CLICK FOR CLAIM PROMO !

Minggu, 12 April 2020

CARA DAFTAR KARTU PRAKERJA DI BALI JAWA

Subscribe
CARA MENDAFTAR KARTU PRAKERJA
  1. Membuat akun Prakerja  Masuk ke situs www.prakerja.go.id ( www.prakerja.go.id daftar) Masukan nama lengkap, alamat email, dan kata sandi baru Cek email dari Kartu Prakerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun email. Setelah konfirmasi akun email berhasil, kembali ke situs Prakerja 
  2. Isi data diri Masuk ke akun dengan alamat email dan kata sandi yang baru dibuat Masukan nomor KTP dan tanggal lahir, lalu klik "Berikutnya". Isi data diri dengan lengkap formulir kartu prakerja (nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, dan foto selfie dengan KTP), lalu klik "Berikutnya" Masukan nomor telepon dan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS 
  3. Ikuti tes

  •  Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama 15 menit. 
  • Siapkan alat tulis dan kertas 
  • bila perlu Tunggu email pemberitahuan dari Kartu Prakerja setelah menyelesaikan tes Setelah mendapatkan email pemberitahuan, kembali ke situs, dan gabung ke gelombang pendaftaran. 
  • Setelah melewati tahapan cara mendapatkan Kartu Prakerja tersebut ( cara mendaftar Kartu Prakerja), peserta tinggal menunggu notifikasi apakah diterima atau tidak sebagai peserta Kartu Prakerja 2020. 
HAK YANG DITERIMA

Peserta Kartu Prakerja Akan Terima Duit Rp 3,55 Juta dan Ditransfer ke Rekening Peserta terima uang Rp 3.550.000 Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Purbasari, mengatakan setiap peserta nantinya akan mendapatkan uang insentif sebesar Rp 3.550.000 yang dikirimkan bertahap selama empat bulan. Program Kartu Prakerja akan menyasar sekitar 5,6 juta peserta di tahun 2020, dengan besaran bantuan pelatihan dan insentif yang diterima oleh masing-masing peserta sebesar Rp 3.550.000,"
Insentif akan disalurkan melalui rekening e-wallet atau rekening bank peserta yang telah didaftarkan di akun www.prakerja.go.id. Insentif akan disalurkan secara bertahap, peserta dapat cek statusnya di Dashborad akun masing-masing. Insentif dapat gunakan untuk apa saja, apakah untuk meringankan biaya yang sudah peserta habiskan ketika pelatihan seperti makan, transport, dan pulsa. Atau juga untuk meringankan biaya selama mencari pekerjaan. 
TIPS:  Mau Lolos Daftar Kartu Prakerja? Berikut Tahapan Tes dan Seleksinya Untuk bisa daftar Kartu Prakerja, tahapan pembuatan akun hingga proses tes dan seleksi dilakukan secara online di Prakerja.go.id (www.prakerja.go.id daftar). 
"Pekerja formal/informal yang terdampak wabah virus corona atau Covid-19 dapat mendaftarkan diri di situs resmi Program di www.prakerja.go.id mulai minggu kedua April," kata Denny. Manfaat Program Kartu Prakerja 2020 sebesar Rp 3.550.000 terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp 1.000.000, insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan, dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 50.000 per survei untuk tiga kali survei atau total Rp 150.000 per peserta. Menurut Denny, setiap peserta program hanya dapat mengikuti program sebanyak satu kali. Insentif dibayarkan setelah peserta menyelesaikan minimal satu kali pelatihan. 
Catat, Kartu Prakerja Diprioritaskan untuk Pengangguran Muda Cara mendapatkan Kartu Prakerja bisa dilakukan secara online (daftar online Kartu Prakerja) di laman resmi www.prakerja.go.id. Kendati demikian, sebelum dinyatakan lolos sebagai peserta Kartu Prakerja, calon pendaftar terlebih dahulu harus melewati serangkaian tes dan seleksi secara online di laman Prakerja.go.id. Tahapan tes dan seleksi Dikutip dari keterangan resminya, setiap pendaftar harus mengikuti tes pada situs resmi Kartu Prakerja untuk memenuhi keseluruhan proses pendaftaran. 
UJIAN ATAU TES YANG DILAKSANAKAN
Tes merupakan salah satu komponen yang mempengaruhi kelolosan. Tahapan tes dan seleksi Kartu Prakerja dilakukan dalam beberapa batch (seleksi) yang mempunyai periode tertentu dan kuota, pada saat calon peserta melakukan proses pendaftaran, jangan lupa segera untuk ikut seleksi batch agar tidak ketinggalan kuota. Setelah melewati tahapan cara mendapatkan Kartu Prakerja tersebut (cara mendaftar Kartu Prakerja), peserta tinggal menunggu notifikasi apakah diterima atau tidak sebagai peserta Kartu Prakerja 2020. 
Bukan Pengangguran, Bolehkah Karyawan Ikut Daftar Kartu Prakerja? Seleksi batch ini sangat mempengaruhi kelolosan. Apabila calon peserta tidak mendapatkan kuota batch yang dipilihnya saat pendaftaran online, pendaftar dapat mengikuti seleksi periode batch berikutnya. Pemilihan batch baru setiap calon peserta akan di evaluasi kembali. Berikutnya, pendaftar akan menerima notifikasi lolos atau tidak di dashboard akun yang sudah dibuat. Untuk waktu yang diberikan selama seleksi Kartu Prakerja, tes tidak ada limit waktu, pendaftar bisa menggunakan alat bantu (kertas, pensil/pulpen) untuk menyelesaikan soal tes. Jika dinyatakan tidak lolos, calon peserta masih bisa mendaftar kembali untuk batch selanjutnya. Pendaftar tidak perlu memasukkan semua data lagi untuk pendaftaran ulang untuk bisa memilih batch berikutnya/batch lainnya.

Menurut Informasi dari Bali Express dan Jawa Pos

TABANAN, BALI EXPRESS - Kartu Pra Kerja akan segera dirilis oleh pemerintah, di mana nantinya peserta program ini akan mendapatkan bantuan insentif untuk pelatihan. Untuk di Tabanan sendiri, peserta diprioritaskan pada pekerja yang terkena PHK dampak dari penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabanan I Putu Santika mengatakan, Bali termasuk daerah yang diprioritas pusat untuk mendapatkan program tersebut bersama dua provinsi lainnya yakni Sulawesi Utara dan Kepulauan Riau. 
Namun belum ada jumlah yang diberikan oleh pusat mengenai kuota peserta karena pendaftaran baru akan di mulai awal April 2020. "Terlebih nanti seleksi akan langsung dilakukan oleh pusat," ujarnya Jumat (27/3).
Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi/skill melalui bantuan biaya pelatihan yang diberikan kepada semua WNI yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah/kuliah. Program pelatihan yang dapat diambil dalam Kartu Prakerja berbasis online dan offline. Besaran bantuan biaya pelatihan yang diterima oleh peserta bervariasi, hingga maksimal sebesar Rp 7 juta sekali seumur hidup. 
Pemerintah akan membayarkan biaya pelatihan itu kepada lembaga pelatihan melalui platform digital. Platform digital yang bekerja sama antara lain: Tokopedia, Bukalapak, Skill Academy by Ruangguru, MauBelajarApa, HarukaEdu, PijarMahir, Sekolah.mu dan Sisnaker. Informasi terkini mengenai Kartu Prakerja sudah dapat diakses di situs resmi Kartu Prakerja (www.prakerja.go.id) mulai Jumat 20 
Maret 2020. Sedangkan, registrasi akan dimulai pada awal April 2020. Kemenko Perekonomian sebagai ketua Komite Cipta Kerja adalah penanggung jawab program Kartu Prakerja, dan Manajemen Pelaksana adalah pelaksana operasional program.
Adapun skema Kartu Prakerja sangat mudah untuk diikuti, yakni setiap WNI di atas 18 tahun bisa mendaftarkan diri secara online di situs Kartu Prakerja. Kemudian, mereka bisa memilih berbagai jenis pelatihan melalui platform digital mitra resmi pemerintah. Selain dapat diakses pada www.prakerja.go.id, informasi mengenai Kartu Prakerja dan pelatihan y juga dapat diakses melalui delapan platform digital milik mitra resmi pemerintah. 
Registrasi untuk Kartu Prakerja baru akan dibuka pada awal April 2020. Terdapat dua jenis pelatihan yang diberikan, yaitu daring (online) maupun tatap muka (offline). Juga ada pilihan program pelatihan 3-in-1 (three in one) yaitu pelatihan, sertifikasi, dan penempatan yang tepat untuk pencari kerja. Untuk setiap jenis program, pemerintah bersama platform digital
menyeleksi lembaga pelatihan yang berkualitas baik dan sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja. Para penyedia pelatihan dalam program Kartu Prakerja termasuk lembaga pelatihan swasta, lembaga pelatihan pemerintah, training center industri, universitas dan institusi pendidikan vokasi.
Ditambahkannya, jika pekerja yang menjadi peserta program tersebut dapat lanhsung mendaftar pada link yang diberikan atau secara offline di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabanan. Berdasarkan informasi terakhir dari Disnaker Provinsi Bali, yang akan mendapatkan pelatihan pertama adalah pekerja yang kena PHK dampak dari Covid-19 terutama di bidang pariwisata dan manufaktur. 
"Semua yang terkena dampak tersebut boleh mendaftar dan akan diseleksi oleh pusat. PHK-nya harus ada surat keterangan dimana dia dulunya bekerja," sambungnya.
Menurutnya, minggu ini pihaknya memasuki tahapan imbauan dan diminta untuk melaporkan ke pusat berapa LPK yang siap memberikan pelatihan di Kabupaten Tabanan. "Tapi sebelum situasi kondusif akibat COVID-19 ini, maka pelatihan akan diberikan secara online," tandasnya.



Menurut sumber CNN
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200412090203-92-492718/syarat-mendaftar-program-kartu-prakerja
Pemerintah resmi membuka pendaftaran kartu prakerja untuk gelombang pertama pada Sabtu (11/4). Pendaftaran akan dibuka hingga Kamis (16/4) mendatang pukul 16.00 WIB.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan jumlah peserta yang akan diterima pada gelombang pertama sebanyak 164 ribu orang.

Kemudian, peserta yang tak terpilih pada seleksi awal bisa mengikuti gelombang kedua. Namun, calon peserta itu tak perlu mengikuti proses dari awal.

Artinya, mereka yang gagal masuk di gelombang pertama bisa ikut dalam gelombang kedua tanpa harus mengisi lagi data identitas diri, serta tes motivasi dan matematika dasar.

Mengutip laman resmi prakerja.go.id, beberapa syarat mengikuti program kartu prakerja, antara lain calon peserta merupakan warga negara Indonesia (WNI), minimal berusia 18 tahun, dan sedang tak menempuh pendidikan formal.

Dalam hal ini, pemerintah akan melakukan verifikasi data calon peserta terlebih dahulu sebelum memutuskan ke langkah selanjutnya.

Setelah data yang diberikan calon peserta terverifikasi, calon peserta akan mengikuti tes motivasi dan matematika dasar.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui kompetensi dan potensi yang dimiliki calon peserta.

Jika lolos seleksi, peserta bisa memilih jenis pelatihan yang diinginkan dan sesuai dengan kompetensinya masing-masing.

Di sini, peserta bisa mengikuti pelatihan secara daring (online) selama penyebaran virus corona masih meluas di Indonesia.

Pemerintah bekerja sama dengan beberapa platform digital, seperti Tokopedia, Ruang Guru, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, dan Pijar. Sementara, untuk pembayaran bisa dilakukan melalui BNI, OVO, Gopay, dan Link Aja.

Dalam hal ini, setiap peserta akan mendapatkan total insentif bantuan pelatihan sebesar Rp3,55 juta.

Dana itu terdiri dari biaya pelatihan sebesar Rp1 juta, insentif pasca pelatihan Rp600 ribu per bulan selama empat bulan, dan insentif survei sebesar Rp50 ribu untuk tiga kali.

Jika peserta tak mengikuti pelatihan pertama, maka statusnya sebagai peserta di program kartu prakerja langsung hangus dan tak akan mendapatkan insentif yang dijanjikan pemerintah.

Pemerintah menyediakan call center jika ada calon peserta yang kesulitan mendaftar dan menggunakan fasilitas di program kartu prakerja.

Masyarakat bisa menghubungi call center di nomor 021-25541246 dan e-mail di info@prakerja.go.id. Layanan ini buka setiap Senin-Jumat dari pukul 08.00-19.00 WIB.

Sebagai informasi, readyviewed pemerintah akan menyalurkan kartu prakerja kepada 5,6 juta orang terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK) serta pekerja informal yang pendapatannya tertekan akibat penyebaran virus corona.

Program kartu prakerja merupakan janji kampanye Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019 lalu.

Awalnya, pemerintah menargetkan kartu prakerja diluncurkan awal Maret 2020, namun molor.

Simak juga cara daftarnya ya, Link dibawah
https://www.prakerja.go.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERKOMENTARLAH DENGAN BIJAK DENGAN MENJAGA TATA KRAMA TANPA MENGHINA SUATU RAS, SUKU, DAN BUDAYA

SIMAK JUGA ARTIKEL DAN MAKALAH LAINNYA

Soal UAS PKN TAHUN 2017