RINGKASAN JURNAL KEGIATAN
PRAKTEK KERJA NYATA ( PKN)
Prosedur
Kerja Dalam Pelaksanaan Praktek Kerja Nyata
Adapun
prosedur kerja di FONTANA HOTEL BALI Yang har-us dipatuhi dan dilaksanakan oleh
seluruh karyawan termasuk training adalah sebagai berikut
1.
Absensi/Posting
Setiap
karyawan / training wajib melakukan posting ketika datang dan pulang dengan
menggunakanfingerPrint absen.
2.
Seragam 'Uniform
Setiap
karyawan HOTEL BALI menggunakan Uniform Yang telah ditentukan Oleh pihak hotel
sesuai dengan departement masing masing. Untuk traimng menggunakan baju polo
putih,celana hitam panjang,kaos kaki hitam dan menggunakan sepatu hitam. Baju
polo putih Yang sudah disediakan Oleh pihak hotel dan menggunakan name tag
khusus tmining.
3.
Persiapan ( Preparation )
Persiapan
disini dimaksud adalah sebagai berikut :
Persiapkan Diri Membersihkan
Kuku dan Merapikan Rambut
2.
Tidak boleh berkumis dan berjenggot
3.
Tidak boleh ada bulu hidung Yang keluar dan jaga
kebersihan telinga
4.
Tangan harus selalu bersih dan memakai deodorant
5.
Menggunakan pakaian Yang di disediakan Oleh hotel
dengan rapi
6.
Jaga bau mulut atau sikat gigi setelah makan
2. Persiapan alat dan bahan
I. Prepare
trolley
2.
Menyiapkan semua alat yang di perlukan untuk
memberslhkan kamar
3.
Menyiapkan sheet, bath towel, hand toweltface
towel, bath math,duve cove.
pillow
cases
4.
Menylapkan guest aminities pada trolly
5.
Menyiapkan chemical yang akan di gunakan
3.
Menyiapkan guest supplies
Menyiapkan
Semua guest supplies yang akan di gunakan di kamar tamu dan di kamar mandi
Datang tepat waktu dengan datang
lebih awal 30 menit dari waktu kern Karena seorang room boy / room maid
berhubungan langsung dengan tamu. Oleh karena itu dituntut untuk menjaga
kebersihan seta kerapian diri baik itu dari segi dalam menata rambut, tidak ada kumis maupun
jenggot dan berpenampilan semenarik mungkin, untuk melakukan hal tersebut maka
dibutuhkan waktu untuk mempersiapkannya, maka itulah gunanya kita datang lebih
awal ketempat kerja sebelum waktu jam kerja dimulai.
2.
Seorang room boy / room maid harus selalu tampil ceriEg sopan, ramah, murah
senyum, nngan tangan dan janganlah menghias diri terlalu mencolok serta memakai
parfum dengan aroma terlalu keras.
11
Persiapan Alat-Alat Pembersih
Cleaning box / caddy
2.
Bottle sprayer
3.
Glass squeezer
4.
Sponge
5.
Water scoop
6.
Bmom
7.
Lobby duster
8. Lobby duster stick
9.
Cotton cloth
10.
Soft cloth
Dust cloth hand glove
12.
Masker
13.
Hand glove
14.
Floor squeezer
15.
Toilet bowl brush
16, Hand brush
17 Trolley
18.
Linen humper
19.
Garbage bag
2. persiapan
Bahan Pembersih
Untuk
melakukan pembersihan terhadap kamar tamu, maka• diperlukan bahan pembersih
antara lain
Lemon Eze
Bahan untuk
membersihkan toilet bowl
2. Glass
cleaner
Bahan untuk
membersihkan permukaan kaca
3. Furniture
polish
Bahan untuk
membersihkan kayu darlfurniture
4. Multi
purpose cleaner
Bahan yang
memiliki fungsi serba gunadan dapat menggantikan Bathroom
Cleaner,
Air Freshener, furniture polish dan lain-lain
5. Pledge
Bahan
digunakan untuk membersihkan marrner dan kayu
6. Air
Freshener
Bahan untuk
pengharum ruanga
1.
Persiapan Lena (Linen)
Lena kamar tidur .
Sheet
2.
Pillow cases
3.
•Cover duvet
4.
Insert duvet
5.
Cover throw pillow
6.
Cover sofa
Blanket
8.
Top sheet
9.
Bed skirt
2. Lena kamar mandi
Towel
(hand, face, and bath towel)
2. Bath nag
Bath robe
4. Kimono for Villa
Coverpillow bath tube
6.
Bidet towel
13
7.
pool towel
2.
Pelaksanaan ( Action)
pada tahap
pelaksanaan ini yang harus dilakukan oleh seorang room attendant adalah sebagai
berikut :
4. Uraian
Tugas Untuk Shift Morning.
Mengikuti briefing pada setiap
shift yang dipimpin oleh supervisor,
2.
Mengambil roomboy control sheet untuk mencatat status
kamar-kamar yang akan dibersihkan baik yang occupied, vacant, vacant—EA
(ExpectedArrival).
ED
(Expected Departure), — EA (Expected Arrival).
Mengambil dan menyiapkan trolley dengan
perlengkapan yang akan digunakan dalam
4.
Mengambil kunci kamar sesuai dengan section masing-masing.
Mulai membersihkan kamar dari kamar
vacant untuk EA atau kamar yang memasang maid service sign dibersihkan lebih
awal.
6. Memencet
bel 3 kali sambil mengucapkan salam ser-ta menyebutkan identitas, bila tidak
ada jawaban buka pintu dengan kunci kamar secara
7. Membukapmtu
secara perlahan, buka semua curtain, ser-ta hidupkan lampu kamar tidur dan
kamar mandi untuk rñemastikan tidak ada lampu yang mati, bila ada lampu yang
mati segera catat kerusakannya dan hubungi engineering untuk memperbaikinya
8. Membuka
pintu balcony lebar-lebar, kemudian mengeluarkan perlengkapan room service jika
dan menghubunginya bahwa di kamar tersebut ada clear up.
9. Mulai melakukan stripping
bed dengan hati-hati agar tidak ada barang tamu yang ikut terbawa pada linen
kotor, kemudan linen yang kotor dibawa
keluar dan diletakkan dalam linen hag pada
trolley.
10. Mengambil sampah dari kamar
tidur dan kamar mandi.
11.
Buang sampah, bersihkan tempat sampah dan ganti basket
paper, serta
bawa caddy untuk membersihkan kamar mandi.
12.
Mulai menata tempat tidur(making bed)
13.
Masuk ke kamar mandi dan bersihkan kanar mandi
berturut-turut mulai dari wash basin, trith tub, dan toile/ bowl.
14.
Keluarkan caddy, ambil towel-towel yang sudah
digunakan tarnu.
15.
Melengkapi kamar mandi dengan towel-towel dan guest
supplies.
16.
Menyapu dari bathmom, kamar tidur dan teras
depam
17.
Melakukan dusting searah jar-um jam.
18.
Melakukan mopping dari bathroom kemudian kamar tidur
sampai pintu
19.
Mengadakan pemeriksaan terakhir terhadap kerapian,
keamanan, serta memastikan tidak ada alat-alat dan bahan pembersih yang
tertinggal
20.
Melaporkan last and found barang-barang tamu jika ada
untuk kamar check
21.
Menutup tirai dan pintu Ser-ta mengunci kembali pintu
kamar
22.
Meneatat dalam roomhoy control sheer tentang status
dari lamanya bekerja dan berapa towel dan linen yang dipakai.
5. Uraian
tugas untuk afternoon shift.
l . Mengikuti briefing untuk
shift afiernoon yang dipimpin oleh supervisor.
2.
Mengambil list untuk mencatat jumlah kamar yang akan
didapat dalam satu section.
3.
Setelah selesai briefing, roomboy mengambil tmlley dan
menyiapkan peralatan dan perlengkapan yang akan digunakan untuk turn down
service.
4.
Mengambil master key agar memudahkan dalam membuka
pintu.
5.
Memencet bel sebanyak 3 kali sambil mengucapkan salam.
Bila tidak ada jawaban buka pintu dengan master key.
6. Memasuki
master key dan membuka pintu secara perlahan-lahan. Buka semua curtain, serta
hidupkan lampu kamar tidur dan kamar mandi
7. Mulai
melakukan open bed / turn down.
Taruh door knob menu dan buka
tutupnya, buku spa, pillow card menu, guest comment, dan weather forecast
diatas bed.
9.
Untuk kamar yang baru check in dilengkapi juga dengan
footmath dibawah bedside table untuk menaruh bed slipper.
10.
Letakkan rangkaian bunga diatas mastng-masrng
pillow.
11.
Taruh minneral water, glass, caster, dan botile opener
di masing-masing bedside table,
12.
Taruh remote TV diatas bedside table kiri yang
dekat dengan telepon dan laundry bag, dry cleaning and pressing bag serta
laundry list diatas bedside table sebelah kanan.
13.
Untuk di bathroom. jika ada towel yang dipakai,
biarkan towel tersebut tetap disana namun kita tambahkan dengan towel yang baru
dan taruh pada tempatnya
14.
Setelah itu matikan semua lampu dan tutup amain Serta
pintu dikunci kernbali.
15.
Catat pada list perlengkapan yang sudah dipakai.
6.
Penutupan (closing)
Menaruh perlengkapan dan peralatan
yang tersisa sesuai dengan jenisnya dengan rapi.
2. Membersihkan
dan menyimpan peralatan yang telah digunakan pada tempatnya
3. Membersihkan
dan menaruh trolley dengan rapi sesuai dengan tempatnya.
4. Mengembalikan
kunci kamar pada tempatnya.
5. Membawa
linen kotor yang ada di linen humper ke laundry
6. Membuang
sampah yang didapat dari kamar pada tempat sampah yang sudah disediakan.
7. Menyerahkan
roomboy control sheet kepada supervisor.
7.
Pembagian Jadwal Selama Prnktek Kerja Nyata
Pembagian
jadwal kerja selama praktek kerja nyata sudah sesuai dengan pembagian di
housekeeping •department seperti, di laundry attendant, PA (public area) dan di
room attendant.
7.1
Laundry
Sebagai
laundryattendant kegiatan yang dilakukan selama praktek kerja nyata adalah
sebagai berikut
I.
Mempersiapkan news paper untuk dikirim ke setiap kantar occupied.
2. Setelah
selesai mengirimkan news paper, tugas yang dilakukan adalah mengambilkan baju
untuk semua karyawan yang akan bekerja.
3. Mencuci
semua soiled linen yang ada di laundry.
4,
Mengambilkan linen-linen yang dibutuhkan Oleh housekeeping dan food &
beverage service.
5. soiled linen yang ada setiap trolley roomboy
untuk dibawa ke laundry untuk dikirimkan ke jasmine laundry dan untuk dicuci.
6. Mengambil
dan mengecek guest laundry jika ada tamu yang ingin mencuci bajunya di hotel.
7. Menyetor
hill/ tagihan guest laundry ke front Office untuk di tanda tangani
8. Hand laundry ke shift selanjutnya
1 _
PA (Public Area) ,4ttendant.
Tugas
/ kegatan yang dilakukan di public area adalah sebagai berikut .
Melakukan washing di masing-masing
section, kecuali di pool.
2. Membersihkan
area masing-masing section.
3.
Membersihkan public toilet seperti di lobby dan pool
4.
Melakukan double check sebelum selesai bekerja
2. Room
Attendant
Kegiatan
yang dilakukan Oleh mom attendant adalah sebagai berikut Mendapatkan arahan (hnefing) dari
superusor tentang informasi tamu yang akan -check-in dan check oui, juga arahan
lainnya seputar kamar tamu
2.
Mempersiapkan trolley yang akan digunakan untuk bekerja untuk
diisi perlengkapan dan alat-alat yang ada di kamar.
3.
Mempersiapkan extra bed jika ada request dari tamu yang
check-
4.
Mulai membersihkan kamar maid service terlebih dahulu,
dilanjutkan dengan kamar EA (Expected Arrival), kemudian kamar ED (Expected
Departure).
5.
Membersihkan dan mempersiapkan longchair yang ada di setiap
Villa.
8.
Perbandingan Antara Teori dengan Pelaksanaan
Praktek Kerja Nyata Perkembangan zaman dan pola pikir manusia pada dunia
pariwisata menyebabkan timbulnya perbedaan antara teori di kampus dengan
pelaksanaan Praktek Kerja Nyata. Perbedaan tersebut antara lain:
Adanya perbedaan nama-nama
perlengkapan yang digunakan di FONTANA HOTEL BAL' dengan di kampus.
2. Jika dalam
teori hanya dapat bagaiamana cara menggunakan semua alatalat yang digunakan
dalam bekerja.
3. Sedangkan
dalam prakteknya selain tahu bagaimana cara menggunakannya, kita bisa lebih
tahu cara menggunakan alat-alat dengan lebih efisien dan
4. Skill yang
kita miliki dapat lebih luas / meningkat setelah melakukan praktek kerja nyata
5. Dichecknya
beberapa kamar berstatus DVD karena sesuai pengalaman room attendant bahwa
adanya tamu yang tidak mengetahui fungsi DND sign
9.
Kendala Dan Keberhasilan yang Ditemui Selama
Praktek Kerja Nyata
9. I Kendala.•
l.
Kurang lengkapnya sarana dan yang mendukung kelancaran dalam bekerjakhususnya
untuk room attendant yang disebabkan oleh tidak adanya di housekeeping store dan di
laundry, seperti kurangnya linen, towel, peralatan kerja dan lain-lam. Misalnya
linen dan towel yang sudah out of order atau terdapat noda yang tidak bisa
dioperasionalkan dan juga peralatan kerja yang sudah tidak layak untuk
digunakan ataupun terjadlnya kehilangan ymg disebabkan karena proses
penyimpanan dan penghltungan yang kurang baik.
2. Adanya
peralatan kerja yang seharusnya tidak Iayak pakai atau harus diperbaikl seperti
trolley yang susah didorong karena bagian roda telah mengalaml pengkaratan
92
Keberhasilan:
Penulis dapat menerapkan ilmu
pengetahuan yang didapat dari kampus untuk diterapkan dalam operasional di
hotel sekaligus mengembangkannya
2.
Penulis dapat lebih memahami dunia kerja yang sebenarnya.
3.
Penulis dapat mengetahui bagalrnana cara membina hubungan
baik antara sesama rekan kerja secara profesional
4.
Penulis mendapat berbagai ilmu yang tidak penulis dapatkan di
kampus sep-erti teknik pembersihan yang belum
pernah dipraktekan di kampus
10.
Solusi Untuk Permasalahan Yang Di Hadapi
Dengan
adanya permasalahan yang sudah dipaparkan penulis diatas, maka perlu diadakan
penyelesaim masalah atau jalan keluar yang lebih baik untuk menyelesalkannya,
yaitu sebagai berikut :
1.
Melengkapi sarana dan prasarana yang kurang khususnya untuk room attendant
seperti peralatan untuk melakukan pembersihan kamar tamu maupun perlengkapan
yang lain seperti linen dan towel. Misalnya jika ada linen yang bernoda tetapi
masih bisa untuk ditutupi maka linen tersebut masih dapat digunakan, tetapi
untuk linen yang terdapat noda namun tidak bisa ditutupi maka akan dimasukkan
ke dalam spoting oleh pihak laundry dan juga untuk linen dan towel yang sudah
out of onier agar dapat diganti dengan stock yang baru.
Apabİla
terdapat peralatan kerja yang şeharusnya tidak layak pakaİ atau hanıs
diperbaiki seperti trolley yang susall didorong karena bagian roda telah
mengalami pengkaram maka sebaiknya melaporkan hal tersebut kepada supervisor
agar dilakukan perbaikan atau diganti dengan peralatan yang lebih baik
I I.
Kesimpulan
Darİ
semua hal ini darİ pemblajaran dikampus pengalaman praktek kerja nyata ini
penulis dapat menarık sebuah kesimpula, bahwa dalam melakukan pekerjaan dalam
hal ini adalah pekerjaan sebagai abdi wİsata, kita sebagai pelaku wisata hams
memiIİkİ wawasan yang luas, jiwa yang luas, cerdas maka dari itü kita hanıs
bersİkap terbuka terhadap hal-hal bam dan perkembangkan kepariwisataan terkini,
memilikİ loyalitas tinggİ karena untuk bekerja di hotel, restaurant, perjalanan
wİsata ataupun kapal pesiar tidaklah membutuhkan orang yang pintar sepertİ
professor tetapİ orang yang dibutuhkan memiliki Ioyalitas,integritas serta daya
pikir yang cerdik untuk mencarİ solusİ dan hal-hal kreatif untuk memecahkan
suatu masalah maupun memajukan tempat kerjanya sendiri.
12. Saran-saran
Adapun beberapa saran yang dapat penulis sampaikan untuk
pihak hotel :
Sebaiknya pihak hotel bersikap
lebih bijak dengan menambah jumlah tenaga kerja, agar tidak mengganggu jalannya
operasional sehari-hari dan tercapainya kinerja yang lebih maksimal.
2.
Dengan penambahanjumlah karyawan, pihak hotel
dapat memberikan sedikit ruang kepada para karyawan.
3.
Sebaiknya pihak hotel memiliki kesadaran untuk
merawat peralatan dan fasilitas hotel.
12.1 Saran
Untuk Kampus
Adapun beberapa saran yang dapat penulis sampaikan untuk
pihak kampus:
1. Monarch
Cruise Line and Hospitality Training Center harus lebih meningkatkan disiplin
semua mahasiswa, mengingat tuntutan dunia industri lebih kompeten dewasa ini
2. Monarch
Cruise Line and Hospitality Training Center harus dapat meningkatkan keahlian
dan pengetahuan mahasiswanya, mengingat persaingan yang semakin ketat dengan
melengkapi sarana praktek yang lengkap dan berolientasi dengan perkembangan
zaman.
3. Monarch
Cruise Line and Hospitality Training Center sebalknya mengadakan pengenalan
kampus kepada pihak hotel sebagai promosi untuk perekrutan mahasiswa sebagai
calon tenaga kerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
BERKOMENTARLAH DENGAN BIJAK DENGAN MENJAGA TATA KRAMA TANPA MENGHINA SUATU RAS, SUKU, DAN BUDAYA