CLICK FOR CLAIM PROMO !

Minggu, 12 April 2020

17 Tips Cara Menambah Subscriber dan Jam Tayang Channel YouTube Dengan Cepat #EFEKCORONA #DIRUMAHSAJA

Subscribe

17 Tips Cara Menambah Subscriber dan Jam Tayang Channel YouTube Dengan Cepat


1. Tentukan Satu Jenis Konten

Sama halnya saat membangun sebuah blog, yang pertama kita lakukan adalah menentukan satu jenis (niche) konten. Jadi sobat harus tentukan dulu channel yang akan dibuat itu membahas tentang apa, misal tutorial, prank, travelling, review gadget, dan lain-lain. Atau sobat bisa menentukan jenis konten berdasarkan hobi atau profesi sobat. Nah, dengan berdasarkan hobi atau profesi sobat bisa membuat video dengan mudah karena sobat pasti melakukannya dan punya pengalaman dibidang itu. Setelah menentukan jenis konten, sobat tentukan nama channel youtube, bisa menggunakan nama sendiri atau menggunakan nama lain yang menarik.

2. Buat Video Berdurasi Maks. 10 Menit

Untuk sobat yang baru pertama kali membuat video biasanya hanya membuat video durasi pendek, mungkin sekitar 5 menit atau bahkan kurang. Nah, agar channel sobat bisa cepat memenuhi jam tayang untuk mendapatkan iklan, usahakan buat video maksimal berdurasi 10 menit. Jika video sobat ramai ditonton orang pasti akan cepat memenuhi syarat jam tayang untuk menampilkan iklan. Disarankan jangan membuat video yang berdurasi lebih dari 10 menit, takutnya nanti orang yang menonton bisa jenuh, kecuali kalau video sobat sangat menarik dan bermanfaat untuk banyak orang.

3. Buat Thumbnail yang Menarik

Mungkin untuk sobat yang baru membuat channel youtube, biasanya belum bisa untuk memasangkan thumbnail video karena mungkin channelnya masih baru. Tapi jangan khawatir, setelah beberapa waktu pasti akan bisa untuk menambahkan thumbnail video. Nah, jika sudah bisa sobat tambahkan thumbnail pada saat mengupload video. Buatlah thumbnail yang menarik agar orang-orang yang melihat thumbnail video sobat penasaran dan akhirnya orang tersebut mengklik video sobat. Untuk membuat thumbnail bisa melalui pc/android, seperti aplikasi photogrid dan sebagainya.

4. Mengingatkan Orang yang Menonton Untuk Subscribe Channel

Pasti sobat pernah menonton video orang lainkan, biasanya orang yang punya channel pernah bilang "Jangan lupa like, subscribe, & share" di awal atau di akhir video. Nah, untuk sobat yang punya channel yt, jangan ragu atau malu untuk mengingatkan orang untuk subscribe channel sobat (pastinya menggunakan gaya bahasa sendiri ya...). Bahkan Atta Halilintar yang sudah memiliki 19jt subs saja masih mengingatkan orang untuk subscribe channelnya. Jadi kita jangan malu kalau sobat dikatain ngemis subscribe karena setiap youtuber pasti ingin punya subscriber. Tapi, harus juga diimbangi dengan konten yang menarik agar orang yang subscribe bisa selalu menonton video sobat dan menarik perhatian orang yang belum subscribe.

5. Pasang Logo Subscribe di Kanan Bawah Video

Jangan lupa pasang logo subscribe di kanan bawah video. Jika sobat pernah nonton youtube melalui pc atau tablet, pasti sobat lihat logo subscribe di kanan bawah. Nah, sobat juga jangan lupa untuk memasang logo subscribe di channel yt. Untuk tutorial memasang logo subs di kanan bawah,

6. Isi Deskripsi Video

Terkadang sobat youtuber pemula mengabaikan kolom deskripsi dan dibiarkan kosong. Kolom deskripsi ini sangat penting karena pasti akan dibaca orang yang menonton video. Kolom deskripsi itu gunanya untuk menerangkan isi video tersebut. Untuk sobat youtuber jangan lupa mengisikan deskripsi video, jelaskan dengan singkat, padat, jelas, dan sesuaikan dengan judulnya juga.


7. Isikan Tag dalam Video

Nah, setelah mengisi deskripsi video, jangan lupa untuk mengisi tag video di bawah deskripsi tersebut. Tag video harus diisi sesuai dengan pembahasan video atau judul video sobat. Kalau bisa sobat lakukan riset dahulu tag apa yang sering dicari yang berkaitan dengan video. Isikan tag sebanyak mungkin, tapi jangan spam (tag tidak sesuai dengan isi video).

8. Berikan Pin pada Komentar

Pin komentar adalah sebuah komentar yang posisinya berada di atas agar komentar bisa dibaca oleh penonton lainnya. Memberikan pin pada komentar ini juga sangat efektif untuk melakukan promosi untuk video sobat yang lainnya. Sobat bisa berkomentar di video sendiri untuk promosi atau memberikan penjelasan dan komentar sobat pin sendiri. Atau bisa juga komentar orang lain yang di beri pin di video sobat agar bisa dilihat banyak orang.

9. Berikan Like dan Balas Komentar 

Tips yang satu ini cukup menguras waktu karena kita harus balas komentar dan juga berikan like komentar orang-orang. Jika yang berkomentar ada banyak, sobat tidak perlu balas semuanya, pilih yang paling penting untuk di balas. Semakin banyak yang berkomentar video sobat makin bagus untuk video sobat semua.

10. Berkomentar di Video yang Trending

Untuk meningkatkan subscriber sobat bisa lakukan tips ini yaitu berkomentar di video yang trending. Sobat bisa meninggalkan komentar pada video yang trending atau sesuai niche tujuannya untuk menarik perhatian orang-orang agar mengunjungi channel sobat. Jika orang tersebut menyukai video sobat kemungkinan akan disubscribe atau sekedar saling subscribe.

11. Saling Berkunjung dan Subscribe

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, untuk meningkatkan subscriber sobat bisa saling berkunjung channel orang lain, subscribe, dan meninggalkan komentar di video orang untuk saling subscribe. Bisa juga promosi saling subscribe di media sosial. Sebenarnya cara ini kurang efektif tapi bisa sobat coba untuk memperkenalkan channel youtube sobat dan saling subscribe sesama youtuber pemula.

12. Promosi ke Channel yang Ramai

Tips ini bisa dibilang cukup unik untuk menambah subscriber dan memperkenalkan channel youtube. Jika sobat ingin membuat channel youtube kedua, bisa lakukan promosi ke channel youtube sobat yang sudah ramai subscribernya. Banyak juga youtuber yang memiliki lebih dari 1 channel youtube dan dipromosikan ke channelnya yang sudah ramai. Atau bisa juga collab dengan youtuber lain dan mempromosikan channel sobat di channel youtuber lain. Tapi tidak mudah, sobat harus sudah kenal dengan youtuber lain, entah teman atau saudara yang juga punya channel yt yang sudah ramai.

13. Share ke Media Sosial

Untuk menambah subscriber bisa juga dengan men-share channel yt ke media sosial. Cara ini mungkin sudah tidak asing lagi. Tapi hati-hati, jangan sampai melakukan spam karena sosmed sangat rawan menganggap spam (contohnya fb). Jadi sobat lakukan promosi ke sosmed seperlunya saja, kalau bisa share menggunakan shortlink dan berikan gambar yang menarik di sosmed.

14. Menambahkan Video di Blog / Website

Jika sobat mempunyai sebuah website/blog sebenarnya juga sangat menguntungkan, karena bisa menciptakan simbiosis mutualisme. Kita bisa saling mempromosikan situs dan channel. Jadi begini, jika sobat membuat sebuah artikel (contoh tutorial), sobat bisa tambahkan video youtube tutorial tersebut ke dalam artikel. Pada video tersebut di bagian deskripsi tambahkan link yang menuju artikel tersebut. Jadi bisa saling berkaitan dan menguntungkan. Bisa dipahami???

15. Jangan Menggunakan Tool Penambah Subscriber

Untuk membangun sebuah channel rata-rata perlu perjuangan di awal dan tidak bisa instan. Begitu juga untuk memiliki subscriber tidak bisa langsung banyak. Jadi jika sobat pernah mendengar tentang tool penambah subscriber, saran saya jangan gunakan tool tersebut. Jika sobat menggunakan tool tersebut sangatlah tidak baik untuk channel yt, karena akun yt sobat dianggap tidak aktif dan tidak mendapatkan banyak view, suatu saat subscriber bisa berkurang, akun bisa dihapus pihak youtube, channel tidak akan direkomendasikan youtube. Jadi, saran saya jangan menggunakan tool penambah subscriber karena banyak sisi negatifnya.

16. Upload Video Setiap Hari

Sama seperti mengelola blog/situs, kita harus berusaha untuk update konten (video/artikel) setiap hari. Jika tidak bisa setiap hari bisa terjadwal, misal 2 atau 3 hari sekali. Usahakan jangan terlalu lama untuk tidak upload video karena subscriber menginginkan video baru dari channel yang disubs. Jika sobat rajin upload video, mungkin ada salah satu video sobat yang bisa trending di youtube.

17. Selalu Berdoa

Tips terakhir yang wajib dilakukan oleh sobat semua yaitu berdoa. Jadi jika sobat semua sudah berusaha membangun channel youtube dengan sebaik mungkin, selanjutnya hal yang dilakukan adalah selalu berdoa pada tuhan agar impian sobat menjadi youtuber bisa dilancarkan dan sukses.


Oke, mungkin itu saja 17 Tips Cara Menambah Subscriber dan Jam Tayang Channel YouTube Dengan Cepat menurut pengalaman Mas Timon Adiyoso. Jika sobat belum paham dengan penjelasan di atas, sobat bisa kunjungi channel yt Mas Timon Adiyoso agar bisa paham penjelasannya. Semoga bermanfaat dan semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERKOMENTARLAH DENGAN BIJAK DENGAN MENJAGA TATA KRAMA TANPA MENGHINA SUATU RAS, SUKU, DAN BUDAYA

SIMAK JUGA ARTIKEL DAN MAKALAH LAINNYA

Soal UAS PKN TAHUN 2017