CLICK FOR CLAIM PROMO !

Kamis, 02 Juni 2022

CONTOH LAPORAN AKHIR PKL (PRAKTIK KERJA LAPANGAN DI DISTRO FLICKERS TABANAN)

Subscribe

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1  Latar Belakang

 

Universitas tabanan sebagai salah satu perguruan tinggi memiliki kedudukan yang penting untuk dalam fungsi menyiapkan tenaga kerja yang terampil. Praktik kerja lapangan ( PKL ) merupakan sebuah mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa Universitas Tabanan yang mana di dalamnya tercakup ketiga Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan,Penelitian, dan Pengabdian. strategi  pemasaran  merupakan suatu  hal  yang sangat  penting dan berpengaruh  terhadap  suatu bisnis  atau  usaha.  Maka  tidak  heran  jika setiap  perusahaan  melakukan  berbagai  macam  strategi  pemasaran  agar dapat  meningkatkan  volume  penjualannya.  Dalam meningkatkan  volume  penjualan tersebut,  maka  perusahaan  juga  akan  mendapat   laba  yang  diinginkan.  Semakin  baik  strategi  pemasaran  yang  digunakan  perusahaan  tersebut  maka  akan  semakin  besar  peluang perusahaan  tersebut  untuk memperluas target pasar

 

Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan pelaku bisnis yang bergerak pada berbagai bidang usaha. Di Indonesia, Usaha Mikro Kecil dan Menengah saat ini dianggap sebagai cara yang efektif dalam pengentasan kemiskinan. Dari statistik dan riset yang dilakukan, UMKM mewakili jumlah


kelompok usaha terbesar. UMKM merupakan kelompok ekonomi pelaku ekonomi terbesar dalam perekonomian Indonesia dan terbukti menjadi katup pengaman perekonomian nasional dalam masa krisis, serta menjadi dinamisator pertumbuhan ekonomi pasca krisis ekonomi. Selain menjadi sektor usaha paling kontribusinya terhadap pembangunan nasional, UMKM juga menciptakan peluang kerja yang cukup besar bagi tenaga kerja dalam negeri, sehingga sangat membantu upaya mengurangi pengangguran

 

Perkembangan  dunia  usaha  pada  saat  ini menunjukan  persaingan  yang  semakin  meningkat  ke  arah  penguasaahan  pasar secara luas.  Perusahaan  besar  mupun  kecil,  saling  bersaing  dan  berpacu  untuk  merebut  tempat  pemasaran  dengan  berbagai macam  cara  dan  usaha  supaya  perusahaan dapat  menjual  produk  sebanyak-banyanya  pada  konsumen  yang  membutuhkan.  Untuk  itu perusahaan harus  mendapat  pasar  yang  luas  dengan  metode  strategi  pemasaran  yang telah  di  kuasai  dengan  baik.

 

Dalam  perkebangan  perekonomian  negara  yang  sedang  berkembang  termasuk  Indonesia,  dapat  dirasakan  ada  kemajuan  pesat  didalam  bidang perdagangan.  Salah  satunya  pasar  modern seperti  super market dan  transaksi jual  beli  melalui sosial media. 

Dengan  latar  belakang  tersebut  penulis  tertarik  melakukan  Praktik Kerja    Lapangan ( PKL) di  Distro  Flickers  Tabanan, karena  disini penulis  mendapatkan  pengalaman  mengetahui  dari proses  produk-produk  yangdijual  di Distro Flikers  Tabanan  yang di  jual  hingga  sampai  ke  tangan  konsumen  dengan  pengenalan  produk  yang  baik dan mampu  bersaing  dengan  usaha yang  serupa.

Distro Flickers  Tabanan  tentunya  mempunyai  strategi  pemasaran  agar  mampu  bertahan  dan  terus berkembang  dimana  sekarang  mulai  banyak  usaha  yang  serupa  berjamuran  karena  tertarik  oleh  keuntungan  yang dimana usaha  pakaian  dan  aksesoris  merupakan  kebutuhan  pokok.

Dari uraian diatas, arti  penting  strategi  pemasaran  menentukan  produk  yang dijual  dikenal   oleh  masyarakat  dan  berkebangnya  sebuah  usaha  untuk  tetap meproduksi  produk  barang-barang  baru mengikuti  tren  masyarakat. Maka penulis  tertarik  untuk  menyusun  laporan  dengan  judul “ Strategi  Pemasaran  Distro  Flickers  Tabanan.

 

1.2        Rumusan  Masalah

 

Berdasarkan   latar  berlakang  yang  dikemukakan  diatas,  maka rumusan  masalah  yang  dapat  dijadikan  sebagai  dasar  kajian  dalam  laporan PKL  yang diakukan Distro  Flickers  Tabanan. Salah  satu  masalah  yang  dialami  oleh  Distro  Flickers  Tabanan adalah:

“ Bagaimanakah strategi  pemasaran di  Distro  Flickers  Tabanan ? ”

 

 

 

 

1.3           Tujuan  dan  Manfaat  Praktik  Kerja  Lapangan  (PKL)

 

1.3.1        Tujuan Praktik Kerja Langsung (PKL)

1.       Praktik kerja  memberi  kesrmpatan  kepada untuk  mengenal  dan  mengetahui  secara langsung  tentang strategi  pemasaran  di Distro Flickers Tabanan sebagai  salah  satu  penerapan  disiplin  dan  pengembangan karir.

2.       Agar Praktik Kerja Langsung (PKL) menjadi  media  pengaplikasian  dari  terori  yang  diperoleh  daribangku  kuliah ke  tempat  kerja.

 

1.3.2  Manfaat  Praktik Kerja Langsung (PKL)

            Praktik Kerja Langsung (PKL) yang diakukan  diharapkan  dapat   beranfaat bagi semua  pihak,  manfaat  yang  didapat  oleh  pihak  yang  berkaitan  langsung  dalam  Praktik Kerja Langsung (PKL) dan  sbagai mitra  antara  lain:

1.      Bagi Mahasiswa

a.       Mahasiswa mndapatkan  keterampilan untuk  melaksanakan  program  kerja  pada  perusahaan  melalui  Praktik Kerja Langsung (PKL) mahasiswa  mendaptkan  bentuk pengalaman  nyata  serta  permasalahaan  yang dihadapi  dunia  kerja.

b.      mahasiswa   akan  menumbuhkan  rasa  tanggung jawab  profesi  di  dalam  dirinya  melalui  Praktik Kerja Langsung (PKL)

 

 

 

2.      Bagi  Lembaga  Perguruan Tinggi

a.       Lembaga  dapat  menjalin  kerjasaman dengan  dunia  usaha.  Praktik Kerja Langsung (PKL)  dapat  mepromosikan keberadaaan  akademik  di  tengah-tengah  dunia  kerja.

b.      Sebagai pengimplementasian tri dharma perguruan tinggi

 

3.      Bagi  Tempat  Praktik Kerja Langsung (PKL)

a.       Istitusi  dapat  memenuhi  kebutuhan  tenaga  kerja lepas  yang  berwawasan  akademis  dari  Praktik Kerja Langsung (PKL)  tersebut. 

b.      institusi  kerja  tersebut  akan  memperoleh  tenaga  kerja  sesuai  dengan bidangnya.  Kemudian  laporan  Praktik Kerja Langsung (PKL)  dapat  dimanfaatkan  sebagai  salah  satu  sumber  inforamasi  mengenai  situasi  umum  institusi  tepat  Praktik Kerja Langsung (PKL) tersebut.


 


BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

 

2.1              Distro

 

            Distro adalah singkatan dari distribution store atau distribution outlet yaitu jenis toko di Indonesia yang menjual pakaian dan aksesoris yang dititipkan oleh pembuat pakaian, atau diproduksi sendiri. Distro umumnya merupakan industry kecil dan menengah (IKM) yang sandang dengan merk independen yang dikembangkan kalangan muda. Produk yang dihasilkan oleh distro diusahakan untuk tidak diproduksi secara massal, agar mempertahankan sifat eksklusuf suatu produk dan hasil kerajinan. Konsep distro berawal pada pertengahan 1990-an di Bandung . Saat itu band-band independen (Indie) di Bandung berusaha menjual merchandise mereka sendiri seperti CD/kaset,t-shirt, dan sticker selain di tempat mereka melakukan pertunjukan.  Bentuk awal distro adalah usaha rumahan dan dibuat etalase dan rak untuk menjual t-shirt. Selain komunitas music, akhirnya banyak komunitas lain seperti komunitas punk dan skateboard yang kemudian juga membuat toko-toko kecil untuk menjual pakaian dak aksesori mereka. Kini industry distro sudah berkembang, bahkan dianggap menghasilkan produk-produk yang memiliki kualitas ekspor.  Pada tahun 2007 diperkirakan ada sekitar 700 unit usaha distro di Indonesia, dan 300 diantaranya ada di Bandung.

 

 

 

2.2              Pemasaran

 

            Pemasaran adalah aktivitas dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien,mitra dan masyarakat umum. Pemasran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang menjadi bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, manusia menginginkan sebuah pakaian agar terlindung dari suhu dingin dan panas. Jika ada sehelai pakaian yang mampu membantunya agar tak kedinginan dan kepanasan. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya misalnya pakaian yang bermerk yang dipakai oleh beberapa kalangan orang yang terpandang yang kualitas bahanya sangat bagus.  Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk, penetapan harga,pengiriman barang, dan mempromosikan barang.

 

 

2.3              Strategi Pemasaran

 

            Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan di mana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan, karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut. Hal ini juga didukung oleh pendapat Swastha “Strategi adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya. Sehingga dalam menjalankan usaha kecil khususnya diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasarannya. Karena pada saat kondisi kritis justru usaha kecillah yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap pendapatan masyarakat. Pemasaran menurut W. Y. Stanton Pemasaran ialah sesuatu yang mencakup seluruh sistem yang bersangkutan dengan destinasi untuk merencanakan dan menilai harga hingga dengan mempromosikan dan menyalurkan barang dan jasa yang dapat memuaskan keperluan pembeli aktual maupun potensial.

Berdasarkan definisi di atas, proses pemasaran dimulai dari menemukan apa yang diinginkan oleh konsumen. Yang akhirnya pemasaran memiliki tujuan yaitu:

1.      Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.

2.      Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.

3.      Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.

 

 

 

 

 

 

 

2.4              Faktor-faktor Strategi Pemasaran

 

Pada umumnya kegiatan pemasaran berkaitan dengan koordinasi beberapa kegiatan bisnis. Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut:

1.      Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat

2.      Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik, dan sosial/budaya.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran: Dari sudut pandang penjual:

1.      Produk yang bermutu (product),

Produk adalah pemahaman atau “sesuatu” baik yangberwujud fisik maupun tidak,yang bisa ditawarkan sebagai usaha untuk mencapai tujuan organisasi melalui pemenuhan kebutuhan dan kegiatan konsumen.

Untuk menarik konsumen agar produk yang ditawarkan sesuai dengan tujuan yang tujuan yang diharapkan, maka perlu strategi dalam mengembangkannya,yaitu :

a.    PenentuanLOgo dan Mot

b.   Menciptakan Merk

c.    Menciptakan Kemasan

d.   Keputusan Label

 

 

 

2.      Harga yang kompetitif (price),

Harga adalah jumlah yang harus dibayarkan oleh konsumenuntuk meperolehproduk yang diinginka. Dala penetapan harga, perusahaan memiliki beberapa tujuan

a.    Untuk bertahan hidup

b.   Untuk memaksimalkan laba

c.    Untukmeperbesarmarket

d.   Mutu produkmemberi kesan atas produk atau jasa yang ditawarkan dengan memiliki kualitas yang tinggi, biasanya harga jual yang ditentukan semakin tinggi juga.

e.    KArena pesaing penentuan hargadengan elihatpesaing. Dengan tujuan agar hargayang ditawarkan jangan melebihi harga pesaing, sehingga tidak adanya ketimpangan harga.

3.    Tempat yang strategis (place),

Penetuan lokasi yang tepat menjadi sangat penting untuk menyalurkan produk atau jasa yangt ersedia bagi konsumen.

4.      Promosi yang gencar (promotion),

Promosi bukan hanya sekedar alat komunikasi antara perusahaan dan konsumen, melaikan juga sebgai alat dalam mempengaruhi konsumen  agar terjadi  pembelian atau penggunaan jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

5.      Sumber daya manusia (people),

Orang merupakan semua pelaku ysng memainkan peranan yang termasuk dalam elemen ini adalah personil perusahaan dan konsumen lain dalam lingkungan jasa.

6.      Proses atau aktivitas bisnis (process),

Proses adalah gabungan dari semua aktivitas, yang terdiri dari prosedur,jadwal pekerjaan,mekanisme, aktivitas danhal-hal rutin dimana jasa dihasilkan dan jasa disampaikan kepada konsumen.

7.     


Bukti fisik perusahaan (pysical evidence).                                                                  Bukti fissik merupakan merupakan lingkungan fisik perusahaan tempat jasa diciptakan dan tempat penyedia jasa untuk konsumen berinteraksi.

 

Gambar 2.1

 

 

Dari sudut pandang konsumen:

1.      Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),

Konsumen yaitu pemakai produk atau jasa untuk membuat bisnis tetap berjalan.

2.      Biaya konsumen (cost to the customer),

Biaya dalam menjual produk, yang ditetapkan terjangkau bagi targt market dan apakah dengan harga tersebut memberikan kepuasan dan nilai yang tepat pada pelanggan.

3.      Komunikasi (comunication).                                                                                                                  Komunikasi sangat penting digunakan untuk membangun interaksi dengan pelanggan.

4.      Kenyamanan (convenience),

Kenyamanan tentu adalah hal yang penting bagi konsumen dan juga merupakan salah satu yang konsumen inginkan ketika sedang berbelanja produk kita.

 

 


Gambar 2.2

 

Dari apa yang sudah dibahas di atas ada beberapa hal yang dapat disimpulkan, bahwa pembuatan produk atau jasa yang diinginkan oleh konsumen harus menjadi fokus kegiatan operasional maupun perencanaan suatu perusahaan. Pemasaran yang berkesinambungan harus adanya koordinasi yang baik dengan berbagai departemen (tidak hanya di bagian pemasaran saja), sehingga dapat menciptakan sinergi di dalam.


BAB III

METODE PELAKSANAAN

 

3.1              Tempat dan Waktu Pelaksanaan

 

Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini dilaksanakan di Distro Flickers mulai tanggal 1 April 2021 sampai 30 April 2021. Praktek kerja lapangan (PKL) ini dilaksanakan setiap hari kerja. Berlokasi di JL, Baypas .Ir. Soekarno Br Anyar, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan.

 

3.2              Materi Pelaksanaan

 

                        Praktek Kerja Lapangan ini berlangsung selama satu bulan, mulai dari tanggal 1 April 2021 sampai 30 April 2021. Praktek Kerja Lapangan dibimbing langsung oleh Bapak Ida Bagus Nyoman Wiratmaja,S.E,.M.Si, Selama melaksanakan Kegiatan praktek Kerja Lapangan (PKL) di Distro Flickers, penulis melaksanakan kegiatan antara lain :

1.   Mengadakan pertemuan ke Distro Flickers.

2.      Mengikuti semua kegiatan dari awal sampai akhir.

3.      Ikut malakukan kegiatan sesuai arahan pembimbing atau pemilik usaha.

4.      Melakukan wawancara untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan dalam penyusunan laporan Praktik Kerja Lapangan.

5.      Melakukan bimbingan dengan dosen pembimbing dalam proses pembuatan laporan Praktik Kerja Lapangan.

3.3              Metode Pelaksanaan

 

1.          Metode Pengumpulan Data

Dalam penyusunan laporan ini, ada beberapa metode pengumpulan data yang penulis lakukan selama Praktek Kerja Lapangan (PKL), untuk membantu pengumpulan bahan laporan dan data. Adapun metode yang digunakan adalah sebagai berikut

a.       Observasi

Yaitu suatu teknik pengumpulan data dengan mengadakan pengamatan secara langsung dilapangan.

b.      Wawancara

Yaitu pengumpulan data dengan cara mengadakan tanya jawab secara langsung dengan pihak yang berhubungan langsung dengan laporan ini.

 

c.     Dokumentasi

Metode yang dilakukan dengan mengumpulkan data-data dokumen yang ada hubungannya dengan laporan yang akan dibuat.

 2.         Jenis Data

Jenis data yang di kumpulkan dari pelaksanaan Kegiatan Praktik Kerja Lapangan.

(PKL) di Distro Flickers :

a.       Data Primier

Data yang diperoleh dengan cara melihat langsung kondisi di lapangan untuk melihat fakta yang ada pada obyek penelitian.

b.      Data Skunder

Data yang diperoleh dari buku-buku atau literature yang dikumpulkan berhubungan dengan pokok permasalahan.

 3.        Kegiatan

            Kegiatan yang dilakanakan selama Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Distro Flickers adalah menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan dalam melakukan penjualan produknya.

 

3.4              Analisis Data

 

Jenis data yang diperoleh dalam tulisan ini adalah data kualitatif, yaitu metode yang memberikan gambaran atau penjelasan mengenai kondisi yang ada dilokasi penelitian. Dengan menggunakan metode ini, maka dapat diidentifikasikan pemasaran yang digunakan di Distro Flickers.

 

3.5              Tabel Kegiatan

 

            Tabel 3.1 Kegiatan Mingguan PKL

NO

KEGIATAN

MINGGU I

MINGGU II

MINGGU III

MINGGU IV

1

Mengadakan pertemuan ke Distro Flickers Tabanan

 

 

 

 

2

Melihat semua Proses pekerjaan

 

 

 

 

3

berbaur langsung dengan pelanggan

 

 

 

 

4

melakukan wawan cara untuk memperoleh data2 yang di butuhkan dalam penyusunan laporan Praktek Lapangan Kerja

 

 

 

 

5

Melakukan bimbingan dengan dosen pembimbing dalam prose laporan Praktik Lapangan Kerja

 

 

 

 


BAB IV

HASIL DAN PEMBAHASAN

 

4.1    Profil Perusahaan

 

Profil perusahaan merupakan penjelasan singkat yang mendeskripsikan informasi perusahaan. Setiap perusahaan memiliki profil yang berbeda-beda tergantung bidang bisnisnya. Profil perusahaan di Distro Flickers dapat dilihat sebagai berikut :

Nama Perusahaan         : Distro Flickers

Nama Pemilik               : Agus Adi Putra

Tahun Berdiri                 : 2017

Alamat Perusahaan       : JL. Baypas .Ir. Soekarno, Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Kabupaten  Tabanan.

Jumlah Tenaga Kerja    : 2 Orang

No Telp                         : 081338622521

Usaha Pokok                : Usaha Industri Pakaian dan Accesoris

Pangsa Pasar                 : Dalam Negeri

Sasaran Pasar                : Masyarakat

 

4.1.1 Sejarah Singkat Perusahaan

                  Perusahaan ini terletak di JL. Baypas .Ir. Soekarno, Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Kabupaten  Tabanan. Perusahaan ini berdiri pada tahun 2017 yang didirikan oleh Gede Sudarma. Gede Sudarma adalah kakak ipar dari Agus Adi pemilik yang sekarang dulu perusahaan ini memiliki 3 orang karyawan karena sekarang sudah pindah kontrak dan terkena covid-19 karyawan dikurangi 1 menjadi 2 orang saja. Pada awal terbentuknya perusahaan ini tidaklah sebesar yang sekarang pertamakali perusahaan ini hanya memakai tenda biasa dan kadang kita hanya mendapat sedikit pelanggan dengan terpuruknya pasaran saat itu perusahaan akhirnya membuat strategi pemasaran yang tentu saja membuat pelanggan lebih tertarik pada produk kita baik online maupun offline dan masih dilakukan sampai saat ini. Adapun kendala yang dialami kadang pada hari raya produk yang digemari cepat habis dan produk itu restocknya bisa sampai hari raya berakhir dan itu membuat pelanggan kita sedikit kecewa tentunya

 

 

4.1.2 Visi dan Misi Perusahaan

         Perusahaan Distro Flickers memiliki Visi “Menjadikan kualitas berpenampilan yang utama terutama dalam kalangan anak muda tabanan”

         Untuk mencapai visi maka Misi yang harus di lakukan antara lain :

1.            Selalu memakai kain yang berkualitas terbaik.

2.            Selalu ramah terhadap pelanggan.

3.            Meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar

 

4.1.3 Struktur Organisasi Perusahaan

         Struktur organisasi adalah suatu susunan antara tiap bagian serta posisi yang ada pada suatu perusahaan dalam menjalankan kegiatan oprasional untuk mencapai tujuan. Struktur organisasi menggambarkan dengan jelas pemisahan kegiatan pekerja antara satu dengan yang lainnya

         Adapun struktur organisasi pada Distro Flickers masih sangat sedehana, yang bias di gambarkan sebagai berikut :

 

Rounded Rectangle: OWNER
Rounded Rectangle: MANEGER KEUANGAN
Rounded Rectangle: KARYAWAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Gambar 4.1 Struktur Organisasi Distro Flickers

 

           Adapun tugas dan fungsimasing-masing dari posisi struktur organisasi di atas adalah sebagai berikut :

1.               Owner

Bertugas sebagai pengendali utama dan bertanggung jawab terhadap keberlangsungan usaha

 

2.               Menager keuangan

Bertanggung jawab untuk membantu perencanaan keuangan dan mengelola seluruh  kuangan perusahaan

3.               Karyawan

Bertugas membantu kegiatan rutin ditoko dan proses penataan dan pengisian stock barang

 

 

4.2 Hasil dan Pembahasan

 

4.2.1 Penerapan pemasaran di Distro Flickers

         Strategi pemasaran yang diterapkan oleh Distro Flickers :

1.            Membuat Konsep Unik Sesuai Target Market

         Seperti anak muda jaman sekarang yang menyukai desain yang simple maka harus mengikuti konsep seperti yang sekarang

2.            Membuat Desain Yang Unik

Dengan membuat desain unik atau gambar yang kekinian dan memiliki arti tersendiri sehingga menarik minat customer

3.            Melakukan Branding Yang Efektif

Branding yang efektif seperti membuat banner atau membuat artikel yang menarik dilihat

4.            Menjual di Aplikasi Marketplace

Menjual produk diplaform marketplace seperti shopee karena traffic pengunjung yang tinggi bisa mempermudahkan penjualan produk

5.            Menjual  Melalui Media Sosial

            Selain marketplace kita juga menggunakan sosial media untuk promosi dan menjual produk, dengan memakai poto produk menarik, caption dan hastag yang cocok

 

4.2.2 Bauran Pemasaran Distro Flickers

                 Salah satu bentuk strategi pemasaran yang mampu mendukung dalam memasarkan produk untuk menciptakan kepuasan konsumen. Bauran pemasaran yang diamati selama PKL yang dimiliki oleh perusahaan Distro Flickers seperti berikut :

1.               Produk (Product)

           Perusahaan Distro Flickers memasok banyak jenis produk yang bervariasi pada pasaran saat ini dan ukuran yang sesuai pada masyarakat

2.               Harga(price)

           Penentuan harga dilakukan dengan mepertimbangkan biaya distribusi atau pembelian produk yang akan dijual ulang dengan keuntungan yang diperoleh. Berikut merupakan harga yang ditawarkan oleh Distro Flickers, yaitu :

Bagpack                      : Rp. 100.000 –    Rp. 160.000

Boxer                          : Rp. 25.000    –    Rp. 35.000

Celana Panjang           : Rp. 100.000  –    Rp. 130.000

Dopet                          : Rp. 60.000    –    Rp. 80.000

Jaket                            : Rp. 80.000    –    Rp. 150.000

Jam                              : Rp. 50.000    –    Rp. 200.000

Kaos Kaki                   : Rp. 25.000

Kaca Mata                   : Rp. 25.000    –    Rp. 180.000

Longslave                    : Rp. 60.000    –    Rp. 75.000

Masker                        : Rp. 10.000

Pomade                       : Rp. 25.000

Sandal                         : Rp. 55.000    –    Rp. 80.000

Sepatu                         : Rp. 100.000 –    Rp. 120.000

Shortspants                 : Rp. 70.000    –    Rp. 100.000

Topi                             : Rp. 40.000    –    Rp.50.000

Tshirt                           : Rp. 50.000   –    Rp. 65.000

Waistbag                     : Rp. 35.000    –    Rp. 80.000

        Semua harga sudah ditetapkan secara sah oleh owner. Namun harga tersebut bias berubah apabila sedang diadakan sale/promo. Strategi pemasaran inilah yang diterapkan pada Distro Flickers. Untuk dapat menarik perhatian para pelanggan dimasyarakat yang menjadi target dari perusahaan kami sebaiknya menetapkan harga yang rendah sesuai barang. Dengan harga yang rendah, maka akan memicu peningkatan pelanggan.

3.               Lokasi atau Tempat (place)

Lokasi perusahaan berada di JL. Baypas .Ir. Soekarno, Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Kabupaten  Tabanan. Perusahaan hanya memiliki bangunan yang biasa yang hanya untuk menjual produknya saja.

 

 

4.               Promosi (promotion)

Pemasaran tidak hanya membutuhkan pembangunan barang atau desain yang baik, penetapan harga yang menarik, serta lancarnya arus pembuatan produk, tetapi perusahaan harus perlu mengadakan komunikasi atau promosi kepada pelanggan. Promosi merupakan salah satu kunci keberhasilan penyampaian produk kepada pelanggan.

Dalam memasarkan produk, perusahaan memerlukan suatu komunikasi kepada para pelanggan, karena dengan adanya komunikasi maka konsumen dapat mengetahui produk atau barang yang ditawarkan oleh perusahaan. Dalam hal ini perusahaan harus merencanakan strategi promosi yang menarik.

Banyak pelanggan yang datang ke Distro Flickers dikarenakan mereka mendapatkan sumber imformasi mengenai keberadaan dan produk malalui pelanggan yang pernah datang langsung atau       melihat melali sosial media.

5.                  Orang (people)

Perusahaan didirikan oleh Gede Sudarma atau kakak ipar dari Agus Adi dengan skala usaha menengah dengan hanya dibantu 2 orang temannya saja. Jumlah karyawan Distro Flickers saat ini masih sama 2 orang. Karyawan tersebut pertama-tama  dilatih untuk berkomunikasi secara baik dan ramah.

6.                  Proses (process)

Proses pemasaran yang dilakukan perusahaan ialah dengan system offline dan online bisa langsung datang ke store atau melali online shop kami, jika memasan melalui online akan langsung menuju owner, karana owner langsung turun untuk mengurus penjualan online

4.3       Kendala Pemasaran Distro Flickers Tabanan

 

1.         Faktor jaman atau penampilan yang berubah-ubah

            Faktor berpenampilan yang kian waktu cepat berubah karena mengikuti perkembangan jaman sehingga kami sebagai produsen pakaian dan akccesoris harus selalu memantau perkembangan dalam berpenampilan di kalangan anak muda agar store kami tetap diminati

2          Keterbatasan Area Penyimpanan Stock Barang

            Area atau tempat yang tidak begitu luas menjadi salah satu permasalahan tentang menyimpan stock yang baru datang atau stock lama. Oleh sebab itu stock barang ditempatkan di sisi-sisi tembok yang sudah terdapat sebuah rak penyimpanan dari depan sampai belakang 

3.         Tempat yang kurang strategis, karena sekarang pohon-pohon yang disisi-sisi jalan sudah sampai menutupi benner kami kadang beberapa kali ranting yang terlalu tinggi susah ditebang hingga kami harus memotong sampai membutuhkan waktu dan kadang juga mengganggu aktifitas saat ada pelanggan yang datang

 


 


BAB V

PENUTUP

 

5.1  Kesimpulan

 

Dari kegiatan PKL yang telah penulis lakukan, maka penulis dapat mengambil kesimpulan yaitu sebagai berikut :

1.         Distro flickers adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang industri pakaian yang memproduksi dan menjual pakain dengan style yang menarik. Dalam memasarkan produknya menggunakan strategi pemasaran online dan offline yang dimana akan membuat produk lebih dikenal banyak orang dan juga melalui strategi bauran pemasaran (product, price, place, promotion, people dan process)

2.         Segmentasi pasar yang dipilih perusahaan seperti masyarakat baik dalam daerah tersendiri atau dari luar daereh yang tentunya tertarik pada produk kami

Ada beberapa kendala dalam pemasaran yang terjadi di masyarakat, yaitu seperti faktor berpenampilan yang suka berubah-ubah setiap tahunnya membuat kita selalu memantau secara tepat agar desaign di Distro tetap mengikuti perkembangan jaman dalam berpenampilan, keterbatasan area penyimpanan stock barang Area atau tempat yang tidak begitu luas menjadi salah satu permasalahan tentang menyimpan stock yang baru datang atau stock lama, dan juga tempat yang kurang strategis yang di maksud renting-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERKOMENTARLAH DENGAN BIJAK DENGAN MENJAGA TATA KRAMA TANPA MENGHINA SUATU RAS, SUKU, DAN BUDAYA

SIMAK JUGA ARTIKEL DAN MAKALAH LAINNYA

Soal UAS PKN TAHUN 2017