CLICK FOR CLAIM PROMO !

Kamis, 02 Juni 2022

CONTOH LAPORAN ON THE JOB TRAINING FONTANA HOTEL BALI

Subscribe

 

GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

FONTANA HOTEL BALI

 

1. Sejarah berdirinya Hotel

Fontana Hotel Bali merupakan hotel bintang 4 yang berdiri megah di kawasan kuta tepatnya di jalan Dewi Sri No. 68, Kuta, Bali . Pusat Kota terletak hanya 2 Km dari bandara dapat ditempuh dalam waktu 20 menit. Hotel yang berlantai 4 ini dibuka sejak tahun 2012. Fontana Hotel Bali menawarkan 136 Kamar yang dibagi menjadi 4 type kamar diantaranya, superior, deluxe,family,dan suite. Jenis kamar superior yang dimiliki oleh Hotel Fontana Bali adalah jenis atau tipe kamar standart, jenis kamar deluxe yang dimiliki oleh Fontana Hotel Bali  adalah jenis kamar yang menegah mewah, jenis kamar family yang dimiliki oleh hotel Fontana Bali adalah jenis kamar yang khusus untuk keluarga, sedangkan kamar jenis suite yang dimiliki oleh Fontana Hotel Bali adalah jenis atau tipe  kamar yang tergolong sangat mewah di hotel Fontana, Masing-masing kamar didukung dengan fasilitas kamar yang lengkap. Hotel ini menawarkan berbagai fasilitas rekreasi , termasuk spa, pijat, kolam anak, kolam renang,pusat kebugaran.

            Fontana hotel bali berlokasi di kawasan sunset road di daerah pertama di bali, dimana memiliki tempat yang sangat strategis, di pinggir jalan dekat banadara legian Fontana Hotel Bali dekat dengan konsulat spanyol, Konsulat Brazil, dan Konsilat Swiss. Tempat-tempat menarik lain dekat dengan resort spa ini mencakup Konsulat dan konsulat belanda, Fontana hotel bali berjarak 10 menit berkendara dari seminyak yang trendi, pantai double six

 

2. Kepemilikan Fontana Hotel Bali

        Lokasi :  berlokasi di Jl. Dewi Sri No. 68, Kuta , Bali berlokasi sangat strategis dimana bila menuju pantai kuta dapat ditempuh dengan sepeda motor selama 15 menit dan 20 menit menuju Bandara Ngurah Rai menggunakan mobil. Hal ini disebabkan karena lokasi dari Fontana Hotel Bali terletak di wilayah Legian . Dibuka : Sejak Tahun 2012 dan bergabung dengan PHM sejak 01 Maret 2016. Ownersh : PHM Collection

 3.   Fasilitas Fontana Hotel Bali

        3.1 Jenis Kamar

             Fontana Hotel Bali terdiri dari 136 kamar dengan desain

         modern yang terdiri dari :

·         Suite room dengan total kamar sebanyak 6

·         Family room dengan total kamar sebanyak 6

·         Deluxe room dengan total  kamar sebanyak 56

·         Superior room dengan total kamar sebanyak 68

 

         3.2 Restaurant & Bar

Fontana Hotel Bali memiliki fasilitas restaurant dan bar diantaranya :

        1.Portabella Bistro                                                                              Salah satunya restaurant yang ada di Fontana Hotel Bali yaitu                                                                                                     Portabella Bistro. Dimana restaurant ini buka dari jam 07:00 s/d 20:00 wita.

                2.Pool & Bar                                      

Bar yang menawarkan sejumlah minuman antara lain : International cocktail , Creation cocktail , mocktail , fresh juice , soft drink , teh dan kopi . Dan juga tersedia menutapas sebagai makanan ringan untuk tamu .Pool & Bar buka dari pukul 10.00 sampai 22.00 .

                  

                                                                                                   

      3.3 Fasilitas Penunjang

              Jasa yang disediakan oleh Fontana Hotel Bali antara lain :

                1.Zuma SPA

              Fontana Hotel Bali memiliki Spa yaitu Zuma Spa yang berada di lantai 4, Zuma Spa ini buka dari jam 09:00 s/d 23:00 wita.

          2.Travelling

Fontana Hotel Bali Memberika Jasa Traveling bagi tamu yang   menginginkan bertualang.

                3. Kids Clubs

    Adalah pusat untuk mendedikasi anak-anak dan menyediakan sarana rekreasi untuk anak-anak. Buka dari pukul 09.00 sampai 22.00.

4.Meeting Room

4.1 Fontana Hotel Bali menyediakan tiga tempat ruang meeting, yaitu :

1. Marilyn  : Dengan luas (64m2)

2. Hepburn : Dengan luas (120m2)

3. Twiggy   : Dengan luas (48m2)

5.Fasilitas lainnya

1). Main Pool yaitu ada 2 diantaranya : Kid Pool Size (4m X 7m ) , Adult Pool Size (7m X 20m ) Open 10 am to 22 pm .

2). Fitness Center

3). Free Wi-fi

4). Bussiness Center

 

 

 

 

 

  

 

 

 

     4. Struktur Organisasi Hotel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5. Struktur Organisasi Housekeeping

 

           HOUSEKEEPING CHART

 

EHK

I Made Sukawidana

Hk SPV

1.       Ria

2.       Niko

Gardener

PA

Room Attendant

Admin

Linen Att

 

 

 

 

 

 

 

 


1.      Radiasa                 1. Puspa           1. Mahardika          1. Hardiani       1. Pandita

                              2. Wahyu         2. Pande

                              3. Ngurah        3. Deni

                              4. Andika        4. Genta

                                                     5. Gartika

                                                     6. Sudana

                                                     7. Gung Dharma

                                                            8. Tut Dika

                                        

6. Tugas dan tanggung jawab masing – masing jawaban

        

6.1  Executive Housekeeper (Pimpinan Housekeeping)

1.      Melakukan rekrutman kariawan,wawancara,melatih serta mengawasi dan melakukan terhadap kariawan secara berkala.

2.      Menyiapkan job description dan standar operating procedure housekeeping.

3.      Memberi penugasan dan terhadap tugas-tugas yang harus dilakukan karyawan di bagian housekeeping.

4.      Membantu room division manager terhadap program perawatan atau perbaikan yang bersangkutan dengan area tanggung jawab housekeeping,terutama di kamar tamu dan public area.

5.      Melakukan pengadaan dan pemberian FF&E  (,Fixture Firniture,dan Equipment).

6.      Melakukan pengawasan pengadaan barang dan pemberian peralatan yang di sediakan untuk operasional sehingga berfungsi sesuai standar yang ditentukan, baik di Housekeeping maupun di laundry.

7.      Melakukan pengawasan terhadap barang lose and found.

6.2   Room Supervisor (Orang Yang Bertugas Memberikan Tugas)

1.      Bertanggung jawab atas kebersihan kamar sesuai dengan standart prosedur yang telah ditentukan.

2.      Memberikan penugasan dan arah terhadap tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh karyawan di floor section.

3.      Melakukan hending over dan floor supervisor pada saat akan melakukan kerja dan hending over pada saat akan menyelesaikan tugas.

4.      Memeriksa daftar hadir room attendant dan order taker setiap hari.

5.      Memeriksa secara teliti kondisi kamar-kamar yang akan digunakan hari itu berdasarkan expected arrival oleh front office.

6.      Memeriksa kerapian kebersihan dan kelengkapan peralatan dan keperluan floor section.

7.      Menjalankan procedure keamanan keselamatan, higenis dan sanitasi .

6.3  Linen Attendant (Orang yang mengurus pakaian ataupun linen)

1.      Bertanggungjawab terhadap pengadaan dan penggatian linen untuk keperluan tata graham,restaurant,bar dan outlet lainnya.

2.      Bertanggungjawab terhadap operasional sehari-hari serta melakukan penyelesaian masalah yang terjadi  di laundry section.

6.4  Admin ( Orang Yang Bertugas Membersihkan Kamar)

1.      Membuat work scudule untuk floor supervisor,office clerk maupun room attendant.

2.      Membuat laporan harian,mingguan maupun bulanan atas penggunaan berbagai obat pembersih oleh room boy serta houseman.

3.      Menerima,mencatat dan merawat barang-barang temuan milik tamu.

4.      Melayani pertukaran kerja room attendant maupun houseman.

5.      Membuat pengumuman untuk housekeeping crew.

6.      Mengakses data tamu maupun room status kedalam komputer.

6.5  Room Attendant (Orang yang bertugas membersihkan kamar)

1.      Menerima penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus dijalankan dari supervisor, termasuk menerima lembar penugasaan Room attendant control sheet dan kunci kamar.

2.      Selalu menyiapkan tugas dengan peralatan kerja guest supplies, cleaning supplies dan equipment untuk menjalankan tugas.

3.      Memeriksa secara teliti atas kamar-kamar yang akan digunakan hari itu berdasarkan expected arrival list.

4.      Melayani tamu atas segala macam keperluan yang mereka butuhkan selama mereka menginap.

6.6  Public Area (Orang Yang Bertugas Membersihkan Area Hotel)

1.      Menghadiri braiping setiap hari.

2.      Memeriksa kebersihan, kerapian dan kelengkapan peralatan public area section.

3.      Menjalantan tugas dengan baik sesuai dengan apa yang telah ditugaskan oleh public area supervisor.

6.7  Gardener (Orang Yang Bertugas Menjaga Kebersihan Kebun)

1.      Bertanggungjawab terhadap tanaman yang berada dikebun hotel.

2.      Memeriksa kebersihan area parkir dan halaman hotel.

 

                                                                                                            

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERKOMENTARLAH DENGAN BIJAK DENGAN MENJAGA TATA KRAMA TANPA MENGHINA SUATU RAS, SUKU, DAN BUDAYA

SIMAK JUGA ARTIKEL DAN MAKALAH LAINNYA

Soal UAS PKN TAHUN 2017