GAMBARAN
UMUM PERUSAHAAN
FONTANA HOTEL BALI
1. Sejarah berdirinya Hotel
Fontana Hotel Bali merupakan hotel bintang 4 yang berdiri megah di kawasan kuta tepatnya
di jalan Dewi Sri No. 68, Kuta, Bali . Pusat Kota terletak hanya 2 Km dari
bandara dapat ditempuh dalam waktu 20 menit. Hotel yang berlantai 4 ini dibuka
sejak tahun 2012. Fontana Hotel Bali menawarkan 136 Kamar yang dibagi menjadi 4
type kamar diantaranya, superior, deluxe,family,dan suite. Jenis kamar superior yang dimiliki oleh Hotel Fontana Bali
adalah jenis atau tipe kamar standart, jenis kamar deluxe yang dimiliki oleh
Fontana Hotel Bali adalah jenis kamar
yang menegah mewah, jenis kamar family yang dimiliki oleh hotel Fontana Bali
adalah jenis kamar yang khusus untuk keluarga, sedangkan kamar jenis suite yang
dimiliki oleh Fontana Hotel Bali adalah jenis atau tipe kamar yang tergolong sangat mewah di hotel
Fontana, Masing-masing kamar didukung dengan fasilitas kamar yang lengkap.
Hotel ini menawarkan berbagai fasilitas rekreasi , termasuk spa, pijat, kolam
anak, kolam renang,pusat kebugaran.
Fontana
hotel bali berlokasi di kawasan sunset road di daerah pertama di bali, dimana
memiliki tempat yang sangat strategis, di pinggir jalan dekat banadara legian
Fontana Hotel Bali dekat dengan konsulat spanyol, Konsulat Brazil, dan Konsilat
Swiss. Tempat-tempat menarik lain dekat dengan resort spa ini mencakup Konsulat
dan konsulat belanda, Fontana hotel bali berjarak 10 menit berkendara dari
seminyak yang trendi, pantai double six
2. Kepemilikan Fontana Hotel Bali
Lokasi :
berlokasi di Jl. Dewi Sri No. 68, Kuta , Bali berlokasi sangat strategis
dimana bila menuju pantai kuta dapat ditempuh dengan sepeda motor selama 15 menit
dan 20 menit menuju Bandara Ngurah Rai menggunakan mobil. Hal ini disebabkan
karena lokasi dari Fontana Hotel Bali
terletak di wilayah Legian . Dibuka : Sejak Tahun 2012 dan bergabung dengan PHM
sejak 01 Maret 2016. Ownersh : PHM Collection
3. Fasilitas
Fontana Hotel Bali
3.1 Jenis Kamar
Fontana
Hotel Bali terdiri dari
136 kamar dengan desain
modern
yang terdiri dari :
·
Suite room
dengan total kamar sebanyak 6
·
Family room
dengan total kamar sebanyak 6
·
Deluxe room
dengan total kamar sebanyak 56
·
Superior room
dengan total kamar sebanyak 68
3.2 Restaurant & Bar
Fontana Hotel
Bali memiliki fasilitas restaurant dan bar diantaranya :
1.Portabella
Bistro Salah satunya restaurant yang ada di Fontana
Hotel Bali yaitu Portabella Bistro. Dimana restaurant ini
buka dari jam 07:00 s/d 20:00 wita.
2.Pool & Bar
Bar yang
menawarkan sejumlah minuman antara lain : International
cocktail , Creation cocktail , mocktail , fresh juice , soft drink , teh dan
kopi . Dan juga tersedia menutapas sebagai makanan ringan untuk tamu .Pool
& Bar buka dari pukul 10.00 sampai 22.00 .
3.3 Fasilitas Penunjang
Jasa yang disediakan oleh Fontana
Hotel Bali antara lain :
1.Zuma
SPA
Fontana Hotel Bali memiliki Spa yaitu Zuma Spa yang berada di lantai 4, Zuma Spa ini buka dari jam 09:00 s/d
23:00 wita.
2.Travelling
Fontana Hotel Bali Memberika Jasa Traveling bagi tamu yang menginginkan bertualang.
3. Kids Clubs
Adalah pusat
untuk mendedikasi anak-anak dan menyediakan sarana rekreasi untuk anak-anak.
Buka dari pukul 09.00 sampai 22.00.
4.Meeting Room
4.1 Fontana Hotel Bali menyediakan tiga tempat ruang meeting, yaitu :
1. Marilyn : Dengan luas (64m2)
2. Hepburn : Dengan luas (120m2)
3. Twiggy : Dengan luas (48m2)
5.Fasilitas lainnya
1). Main Pool yaitu ada 2 diantaranya : Kid Pool Size (4m X 7m ) , Adult Pool Size (7m X 20m ) Open 10 am
to 22 pm .
2). Fitness
Center
3). Free Wi-fi
4). Bussiness
Center
5. Struktur
Organisasi Housekeeping
HOUSEKEEPING CHART
EHK I Made Sukawidana Hk SPV 1. Ria 2. Niko Gardener PA Room Attendant Admin Linen Att
1.
Radiasa 1. Puspa 1. Mahardika 1. Hardiani 1. Pandita
2. Wahyu 2. Pande
3. Ngurah 3. Deni
4. Andika 4. Genta
5. Gartika
6. Sudana
7. Gung Dharma
8.
Tut Dika
6. Tugas
dan tanggung jawab masing – masing jawaban
6.1 Executive Housekeeper (Pimpinan
Housekeeping)
1.
Melakukan
rekrutman kariawan,wawancara,melatih serta mengawasi dan melakukan terhadap kariawan
secara berkala.
2.
Menyiapkan job description dan standar operating procedure housekeeping.
3.
Memberi
penugasan dan terhadap tugas-tugas yang harus dilakukan karyawan di bagian
housekeeping.
4.
Membantu room
division manager terhadap program perawatan atau perbaikan yang bersangkutan
dengan area tanggung jawab housekeeping,terutama di kamar tamu dan public area.
5.
Melakukan
pengadaan dan pemberian FF&E (,Fixture Firniture,dan Equipment).
6.
Melakukan
pengawasan pengadaan barang dan pemberian peralatan yang di sediakan untuk
operasional sehingga berfungsi sesuai standar yang ditentukan, baik di
Housekeeping maupun di laundry.
7.
Melakukan
pengawasan terhadap barang lose and found.
6.2 Room
Supervisor (Orang Yang Bertugas Memberikan Tugas)
1.
Bertanggung
jawab atas kebersihan kamar sesuai dengan standart prosedur yang telah
ditentukan.
2.
Memberikan
penugasan dan arah terhadap tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh karyawan di
floor section.
3.
Melakukan
hending over dan floor supervisor pada saat akan melakukan kerja dan hending
over pada saat akan menyelesaikan tugas.
4.
Memeriksa daftar
hadir room attendant dan order taker setiap hari.
5.
Memeriksa secara
teliti kondisi kamar-kamar yang akan digunakan hari itu berdasarkan expected arrival
oleh front office.
6.
Memeriksa
kerapian kebersihan dan kelengkapan peralatan dan keperluan floor section.
7.
Menjalankan
procedure keamanan keselamatan, higenis
dan sanitasi .
6.3 Linen Attendant (Orang yang mengurus pakaian ataupun linen)
1.
Bertanggungjawab
terhadap pengadaan dan penggatian linen untuk keperluan tata graham,restaurant,bar dan outlet lainnya.
2.
Bertanggungjawab
terhadap operasional sehari-hari serta melakukan penyelesaian masalah yang
terjadi di laundry section.
6.4 Admin ( Orang Yang Bertugas Membersihkan Kamar)
1.
Membuat
work scudule untuk floor
supervisor,office clerk maupun room
attendant.
2.
Membuat
laporan harian,mingguan maupun bulanan atas penggunaan berbagai obat pembersih
oleh room boy serta houseman.
3.
Menerima,mencatat
dan merawat barang-barang temuan milik tamu.
4.
Melayani
pertukaran kerja room attendant maupun houseman.
5.
Membuat
pengumuman untuk housekeeping crew.
6.
Mengakses data
tamu maupun room status kedalam komputer.
6.5 Room Attendant (Orang yang bertugas membersihkan kamar)
1.
Menerima
penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus dijalankan dari supervisor, termasuk menerima lembar
penugasaan Room attendant control sheet dan
kunci kamar.
2.
Selalu
menyiapkan tugas dengan peralatan kerja guest
supplies, cleaning supplies dan equipment
untuk menjalankan tugas.
3.
Memeriksa secara
teliti atas kamar-kamar yang akan digunakan hari itu berdasarkan expected arrival list.
4.
Melayani tamu
atas segala macam keperluan yang mereka butuhkan selama mereka menginap.
6.6 Public Area (Orang Yang Bertugas Membersihkan Area Hotel)
1.
Menghadiri
braiping setiap hari.
2.
Memeriksa
kebersihan, kerapian dan kelengkapan peralatan public area section.
3.
Menjalantan
tugas dengan baik sesuai dengan apa yang telah ditugaskan oleh public area supervisor.
6.7 Gardener (Orang Yang Bertugas Menjaga Kebersihan Kebun)
1.
Bertanggungjawab
terhadap tanaman yang berada dikebun hotel.
2.
Memeriksa
kebersihan area parkir dan halaman hotel.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
BERKOMENTARLAH DENGAN BIJAK DENGAN MENJAGA TATA KRAMA TANPA MENGHINA SUATU RAS, SUKU, DAN BUDAYA