mengetahui cara penggunaan alat - alat yang belum pernah diajarkan di sekolah.
• Untuk
mengetahui bagaimana cara menangani keluhan dan permintaan tamu.
• Untuk
mengetahui prosedur kerja seorang house keeping dalam melayani
tamu.
1.3.
Manfaat Penelitian
Adapun
manfaat dari Praktek Kerja Industri ini adalah :
1.3.1. Bagi Siswa
1. Memberikan gambaran tentang perbedaan antara
teori dan praktek lapangan.
2. Sebagai bekal untuk dapat meningkatkan
pemahaman terhadap teori serta
keterampilan yang didapat
di industri.
3. Sebagai salah satu syarat dalam pelulusan.
1.3.2. Bagi Hotel
Agar menjadi suatu pertimbangan terhadap apa saja yang dimiliki
oleh hotel tersebut.
1.3.3. Bagi Sekolah
1.
Menjadi bahan bagi sekolah
dalam memberikan materi pembelajaran dan praktek bagi siswa program berikutnya
agar menjadi lebih baik tepat guna dan tepat sasaran
2.
Untuk dapat mengetahui
sejauh mana pemahaman siswa terhadap praktek yang telah diberikan di sekolah
dengan kenyataan yang di dapat di industri
BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
2.1.
Sejarah Perkembangan Hotel
Pendiri Baleka Hotel adalah Bapak Agung Sudiatma, berawal dari
menyewakan motor sendiri dan sedikit uang sewa tersebut digunakan untuk mendirikan sebuah rumah. Tidak
pernah terbayangkan olehnya untuk mendirikan
sebuah hotel pada saat itu sampai pada Desember 1975 datang dua orang gadis kebangsaan Australia untuk
menyewa rumah yang belum selesai dibangun tersebut untuk 6 (enam) bulan
lamanya. Kemudian beliau dapat menggunakan uang sewa tersebut menyelesaikan
pembangunan tersebut bahkan mulai membangun yang baru
Pada awal tahun 1976 bagunan kedua sudah selesai, namun Bapak
Agung tidak bisa merasakan untuk tidur disana karena tamu lain datang untuk
menyewa rumah tersebut untuk jangka waktu yang lama.
Pada masa itu keadaan warga desa setempat sangat miskin bahkan
kesulitan untuk mendapatkan
makanan, keadaan inilah yang mendorong Bapak Agung memutuskan untuk mulai
mendirikan usaha hotel kecil. Kemudian mengajukan pinjaman dari bank, dan
merekrut pekerja dari desa setempat, membeli bahan bangunan dari warga setempat seperti : bambu , kayu pohon kelapa,
batu bata, sehingga mereka dapat terbantu untuk tetap hidup. Dari latar
belakang inilah nama Hotel ini
didirikan, diambil dari nama desa yang mengandung sejarah BALEKA yang artinya Banjar Legian Kaja.
Pada tahun 1982, saudara dari Bapak Agung Sudiatma yaitu Bapak
Agung Sudarma bergabung dan
mereka berdua bersama - sama mengembangkan usaha Hotel
Pembangunan hotel terus dilakukan dari awal 1976 sampai tahun 1990
sampai diakhir tahun 1990 Baleka Hotel memiliki 45 kamar, sebuah swimming pool,
restaurant, pool bar dan lobby.
Kedua pemilik tersebut memiliki seorang anak laki - laki dan pada
tahun 1990 kedua anak mereka telah berkuliah. Karena alasan ini mereka mencari
investor untuk menyewa Baleka. Pada akhir Januari 2011 masa sewa telah selesai
kedua owner tersebut memutuskan untuk kembali dan menjalankan usaba hold mereka
sendiri. Dalam berjalannya waktu kedua owner tersebut mulai memberi kewenangan
anak - anak mereka untuk menjalankan Baleka Resort Hotd yaitu Bapak Ngurah
Darma Putra dan Trisna Gautama. Dan sampai saat ini di tahun 2012 ini Baleka
Resort Hotel memiliki 58 kamar dan akan terus bertambah disetiap tahunnya
karena pembangunan masih terus berlangsung.
2.2.
Lokasi dan Kepemilikan
Dalam jarak berjalan kaki dari pantai pasir putih Legian, Baleka
Hotel & SPA menawarkan kamar dengan harga terjangkau di kawasan taman
tropis. Hotel ini memiliki Wi - Fi gratis, sebuah kolam renang outdoor dan
restaurant.
Dengan cahaya alami yang berlimpah, tiap kamar yang ber-AC di
Baleka memiliki balkon pribadi, perabotan kayu, dan karya seni. Anda dapat
menikmati kenyamanan minibar dan TV satelit. Beberapa kamar memiliki TV layar
datar.
Untuk melepas lelah, Anda dapat berenang di kolam renang outdoor
atau menikmati pijat yang menenangkan. Kegiatan rekreasi dan wisata sehari
dapat direncanakan di meja layanan wisata.
Restoran di Baleka Hotel menyajikan masakan ala Indonesia, Cina
dan Barat yang bervariasi. Aneka hidangan juga dapat disajikan di dalam kamar.
Baleka Hotel & SPA hanya 20 menit berkendara dari Bandara
Internasional Ngurah Rai. Layanan antar - jemput disediakan berdasarkan
permintaan.
Hotel -
hotel yang berada di sekitar Baleka Resort Hotel & SPA
1. Royal Tunjung Bali 200 m dari Baleka Resort
& Spa
2. Amaris Hotel Legian Bali 217 m dari Baleka
Resort & Spa
3. Ramada Resort Camakila Bali 204 m dari
Baleka Resort & Spa
4. Le Jardin Boutique Villa 248 m dari Baleka
Resort & Spa
2.3. Fasilitas yang Dimiliki Hotel
Baleka Resort Hotel menyediakan beberapa fasilitas yang diberikan
wisatawan yang menginap. Hal ini dilakukan agar wisatawan merasa betah dan berkesan
untuk tinggal lebih lama, baik itu fasilitas didalam kamar maupun fasilitas
penunjang lainnya.
1.
Fasilitas Kamar
Baleka
Resort Hotel saat ini memiliki 82 buah kamar. Diantaranya adalah:
•
Classic Room : 17 kamar
•
Superior Room : 18 kamar
•
Deluxe Room : 39 kamar
•
Family Suite : 4 unit 8 kamar
Masing - masing kamar dilengkapi dengan Bathub, Shower Hair Dryer,
AC, Mini Bar,TV channel, Wi - Fi internet connection, Tea & coffee maker,
dan Safe deposite box untuk menyimpan barang - barang berharga seperti: uang,
passport dan barang berharga lainnya.
2.
Restoran dan Bar
Dalam memberikan pelayanan makanan dan minuman kepada para tamu,
Baleka Resort Hotel memiliki Restaurant dan Pool bar bernama Gula -Gula yang
menyediakan berbagai macam makanan dan minuman yang beroperasi selama 24 jam
yang juga melayani breakfast, lunch, dinner dan
supper. Disini tamu dapat memesan berbagai macam makanan dan minuman
sesuai dengan keinginan tamu. Selain itu Gula Gula juga menyediakan berbagai
minuman cocktail dan mocktail mulai dari jus hingga minuman yang berkadar
alcohol tinggi. Selain yang disebutkan diatas Gula -Gula resto juga menyediakan
pelayanan Room Service 24 jam.
1.
Fasilitas dan Service
lainnya
·
24 jam room service
·
24 jam layanan reception
·
Layanan jemput airport
·
Tour keliling Bali
·
Money exchange
·
Wifi internet connection
·
24 jam generator
·
Gula - Gula Bar &
Restaurant
·
Bambo Spa
·
Laundry & dry clean
·
Doctor on call service
·
Baby sitting service
·
Baby cot
·
Swim up bar
·
Taxi & tour desk
Check in
time :
2 pm onward
Check out
time : 12
am
Late check
put sampai 6 pm : 50%
charge apply
Late check
out excceding 6 pm : full charge
apply
2.4. TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB
MASING - MASING JABATAN
1.
General Manager bertugas
memimpin anak buahnya di dalam melaksanakan tugas didalam mengembangkan
perusahaan.
2.
Gardener bertugas untuk
membersihkan kebun dan membuat/menata kebun agar tampak indah dan lestari.
3.
Security bertugas untuk
menjaga keamanan dan ketenangan area hotel.
4.
Engineering bertugas untuk
memperbaiki bagian-bagian hotel yang rusak baik interior maupun experior.
5.
Front office bertugas untuk
membuat bill yang akan menangani tamu check in atau check out dalam hal
tetap langsung dn biaya kamar serta yang paling penting apakah tamu rate
room only.
6.
Driver bertugas untuk jika
ada tamu check in yang memerlukan taxi, driver ini bertugas menjemput di
bandara begitu pula check out dan bila ada tamu yang ingin tour maka dapat
menggunakan jasa driver.
7.
SPA bertugas untuk
memberikan relaksasi dan kenyamanan kepada tamu yang berkunjung yang memerlukan
pijatan relaksasi saat bersantai.
8.
Laundry bertugas untuk
mencuci dan menyetrika pakaian tamu dan interior peralatan yang terbuat dari
kain.
9.
House keeping bertugas untuk
membersihkan dan merapikan kamar tamu.
10. Accounting bertugas untuk sesuai dengan bagian-bagian, ada
dibagian penerimaan barang dari suplayer, utang-piutang, hotel, pembelian dan
pemegang terbesar khas hotel, tanggung jawab ini ditunjukkan kepada coordinator
accounting.
BAB III
PEMBAHASAN
3.1. Tugas dan
Tanggung Jawab Praktek Kerja Industri
Pada saat penulis melaksanakan praktek kerja industri penulis melaksanakan
praktek di 3 tempat yaitu House Keeping, Laundry dan Public Area.
1.
Morning Shift di House
Keeping
Sebagai seorang room boy atau maid, kita harus memperhatikan kamar yang dibersihkan itu selalu
rapi, bersih dan indah agar tamu merasa aman dan nyaman.
A. Persiapan Diri:
·
Mandi
·
Gosok gigi
·
Merapikan rambut
·
Potong kuku
·
Selalu memakai parfum
B. Persiapan Bahan:
·
Bowlster
·
Air Fresstener
·
MPC
·
Furniture Polish
·
Class cleaner
·
Sanni glow
·
Cream denser
·
Action 150
·
Bayfresh
·
Baygon
C. Persiapan Alat :
·
Hand gloop
·
Blue scrubber
·
Hand brush
·
Celling bush/broom
·
Dust pan and broom
·
Floor squeegee
·
Windows wiper
·
Bottle sprayer
Langkah-langkah
room boy/maid memasuki kamar tamu.
1.
Menyiapkan trolley
2. Men Set-up trolley
dengan isinya sheet,
towel, obat-obatan pembersih dan
perlengkapan lainnya yang ada di kamar
3.
Kemudian mengecek status
kamar pada report room boy/maid.
Pelaksanaan
Kerja.
1. Mendorong trolley ke kamar yang akan dibersihkan. Di usahakan
membersihkan kamar tamunya sudah memasang make up room
2.
Mengetuk 3
kali sambil menyebutkan
nama department dan greeting.
3.
Jika tamu tidak ada, buka
pintu perlahan-lahan dan menghidupkan lampu
4. Lalu ambil dahulu barang-barang tamu yang ada diatas bed
5.
Ambil sampah dan botol
kosong, kemudian menstriping soil pada bed
yang sudah dipakai.
6. Kemudian making bed memakai sheet:
a. Tarik bed ke belakang, lalu tebar sheet pertama kemudian
buatlahlipatan segitiga pada lipat ujung bed dan sheet harus tampak kencang dan
rapi agar enak dilihat.
b.
kemudian tebarkan sheet ke
dua diatas sheet pertama lalu ambil blanckit dan tebarkan sheet ketiga.
c. Lalu lipat dari sheet dua lipat dua kali masukkan kebawah bed dan kencangkan
d. Dan dorong bed kedepan lalu rapikan lagi sekali
e. Kalau sudah rapi buatlah lipatan dua kali pada ujung sheet dan
rapikan
f.
Kemudian ambil pillow dan
pillow cases dan rapikan supaya kelihatan kencang
2.
Pada saat bertugas di Public
Area terlebih dahulu saya datang pukul 06.30. setelah waktu berjalan pukul
07.00, saya beserta senior melaksanakan tugas pembersihan di lobby, SPA,
di ruangan GM dan ruangan pemilik hotel dan sampai akhirmemersihkan ruangan
house keeping. Dimana house keeping itu adalah pantry 4. Dan pada akhimya, sehabis
membersihkan semuanya saya harus stand by di Lobby, guna memastikan tamu cek in
atau cek out.
3. Setelah mendapatkan di
Room dan Public Area,akhirnya saya dapat bertugas di Laundry,
saya tiba di hotel pukul 07.30. disana saya
mendapatkan 2 shift,
Morning Shift pukul 08.00 -16.00 dan
Evening Shift pukul 15.00 - 23.00
Kegiatan yang saya lakukan di Laundry yaitu:
a. Membersihkan area
Laundry
b. Mencuci Soil, berupa :
Sheet, Pillow Case, Bath Towel, Bath Mat, Face Towel, Hand Towel.
c. Mencuci guest laundy
d. Menyetrika Sheet dan
guest laundry
3.2 Pembagian Jadwal Praktek Kerja Industri
1. Room
: Morning Shift 08.00-16.00
Evening Shift 15.00-23.00
2. Laundry
: Morning Shift 08.00-16.00
Evening
Shift 15.00-23.00
3.
Public Area : Morning Shift 06.00-15.00
Evening
Shift 15.00-23.00
3.3 Perbandingan antara
Teori dan Praktek
Perbandingan teori dan praktek kerja industri adalah dimana teori
hanya mengajarkan bagaimana cara kita saat menghadapi tamu dan kendala saat
berada didunia industri sedangkan praktek kerja industri menghadapkan kita pada
dunia kerja yang sebenarnya tetapi tidak menyimpang dengan apa yang
telah diajarkan di sekolah. Selain itu di industri kami juga di didik lebih
tegas agar dapat menguasai teknik kerja secara cepat dan benar.
3.4 Kendala dan
Keberhasilan yang Ditemui Selama Training
A. Kendala yang
ditemui penulis dalam melakukan On The Job Training yaitu :
1. Awalnya terasa senang, bisa bekerja di hotel, tetapi setelah itu
terasa bingung karena belum mengetahui apa yang kita harus lakukan
2. Kurangnya penguasaan Bahasa Asing yang saya alami di Hotel
3. Adanya perbedaan alat pembersihan di sekolah maupun di hotel.
B. Keberhasilan yang
penulis temui pada saat training yaitu :
1. Penulis dapat mengetahui cara bekerja di dunia industri
2. Mengetahui fasilitas apa yang ada di hotel
3. Mendapatkan pengetahuan cara melayani tamu dengan baik
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Dari beberapa pembahasan - pembahasan tadi dapat disimpulkan bahwa
Praktek Kerja Industri bertujuan untuk menerapkan teori - teori yang telah
kita dapatkan di sekolah. Teori yang telah didapat di sekolah berperan
sangat petting karena merupakan bekal yang akan kita bawa ke industri
nanti, apabila teori ini tidak kita kuasai secara penuh maka di industri nanti
kita tidak akan tahu apa - apa. Dan dengan diadakannya praktek kerja
industri kita diberi kesempatan untuk belajar lebih banyak dan mendapat
peluang yang lebih besar untuk langsung bekerja setelah lulus nanti.
4.2 Saran
4.2.1 Saran untuk Hotel
1. Hendaknya hubungan para senior dengan para
trainer bias ditingkatkan.
2. Kepada senior agar sering mengajarkan
anak-anak training agar belajar di
bathroom.
3. Kepada para roomboy/maid di tingkatkan lagi
disiplin waktu kerja atau lainnya.
4. Selalu meningkatkan
kualitas kerja baik teori maupun praktek.
4.2.2. Saran untuk Sekolah
1.
Hendaknya guru/wali
kelas berkesempatan untuk hadir/mendatangi lokasi lokasi training.
2.
Agar teori dapat lebih
mudah, praktek kejurusan harap sering diadakan.
3.
Kepada wali kelas
diharapkan selalu semangat dalam membimbing kami para siswa yang sedang menjalankan training.
Struktur Organisasi Bagian Tata
Graha ( Housekeeping )
Struktur Organisasi Bagian Tata
Graha ( Housekeeping )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
BERKOMENTARLAH DENGAN BIJAK DENGAN MENJAGA TATA KRAMA TANPA MENGHINA SUATU RAS, SUKU, DAN BUDAYA