Subscribe
Hubungan Kerjasama Antar Bagian Di
Hotel
1. General Manager
Fungsi,
wewenang dan tanggungjawab General Manager adalah sebagai pemimpin utama dalam
hotel yang bertugas memberikan arahan serta mengawasi pelaksanaan seluruh
kegiatan dilapangan baik menyangkut operasional hotel itu sendiri maupun sistem
pelaporan dan hal-hal administrative lainnya sekaligus sebagai pengambil
keputusan. General Manager bertanggungjawab kepada pihak pemegang saham Hotel
Clarion di Kota Makassar.
2. Executive Secretary
Executive
Secretary bertugas membantu General Manager khususnya dalam hal administrasi.
Secretary juga bertugas menemani/mendampingi General Manager di saat
tugas-tugas eksteren yang bertanggungjawab terhadap General Manager.
3. Executive Assistant Manager
Tugas,
wewenang dan tanggungjawab Executive Assistant Manager adalah :
Menjalankan
perintah yang di sampaikan oleh General Manager dan selanjutnya meneruskan
kepada Manager.
Executive
Assistant Manager, bertanggungjawab kepada General Manager.
Menyampaikan
laporan yang dibuat oleh para Manager.
Mengambil
alih tugas General Manager apabila sewaktu-waktu General Manager
berhalangan.
4. Human Resources
Departement
Human
Resources Departement merupakan bagian yang bertanggung-jawab dalam hal ini seperti
pelatihan karyawan, bagian administrasi yang bertanggungjawab atas segala
urusan yang berhubungan dengan tata administrasi hotel, dan bertanggungjawab
terhadap keseluruhan keamanan hotel. Bagian ini merupakan bagian yang sangat
penting pada hotel karena merupakan bagian pengembangan karyawan pada
hotel.
5. Sales and Marketing
Department
Bagian
ini adalah divisi yang khusus mengkonsentrasikan diri pada bidang pemasaran dan
penjualan yang mana tugas dan tanggung-jawabnya adalah melakukan kontrak dengan
para relasi yang sudah lama dan akan menggunakan jasa hotel. Memastikan
penjualan kamar memenuhi target, menggiatkan program promosi, baik kamar maupun
makanan/minuman dan konvensi lainnya. Juga bertanggungjawab dalam
mempertahankan hubungan dengan para pelanggan. Mengatur pelaksanaan proses
pemasaran seperti iklan, dan penawaran-penawaran serta menciptakan
hubungan-hubungan baru. Mengorganisasi pelaksanaan even tertentu di hotel dan
melakukan evaluasi terhadap performa produk yang dimiliki oleh hotel.
6. Financial Controller
Tugas
dan tanggungjawab bagian Financial Controller yaitu :
a.
Mencatat transaksi keuangan setiap hari.
b.
Membuat laporan keuangan setiap bulan dan setiap tahun, kemudian di sampaikan
kepada pimpinan hotel.
7. Executive House Keeper
Sesuai
dengan namanya, bagian tata graha (House Keeper) bertugas menata rumah dalam
arti mengatur peralatan, menjaga kebersihan, agar hotel tampak rapi, bersih,
menarik dan menyenangkan. Bagian ini mempunyai tugas dan tanggungjawab antara
lain mengkoordinir pelaksanaan persiapan kamar yang melaiputi perlengkapan,
kerapihan, kebersihan dan kenyamanan guna memastikan pelayanan maksimal yang
diberikan kepada tamu. Selain itu tugasnya juga meliputi bunatu atau pencucian
dan penyetrikaan, penggantian seprai dikamar, kebersihan area public dan
pengontrolan pemakaian mini bar di kamar oleh tamu.
8. Food and Beverage
Department
Bagian
ini bertanggungjawab atas operasional pada visi makanan dan minuman yang
meliputi kegiatan di restaurant, room service, konvensi seperti pesta, seminar,
ulang tahun, show, dan lain-lain. Juga turut dalam pelaksanaan tugas di dapur
yang meliputi main kitchen dan pastry serta ruang makan karyawan atau employe
dining room, selain itu tugasnya juga meliputi bagian entertainment seperti
bar, karaoke, dan diskotik.
9. Executive Chef
Bagian
ini bertanggungjawab terhadap seluruh makanan yang disajikan pada Hotel
Clarion, mulai dari masakan Indonesia, Chinese, dan masakan Eropa, semuanya
dikerjakan oleh tenaga-tenaga yang ahli pada bidangnya.
10. Entertainment General
Manager
Entertainment
General Manager berfungsi untuk bertanggungjawab terhadap kegiatan hiburan yang
diberikan oleh Hotel Clarion sekaligus memperkenalkan keluar Hotel mengenai
jenis hiburan yang diberikan serta melakukan event-event dengan mendatangkan
artis, seperti pada bagian Redtro’s dan D’liquid.
11. Chief Engineering
Bagian
ini bertanggung jawab terhadap pelaksanaan perbaikan dan perawatan perlengkapan
yang ada di kamar dan peralatan, mesin-mesin, computer, audio visual, pendingin
dan alat elektronik lainnya yang ada di seluruh hotel serta cat hotel yang
sering mengalami perubahan sesuai event yang sedang dilaksanakan.
12. Front Office Manager.
Front
Office Manager memiliki tugas dan tanggungjawab seperti berikut :
-
Menjual kamar, tugas ini antara lain
menerima pemesanan kamar, menangani tamu yang tanpa pemesan kamar, melaksanakan
pendaftaran, dan penentuan kamar.
-
Memberikan informasi tentang pelayanan
hotel.
-
Mengkoordinir pelayanan tamu, antara lain
sebagai penghubung antara bagian-bagian di hotel menangani berbagai masalah dan
keluhan tamu.
-
Menyusun laporan status kamar dan
mengkoordinasikan penjualan kamar dengan bagian house keeping.
-
Menyelenggarakan pembayaran tamu.
-
Menyusun riwayat kunjungan tamu antara
lain melakukan pencatatan data-data individu untuk kunjungan akan datang, dan
menyelenggarakan arsip kartu riwayat kunjungan tamu.
-
Menangani telephone switch board, telex,
dan telegram.
-
Menangani barang-barang bawaan
tamu.
Hubungan Tata
Graha Dengan Front Office Secara Umum Adalah:
1.
Laporan status kamar
Laporan room status terintegrasi dengan system secara online melalui computer, sehingga
status kamar dengan mudah dapat diketahui oleh front office.
Housekeeping bertanggung jawab
mengupdate status kamar tersebut secepat mungkin setelah
diperiksa oleh housekeeping supervisor.
Laporan room status termasuk Vacant Clean (VC), Vacant Clean Inspection
(VCI), Vacant Dirty (VD), Sleep out (SO), Occupaid No Lugagge (ONL), Out ofService (OS), Out oforder (OO), Do not disturb (DND).
2.
Laporan Discrepancy
Housekeeping memeriksa secara langsung status dari tiap-tiap
kamar berdasarkan status yang ada di computer. Perbedaan status di computer dengan
sebenarnya disebut Room Discrepancy. Laporan ini biasanya dilakukan minimum 2 kali
sehari yaitu antara pukul
10 pagi dan 5 sore.
3.
Laporan kehilangan dan penemuan barang
Setelah check out, kamar diperiksa oleh housekeeping dan memastikan bahwakelengkapan barang-barang milik hotel tidak ada yang hilang. Jika ada yang hilang,
housekeeping melapor ke front office untuk memproses pengembalian atau
pembayarannya.
Housekeeping juga melaporkan setiap penemuan barangyang tertinggal, kemudian disimpan di housekeeping sebagai barang Lost and Found.
4.
Laporan lainnya
Laporan ini termasuk Extra bed, baby cot, Loan items, baby sister, dan
laporan kerusakan oleh tamu.
5.
Room Blocking
Front office melaporkan
perubahan status tiap-tiap kamar yaitu kamar VIP, Expected
Arrival, Expected Departure, Group, Check out, show room
dan change room.
6.
PermintaanTamu
Front office memberitahukan kebutuhan tambahan yang diperlukan oleh tamu,
misalnya extra bed, baby cot, baby sister, kursi dan juga setiap
masalah / complain dari tamu yang berhubungan dengan pelayanan housekeeping
7.
Front Office memberi informasi kepada tatagraha bahwa ada tamu segera masuk / check-in sehingga tatagraha dapat menyiapkan kamar untuk
tamu tersebut.
8.
Mengirimkan daftar penghuni kamar setiap pagi.
9.
Mengirimkan daftar kamar-kamar yang akan ditempati oleh tamu,
meliputi tamu perorangan
Tamu rombongan,atau tamu penting (VIP).
10. Memberitahukan kepada Housekeeping
mengenai kamar-kamar yang
tamunya sudah check out sehingga kamarnya dapat di bersihkan.
11. Memberikan guest slip agar tatagraha tahu tamu yang baru check in.
12. Memberitahu perpindahan tamu dari kamar yang satu ke kamar yang lain.
13. Jika terjadi laporan perbedaan penghuni kamar,
antara Housekeeping dengan front Office, maka room discrepancy report dan diadakan
pengecekan langsung.
Hubungan
Front Office dengan Tata Hidangan ( Food & Beverage)
1.
F.O akan menginformasikan kepada semua
departemen tentang jumlah tamu yang tinggal dihotel, tamu yang akan datang
(check-in), tamu yang keluar (check-out). Dan tamu penting sehingga F & B
dapat menggunakan informasi tersebut sebagai pedoman dalam operasional.
2.
F.O akan menjual produk F & B (food,
beverage, dan service ) kepada tamu yang datang.
3.
F & B akan menyiapkan welcome drink
kepada tamu yang baru checkin.
Hubungan
Tata Graha dengan Engineering
Hubungan Housekeeping dengan Engineering
Department Engineering bertanggung jawab terhadap perawatan atau
perbaikan atas kerusakan atau permasalahan interior dan eksterior serta
peralatan dan property yang terjadi baik dikamr-kamar tamu maupun public area
agar kerusakan dapat segera ditangani dengan baik dan cepat. Housekeeping
membantu melaporkan kepada engineering dengan maintenance request-nya atas
segala peralatan/perlengkapan yang perlu diperbaiki.
Hubungan Tata Graha dengan Tata
Hidangan
Kerjasama housekeeping dengan food
& beverage bertujuan untuk membersihkan dan merawat setiap outlet
seperti minibar dalam kamar, restaurant, bar, function room, kolam renang
dan sebagainya. Adalah tanggung jawab housekeping membersihkan semua outlet itu
selalu dalam keadaan bersih.
FB menggunakan linens (napkin dan table cloth) dalam opersional hariannya. Penggunaan linen ini untuk dipakai di restaurant dan meeting room. Maka, persediaan linen-linen yang bersih harus selalu tersedia. Parstok tiap-tiap linen harus cukup agar sirkulasi linen untuk FB menjadi lancer
Tata Hidangan (Food and Beverage)
-
Memberitahukan linen yang sudah tidak
dapat dipakai sehingga dapat diganti dengan yang baru.
-
Menentukan motif linen yang diperlukan
sesuai dengan outlets.
-
Menyediakan function
order dari setiap kegiatan yang dilakukan pada meeting room.
-
Memberitahukan housekeeping terhadap
kebutuhan linen yang diperlukan.
Housekeeping (Tata Graha)
-
Menyediakan kebutuhan linen sesuai
dengan permintaan dari tiap-tiap FB outlets.
-
Menyediakan rangkaian bunga baik untuk
keperluan outlets maupun meeting room.
-
Memberitahukan room service untuk
mem-pick up peralatan dari room service yang ada di kamar.
-
Membuat program pembersihan setiap
outlet secara periodik
-
Menentukan parstock setiap linen sesuai
dengan kebutuhan setiap outlet.
-
Menyediakan kebutuhan uniform bagi
setiap kegiatan FB.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
BERKOMENTARLAH DENGAN BIJAK DENGAN MENJAGA TATA KRAMA TANPA MENGHINA SUATU RAS, SUKU, DAN BUDAYA