CLICK FOR CLAIM PROMO !

Kamis, 17 Mei 2018

Makalah MS. EXCEL Lengkap

Subscribe


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A . latar Belakang
B . Tujuan
C . Sistematika
BAB II PEMBAHASAN
A . Pengertian Microsoft Excel
B . Microsoft Excel Dan Fungsinya
C . Worksheet atau Spreadsheet
D . Kelebihan dan Kekurangan
BAB III PENUTUP
A . Kesimpulan
B . Saran
DAFTAR PUSTAKA




BAB 1
PENDAHULUAN

A . LATAR BELAKANG
        Microsoft Excel (MS-Excel) merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. Excel akan sangat membantu kita dalam hal menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mampu mempresentasikan data dalam bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang disediakannya, mulai dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line dan banyak lagi. Excel 2000 merupakan pengembangan dari excel versi sebelumnya yang lebih ditingkatkan fungsinya dan dikonsentrasikan agar spreadsheet ini lebih familiar (mudah dipakai), lebih fleksibel, lebih mudah diintegrasikan dengan program office lainnya dan yang tak kalah penting adalah kemampuan untuk langsung berhubungan dengan internet. Walaupun demikian, Excel 2000 ini akan selalu dikembangkan oleh pihak Microsoft sehingga akhirnya kita betul-betul dimanja oleh software Microsoft ini. 2. Memulai Excel 2000 Excel 2000 baru dapat dijalankan apabila sistem operasi windows telah kita aktifkan. Langkah-langkah memulai bekerja dengan Excel 2000 sebagai berikut ;  Aktifkan Komputer terlebih dahulu.  Klik tombol Start yang ada pada batang taskbar. Muncul sejumlah menu, pilih Program.  Klik Microsoft Excel  Tunggu hingga tampil layar Excel 2000 yang masih kosong.  Microsoft Excel siap untuk digunakan.
B . TUJUAN
Tujuan dalam panggunaan teknologi informasi dan komunikasi , khususnya yang berkaitan dengan mocrosoft excel ini , diharapkan :
1 . Lebih memahami materi Microsoft excel
2 . Tidak salah dalam menggunakan software Microsoft excel
3 . Dapat menambah pengetahuan dan wawasan dalam belajar teknologi informasi dan             komunikasi 
4 . Belajar bekerjasama yang baik dalam kelompok belajar.
C . SISTEMATIKA
Kata pengantar , Daftar isi BAB 1 PENDAHULUAN
A . Latar Belakang , B . Tujuan , C . Sistematika.



BAB II
PEMBAHASAN

A . PENGERTIAN MICROSOFT EXCEL
        Ms. Excel adalah program aplikasi atau semacam software untuk mengolah suatu angka-angka statistic.Ms. Excel ini berkemampuan untuk mengolah data dengan rumus, sedang rumus yang dipakai adalah rumus operator matematika dan rumus fungsi.
Rumus operator merupakan suatu rumus yang bertujuan untuk perhitungan matematik. Misal : penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan lainnya. Sedang rumus fungsi adalah suatu rumus yang bertujuan untuk menghitung dalam bentuk matematika maupun non matematika.
Ms Excel ini terbagi menjadi 3 serial, yakni serial 2003, 2007, dan 2010.Karena ada tiga serial, maka cara penggunaannya pun berbeda. Namun fungsinya tetap sama kok.
Tidak ada salahnya kalian mengenal terlebih dahulu tentang dasar-dasar MS. Excel. Dalam Ms. Excel, terdapat workbook dan worksheet. Workbook terdiri dari beberapa worksheet. Sedangkan Worksheet adalah lembar kerja yang nantinya digunakan untuk mengolah dan mengorganisasikan data.Worksheet terdiri dari beberapa baris dan kolom. Dan pertemuan baris dan kolom disebut juga dengan sel. Perlu diketahui juga bahwa gabungan dari beberapa sel dinamakan Range.
B . MICROSOFT EXCEL DAN FUNGSINYA
        sebuah perangkat lunak yang biasa digunakan dalamperhitungan statistik dan lainnya. 
Microsoft Excell sangat membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan yang mudah sampai dengan yang rumit dalam bidang administratif khususnya.
Kita dapat dengan mudah membuat rencana penggunaan barang misalnya, ataupun membuat laporan keuangan khusus yang memerlukan perhitungan2 tertentu serta dengan menampilkan gambar dan grafik. Maka semua itu dapat di selesaikan dengan microsoft Excel.

Untuk lebih mengenalnya, berikut beberapa istilah dalam Microsoft Excel :
1. Cell : merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255 karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3, cell D5
2. Worksheet (lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.
3. Workbook (buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet 256)
4. Range : merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kanan bawah. Contoh : A46 → range mulai dari cell A4 sampai cell D6
5. Alamat Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain.
Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6
6. Alamat Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah.
Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
7. Alamat Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar. Contoh : cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5
8. Name Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat nama range melalui kotak nama disebelah kiri formula bar.
Contoh : Holla nama lain range A5:G7

Selain itu, ada juga beberapa Fungsi yang sering digunakan didalam microsoft Excell,diantaranya adalah sebagaiberikut : 

1. fungsi Sum :
Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)
2. Fungsi Average :
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata,
penulisannya : =average(number1,number2,…)
3. Fungsi Max :
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)


4. Fungsi Min:
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
5. fungsi Count :
Digunakan untuk menghitung jumlah data dari range yang kita pilih
6. Fungsi Stedev :
Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =stedev(number1,number2,…)
7. Fungsi Var :
Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya : =var(number1,number2,…)
C . WORKSHEET ATAU SPREADSHEET
        Worksheet atau Spreadsheet atau Sheet, adalah merupakan lembar kerja elektronik yang di tampilkan dilayar monitor. Worksheet terdiri dari 256 kolom dan 65.536 baris memuat sejumlah 4.194.304 sel. Worksheet tersebut digunakan untuk menyimpan atau mengola data, formula, grafik, dan sebagainya.
Column
Comumn adalah bagian dari Worksheet yang vertical dan di beri nama dengan huruf adjad seperti berikut: A,B,C….Z, AA,AB,AC,…AZ, IA,IB,IC….IV, Seluruhnya berjumlah 256 kolom.
Row
Row adalah bagian dari Worksheet yang Horizontal diberi nomor dengan angka seperti berikut: 1,2,3…65.536 dan seluruhnya berjumlah 65.536 baris.
Cell
Cell adalah perpotongan dari kolom dan baris misalnya sel A10 adalah merupakan perpotongan dari A dan baris ke-10.
Pointer
Pointer adalah sel aktif, tempat jatuhnya huruf-huruf, angka, formula yang kita masukan, boleh juga di sebut worksheet cursor.
Misalnya tempatkan sel di A1, akan terlihat pada sel tersebut berbentuk segi empat (boder).
Ada beberapa cara untuk memindahkan cell pointer. Untuk lengkapnya silahkan lihat table dibawah.
Tabel V‑1 Tombol – tombol Cara memindahkan Cell Pointer
Tombol
Fungsi
← ↑ → ↓
Pindah satu sel ke kiri, atas, kanan atau bawah
Tab
Pindah satu sel ke kanan
Enter
Pindah satu sel ke bawah
Shift + Tab
Pindah satu sel ke kiri
Shift + Enter
Pindah satu sel ke atas
Home
Pindah ke kolom A pada baris yang sedang dipilih
Ctrl + Home
Pindah ke sel A1 pada lembar kerja yang aktif
Ctrl + End
Pindah ke posisi sel terakhir yang sedang digunakan
PgUp
Pindah satu layar ke atas
PgDn
Pindah satu layar ke bawah
Alt + PgUp
Pindah satu layar ke kiri
Alt + PgDn
Pindah satu layar ke kanan
Ctrl + PgUp
Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar berikutnya
Ctrl + PgDn
Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar sebelumnya

Range
Range adalah sauatu daerah pada worksheet umumnya berbentuk segi empat yang merupakan kumpulan dari beberapa sel.
Column-Width
Column-Width adalah lebar kolom.
Kolom-kolom masing-masing pada saat keadaan awal (baku) atau dikenal dengan istilah default/standart adalah sebesar 8.43 Lebar Kolom ini bias di ubah sekehendak kita, tergantung jenis data yang dimasukan.
Workbooks
Pada Microsoft Excell 2007, semua file adalah merupakan workbooks. Satu workbooks disiapkan secara otomatis pada saat menjalankan Microsoft Excell 2007, Pada satu workbook bias memuat work-sheet, Chart-sheet dan modul Visual Basic.
D. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
KELEBIHAN MICROSOFT EXCEL :
1.        Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan. 
2.        Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya. 
3.        Microsoft Excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih. 
4.        dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri.

KEKURANGAN MICROSOFT EXCEL :
1.        Software pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis.
2.        Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU).
3.        Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.



















BAB III
PENUTUP
A . KESIMPULAN
Setelah disusunnya makalah ini dapat disimpulkan bahwa :
1 . Microsoft Excel termasuk dalam aplikasi spreadsheet atau program pengolah angka, Microsoft Excel berfungsi Untuk mempermudah pekerjaan dalam penghitungan data dan lembar kerja Microsoft Excel  berbentuk kolom dan baris.
2 . Untuk mengolah angka dalam Microsoft Excel harus menggunakan Rumus atau Formula, agar mendapatkan hasil dari input yang diberikan. Formula padaMicrosoft Excel juga berfungsi untuk mengubah hasil data secara otomatis jika ada input data yang diubah.
3 . Rumus atau Formula dasar Microsoft Excel yang wajib diketahui bagi seorang pemula dalam menggunakan Microsoft Excel yaitu semisal Fungsi SUM, Average, Max, Min Count. Berikut ini beberapa fungsi dasar Microsoft Excel yang umum digunakan dalam formula excel untuk membantu proses penghitungan data pada aktifitas sehari-hari dalam menggunakan Microsoft Excel
B . SARAN
Betapa pentingnya teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini karena perkembangan yang begitu pesat , penyusun memberikan saran sebaai berikut : 1 . Adanya jaringan telekomunikasi/jalur telepon ke daerah dimana sekolah kami berada , agar pihak sekolah bisa menyediakan akses internet. 2 . Penggunaan perangkat yang ada untuk mendemonstrasikan atau mempraktekan pengunaan akses internet , misalnya penggunaan modem handphone. 3 .Sebaiknya Guru dalam menjelaskan atau menerangkan materi kepada semua muridnya lebih jelas atau secara terperinci, supaya semua murid yang mendengarkannya akan lebih mengerti.









DAFTAR PUSTAKA
http://dedisetiawan.com/pengertian-ms-excel



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERKOMENTARLAH DENGAN BIJAK DENGAN MENJAGA TATA KRAMA TANPA MENGHINA SUATU RAS, SUKU, DAN BUDAYA

SIMAK JUGA ARTIKEL DAN MAKALAH LAINNYA

Soal UAS PKN TAHUN 2017