CLICK FOR CLAIM PROMO !

Kamis, 02 Juni 2022

CONTOH JURNAL KEGIATAN DI HOTEL FONTANA BALI

Subscribe

 

RINGKASAN JURNAL KEGIATAN

PRAKTEK KERJA NYATA ( PKN)

Prosedur Kerja Dalam Pelaksanaan Praktek Kerja Nyata

Adapun prosedur kerja di FONTANA HOTEL BALI Yang har-us dipatuhi dan dilaksanakan oleh seluruh karyawan termasuk training adalah sebagai berikut

1.     Absensi/Posting

Setiap karyawan / training wajib melakukan posting ketika datang dan pulang dengan menggunakanfingerPrint absen.

2.     Seragam 'Uniform

Setiap karyawan HOTEL BALI menggunakan Uniform Yang telah ditentukan Oleh pihak hotel sesuai dengan departement masing masing. Untuk traimng menggunakan baju polo putih,celana hitam panjang,kaos kaki hitam dan menggunakan sepatu hitam. Baju polo putih Yang sudah disediakan Oleh pihak hotel dan menggunakan name tag khusus tmining.

3.     Persiapan ( Preparation )

Persiapan disini dimaksud adalah sebagai berikut :

Persiapkan Diri Membersihkan Kuku dan Merapikan Rambut

2.       Tidak boleh berkumis dan berjenggot

3.       Tidak boleh ada bulu hidung Yang keluar dan jaga kebersihan telinga

4.       Tangan harus selalu bersih dan memakai deodorant

5.       Menggunakan pakaian Yang di disediakan Oleh hotel dengan rapi

6.       Jaga bau mulut atau sikat gigi setelah makan

2. Persiapan alat dan bahan

I. Prepare trolley

2.  Menyiapkan semua alat yang di perlukan untuk memberslhkan kamar

3.  Menyiapkan sheet, bath towel, hand toweltface towel, bath math,duve cove.

pillow cases

4.  Menylapkan guest aminities pada trolly

5.  Menyiapkan chemical yang akan di gunakan

3. Menyiapkan guest supplies

Menyiapkan Semua guest supplies yang akan di gunakan di kamar tamu dan di kamar mandi

Datang tepat waktu dengan datang lebih awal 30 menit dari waktu kern Karena seorang room boy / room maid berhubungan langsung dengan tamu. Oleh karena itu dituntut untuk menjaga kebersihan seta kerapian diri baik itu dari segi  dalam menata rambut, tidak ada kumis maupun jenggot dan berpenampilan semenarik mungkin, untuk melakukan hal tersebut maka dibutuhkan waktu untuk mempersiapkannya, maka itulah gunanya kita datang lebih awal ketempat kerja sebelum waktu jam kerja dimulai.

2. Seorang room boy / room maid harus selalu tampil ceriEg sopan, ramah, murah senyum, nngan tangan dan janganlah menghias diri terlalu mencolok serta memakai parfum dengan aroma terlalu keras.

11

Persiapan Alat-Alat Pembersih

Cleaning box / caddy

2.                  Bottle sprayer

3.                  Glass squeezer

4.                  Sponge

5.                  Water scoop

6.                  Bmom

7.                  Lobby duster

                    8.        Lobby duster stick

9.                  Cotton cloth

10.              Soft cloth

Dust cloth hand glove

12.             Masker

13.             Hand glove

14.             Floor squeezer

15.             Toilet bowl brush

                    16,       Hand brush

                           17            Trolley

18.             Linen humper

19.             Garbage bag

            2.              persiapan Bahan Pembersih

Untuk melakukan pembersihan terhadap kamar tamu, maka• diperlukan bahan pembersih antara lain

Lemon Eze

Bahan untuk membersihkan toilet bowl

2.      Glass cleaner

Bahan untuk membersihkan permukaan kaca

3.      Furniture polish

Bahan untuk membersihkan kayu darlfurniture

4.      Multi purpose cleaner

Bahan yang memiliki fungsi serba gunadan dapat menggantikan Bathroom

Cleaner, Air Freshener, furniture polish dan lain-lain

5.      Pledge

Bahan digunakan untuk membersihkan marrner dan kayu

6.      Air Freshener

Bahan untuk pengharum ruanga

1.              Persiapan Lena (Linen)


Lena kamar tidur .

                                          Sheet

2.              Pillow cases

3.              •Cover duvet

4.              Insert duvet

5.              Cover throw pillow

6.              Cover sofa

                                                        Blanket

8.                Top sheet

9.                Bed skirt

                      2.        Lena kamar mandi

                                                            Towel (hand, face, and bath towel)

                                               2.          Bath nag

                                          Bath robe

                                               4.           Kimono for Villa

                                          Coverpillow bath tube

6.             Bidet towel

13

7.             pool towel

2. Pelaksanaan ( Action)

pada tahap pelaksanaan ini yang harus dilakukan oleh seorang room attendant adalah sebagai berikut :

4.      Uraian Tugas Untuk Shift Morning.

Mengikuti briefing pada setiap shift yang dipimpin oleh supervisor,

2.      Mengambil roomboy control sheet untuk mencatat status kamar-kamar yang akan dibersihkan baik yang occupied, vacant, vacant—EA (ExpectedArrival).

ED (Expected Departure), — EA (Expected Arrival).

 Mengambil dan menyiapkan trolley dengan perlengkapan yang akan digunakan dalam

4. Mengambil kunci kamar sesuai dengan section masing-masing.

Mulai membersihkan kamar dari kamar vacant untuk EA atau kamar yang memasang maid service sign dibersihkan lebih awal.

6.      Memencet bel 3 kali sambil mengucapkan salam ser-ta menyebutkan identitas, bila tidak ada jawaban buka pintu dengan kunci kamar secara

7.      Membukapmtu secara perlahan, buka semua curtain, ser-ta hidupkan lampu kamar tidur dan kamar mandi untuk rñemastikan tidak ada lampu yang mati, bila ada lampu yang mati segera catat kerusakannya dan hubungi engineering untuk memperbaikinya

8.      Membuka pintu balcony lebar-lebar, kemudian mengeluarkan perlengkapan room service jika dan menghubunginya bahwa di kamar tersebut ada clear up.


9. Mulai melakukan stripping bed dengan hati-hati agar tidak ada barang tamu yang ikut terbawa pada linen kotor, kemudan linen yang kotor dibawa

keluar dan diletakkan dalam linen hag pada trolley.

10. Mengambil sampah dari kamar tidur dan kamar mandi.

11.  Buang sampah, bersihkan tempat sampah dan ganti basket paper, serta

bawa caddy untuk membersihkan kamar mandi.

12.  Mulai menata tempat tidur(making bed)

13.  Masuk ke kamar mandi dan bersihkan kanar mandi berturut-turut mulai dari wash basin, trith tub, dan toile/ bowl.

14.  Keluarkan caddy, ambil towel-towel yang sudah digunakan tarnu.

15.  Melengkapi kamar mandi dengan towel-towel dan guest supplies.

16.  Menyapu dari bathmom, kamar tidur dan teras depam

17.  Melakukan dusting searah jar-um jam.

18.  Melakukan mopping dari bathroom kemudian kamar tidur sampai pintu

19.  Mengadakan pemeriksaan terakhir terhadap kerapian, keamanan, serta memastikan tidak ada alat-alat dan bahan pembersih yang tertinggal

20.  Melaporkan last and found barang-barang tamu jika ada untuk kamar check

21.  Menutup tirai dan pintu Ser-ta mengunci kembali pintu kamar

22.  Meneatat dalam roomhoy control sheer tentang status dari lamanya bekerja dan berapa towel dan linen yang dipakai.

5.      Uraian tugas untuk afternoon shift.

l . Mengikuti briefing untuk shift afiernoon yang dipimpin oleh supervisor.

2.      Mengambil list untuk mencatat jumlah kamar yang akan didapat dalam satu section.

3.      Setelah selesai briefing, roomboy mengambil tmlley dan menyiapkan peralatan dan perlengkapan yang akan digunakan untuk turn down service.

4.      Mengambil master key agar memudahkan dalam membuka pintu.

5.      Memencet bel sebanyak 3 kali sambil mengucapkan salam. Bila tidak ada jawaban buka pintu dengan master key.

6.      Memasuki master key dan membuka pintu secara perlahan-lahan. Buka semua curtain, serta hidupkan lampu kamar tidur dan kamar mandi

7.      Mulai melakukan open bed / turn down.

Taruh door knob menu dan buka tutupnya, buku spa, pillow card menu, guest comment, dan weather forecast diatas bed.

9.     Untuk kamar yang baru check in dilengkapi juga dengan footmath dibawah bedside table untuk menaruh bed slipper.

10. Letakkan rangkaian bunga diatas mastng-masrng pillow.

11. Taruh minneral water, glass, caster, dan botile opener di masing-masing bedside table,

12. Taruh remote TV diatas bedside table kiri yang dekat dengan telepon dan laundry bag, dry cleaning and pressing bag serta laundry list diatas bedside table sebelah kanan.

13. Untuk di bathroom. jika ada towel yang dipakai, biarkan towel tersebut tetap disana namun kita tambahkan dengan towel yang baru dan taruh pada tempatnya

14. Setelah itu matikan semua lampu dan tutup amain Serta pintu dikunci kernbali.

15. Catat pada list perlengkapan yang sudah dipakai.

6.       Penutupan (closing)

Menaruh perlengkapan dan peralatan yang tersisa sesuai dengan jenisnya dengan rapi.

2.      Membersihkan dan menyimpan peralatan yang telah digunakan pada tempatnya

3.      Membersihkan dan menaruh trolley dengan rapi sesuai dengan tempatnya.

4.      Mengembalikan kunci kamar pada tempatnya.

5.      Membawa linen kotor yang ada di linen humper ke laundry

6.      Membuang sampah yang didapat dari kamar pada tempat sampah yang sudah disediakan.

7.      Menyerahkan roomboy control sheet kepada supervisor.

7.       Pembagian Jadwal Selama Prnktek Kerja Nyata

Pembagian jadwal kerja selama praktek kerja nyata sudah sesuai dengan pembagian di housekeeping •department seperti, di laundry attendant, PA (public area) dan di room attendant.

7.1 Laundry

Sebagai laundryattendant kegiatan yang dilakukan selama praktek kerja nyata adalah sebagai berikut

I. Mempersiapkan news paper untuk dikirim ke setiap kantar occupied.

2.   Setelah selesai mengirimkan news paper, tugas yang dilakukan adalah mengambilkan baju untuk semua karyawan yang akan bekerja.

3.   Mencuci semua soiled linen yang ada di laundry.

4, Mengambilkan linen-linen yang dibutuhkan Oleh housekeeping dan food & beverage service.

5.    soiled linen yang ada setiap trolley roomboy untuk dibawa ke laundry untuk dikirimkan ke jasmine laundry dan untuk dicuci.

6.   Mengambil dan mengecek guest laundry jika ada tamu yang ingin mencuci bajunya di hotel.

7.   Menyetor hill/ tagihan guest laundry ke front Office untuk di tanda tangani

           8. Hand        laundry ke shift selanjutnya

1 _ PA (Public Area) ,4ttendant.

Tugas / kegatan yang dilakukan di public area adalah sebagai berikut .

Melakukan washing di masing-masing section, kecuali di pool.

                         2.            Membersihkan area masing-masing section.

3.         Membersihkan public toilet seperti di lobby            dan pool

4.         Melakukan double check sebelum selesai bekerja

2. Room Attendant

Kegiatan yang dilakukan Oleh mom attendant adalah sebagai berikut Mendapatkan arahan (hnefing) dari superusor tentang informasi tamu yang akan -check-in dan check oui, juga arahan lainnya seputar kamar tamu

2.            Mempersiapkan trolley yang akan digunakan untuk bekerja untuk diisi perlengkapan dan alat-alat yang ada di kamar.

3.            Mempersiapkan extra bed jika ada request dari tamu yang check-

4.            Mulai membersihkan kamar maid service terlebih dahulu, dilanjutkan dengan kamar EA (Expected Arrival), kemudian kamar ED (Expected Departure).

5.            Membersihkan dan mempersiapkan longchair yang ada di setiap

Villa.

8.        Perbandingan Antara Teori dengan Pelaksanaan Praktek Kerja Nyata Perkembangan zaman dan pola pikir manusia pada dunia pariwisata menyebabkan timbulnya perbedaan antara teori di kampus dengan pelaksanaan Praktek Kerja Nyata. Perbedaan tersebut antara lain:

Adanya perbedaan nama-nama perlengkapan yang digunakan di FONTANA HOTEL BAL' dengan di kampus.

2.      Jika dalam teori hanya dapat bagaiamana cara menggunakan semua alatalat yang digunakan dalam bekerja.

3.      Sedangkan dalam prakteknya selain tahu bagaimana cara menggunakannya, kita bisa lebih tahu cara menggunakan alat-alat dengan lebih efisien dan

4.      Skill yang kita miliki dapat lebih luas / meningkat setelah melakukan praktek kerja nyata

5.      Dichecknya beberapa kamar berstatus DVD karena sesuai pengalaman room attendant bahwa adanya tamu yang tidak mengetahui fungsi DND sign

9.        Kendala Dan Keberhasilan yang Ditemui Selama Praktek Kerja Nyata

9. I Kendala.•

l. Kurang lengkapnya sarana dan yang mendukung kelancaran dalam bekerjakhususnya untuk room attendant yang disebabkan oleh tidak adanya di housekeeping store dan di laundry, seperti kurangnya linen, towel, peralatan kerja dan lain-lam. Misalnya linen dan towel yang sudah out of order atau terdapat noda yang tidak bisa dioperasionalkan dan juga peralatan kerja yang sudah tidak layak untuk digunakan ataupun terjadlnya kehilangan ymg disebabkan karena proses penyimpanan dan penghltungan yang kurang baik.

2. Adanya peralatan kerja yang seharusnya tidak Iayak pakai atau harus diperbaikl seperti trolley yang susah didorong karena bagian roda telah mengalaml pengkaratan

92 Keberhasilan:

Penulis dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang didapat dari kampus untuk diterapkan dalam operasional di hotel sekaligus mengembangkannya

2.                 Penulis dapat lebih memahami dunia kerja yang sebenarnya.

3.                 Penulis dapat mengetahui bagalrnana cara membina hubungan baik antara sesama rekan kerja secara profesional

4.                 Penulis mendapat berbagai ilmu yang tidak penulis dapatkan di kampus sep-erti teknik pembersihan yang belum pernah dipraktekan di kampus

10. Solusi Untuk Permasalahan Yang Di Hadapi

Dengan adanya permasalahan yang sudah dipaparkan penulis diatas, maka perlu diadakan penyelesaim masalah atau jalan keluar yang lebih baik untuk menyelesalkannya, yaitu sebagai berikut :

1. Melengkapi sarana dan prasarana yang kurang khususnya untuk room attendant seperti peralatan untuk melakukan pembersihan kamar tamu maupun perlengkapan yang lain seperti linen dan towel. Misalnya jika ada linen yang bernoda tetapi masih bisa untuk ditutupi maka linen tersebut masih dapat digunakan, tetapi untuk linen yang terdapat noda namun tidak bisa ditutupi maka akan dimasukkan ke dalam spoting oleh pihak laundry dan juga untuk linen dan towel yang sudah out of onier agar dapat diganti dengan stock yang baru.

Apabİla terdapat peralatan kerja yang şeharusnya tidak layak pakaİ atau hanıs diperbaiki seperti trolley yang susall didorong karena bagian roda telah mengalami pengkaram maka sebaiknya melaporkan hal tersebut kepada supervisor agar dilakukan perbaikan atau diganti dengan peralatan yang lebih baik

I I. Kesimpulan

Darİ semua hal ini darİ pemblajaran dikampus pengalaman praktek kerja nyata ini penulis dapat menarık sebuah kesimpula, bahwa dalam melakukan pekerjaan dalam hal ini adalah pekerjaan sebagai abdi wİsata, kita sebagai pelaku wisata hams memiIİkİ wawasan yang luas, jiwa yang luas, cerdas maka dari itü kita hanıs bersİkap terbuka terhadap hal-hal bam dan perkembangkan kepariwisataan terkini, memilikİ loyalitas tinggİ karena untuk bekerja di hotel, restaurant, perjalanan wİsata ataupun kapal pesiar tidaklah membutuhkan orang yang pintar sepertİ professor tetapİ orang yang dibutuhkan memiliki Ioyalitas,integritas serta daya pikir yang cerdik untuk mencarİ solusİ dan hal-hal kreatif untuk memecahkan suatu masalah maupun memajukan tempat kerjanya sendiri.

12. Saran-saran

Adapun beberapa saran yang dapat penulis sampaikan untuk pihak hotel :

Sebaiknya pihak hotel bersikap lebih bijak dengan menambah jumlah tenaga kerja, agar tidak mengganggu jalannya operasional sehari-hari dan tercapainya kinerja yang lebih maksimal.

2.     Dengan penambahanjumlah karyawan, pihak hotel dapat memberikan sedikit ruang kepada para karyawan.

3.     Sebaiknya pihak hotel memiliki kesadaran untuk merawat peralatan dan fasilitas hotel.

12.1 Saran Untuk Kampus

Adapun beberapa saran yang dapat penulis sampaikan untuk pihak kampus:

1.    Monarch Cruise Line and Hospitality Training Center harus lebih meningkatkan disiplin semua mahasiswa, mengingat tuntutan dunia industri lebih kompeten dewasa ini

2.    Monarch Cruise Line and Hospitality Training Center harus dapat meningkatkan keahlian dan pengetahuan mahasiswanya, mengingat persaingan yang semakin ketat dengan melengkapi sarana praktek yang lengkap dan berolientasi dengan perkembangan zaman.

3.    Monarch Cruise Line and Hospitality Training Center sebalknya mengadakan pengenalan kampus kepada pihak hotel sebagai promosi untuk perekrutan mahasiswa sebagai calon tenaga kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERKOMENTARLAH DENGAN BIJAK DENGAN MENJAGA TATA KRAMA TANPA MENGHINA SUATU RAS, SUKU, DAN BUDAYA

SIMAK JUGA ARTIKEL DAN MAKALAH LAINNYA

Soal UAS PKN TAHUN 2017