Subscribe
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A . latar Belakang
B . Tujuan
C . Sistematika
BAB II PEMBAHASAN
A . Pengertian
Microsoft Excel
B . Microsoft Excel
Dan Fungsinya
C . Worksheet atau
Spreadsheet
D . Kelebihan dan
Kekurangan
BAB III PENUTUP
A . Kesimpulan
B . Saran
DAFTAR PUSTAKA
BAB 1
PENDAHULUAN
A . LATAR BELAKANG
Microsoft
Excel (MS-Excel) merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja
elektronik) canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini.
Excel akan sangat membantu kita dalam hal menghitung, memproyeksikan,
menganalisa dan mampu mempresentasikan data dalam bentuk tabel dengan berbagai
jenis tabel yang disediakannya, mulai dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line dan
banyak lagi. Excel 2000 merupakan pengembangan dari excel versi sebelumnya yang
lebih ditingkatkan fungsinya dan dikonsentrasikan agar spreadsheet ini lebih
familiar (mudah dipakai), lebih fleksibel, lebih mudah diintegrasikan dengan
program office lainnya dan yang tak kalah penting adalah kemampuan untuk
langsung berhubungan dengan internet. Walaupun demikian, Excel 2000 ini akan
selalu dikembangkan oleh pihak Microsoft sehingga akhirnya kita betul-betul
dimanja oleh software Microsoft ini. 2. Memulai Excel 2000 Excel 2000 baru
dapat dijalankan apabila sistem operasi windows telah kita aktifkan.
Langkah-langkah memulai bekerja dengan Excel 2000 sebagai
berikut ; Aktifkan Komputer terlebih dahulu. Klik
tombol Start yang ada pada batang taskbar. Muncul sejumlah menu, pilih
Program. Klik Microsoft Excel Tunggu hingga tampil layar
Excel 2000 yang masih kosong. Microsoft Excel siap untuk digunakan.
B . TUJUAN
Tujuan dalam
panggunaan teknologi informasi dan komunikasi , khususnya yang berkaitan dengan
mocrosoft excel ini , diharapkan :
1 . Lebih memahami
materi Microsoft excel
2 . Tidak salah
dalam menggunakan software Microsoft excel
3 . Dapat menambah
pengetahuan dan wawasan dalam belajar teknologi informasi
dan komunikasi
4 . Belajar
bekerjasama yang baik dalam kelompok belajar.
C . SISTEMATIKA
Kata pengantar ,
Daftar isi BAB 1 PENDAHULUAN
A . Latar Belakang
, B . Tujuan , C . Sistematika.
BAB II
PEMBAHASAN
A . PENGERTIAN MICROSOFT EXCEL
Ms.
Excel adalah program aplikasi atau semacam software untuk mengolah suatu
angka-angka statistic.Ms. Excel ini berkemampuan untuk mengolah data dengan
rumus, sedang rumus yang dipakai adalah rumus operator matematika dan rumus
fungsi.
Rumus operator
merupakan suatu rumus yang bertujuan untuk perhitungan matematik. Misal :
penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan lainnya. Sedang rumus fungsi
adalah suatu rumus yang bertujuan untuk menghitung dalam bentuk matematika
maupun non matematika.
Ms Excel ini
terbagi menjadi 3 serial, yakni serial 2003, 2007, dan 2010.Karena ada tiga
serial, maka cara penggunaannya pun berbeda. Namun fungsinya tetap sama kok.
Tidak ada salahnya
kalian mengenal terlebih dahulu tentang dasar-dasar MS. Excel. Dalam Ms. Excel,
terdapat workbook dan worksheet. Workbook terdiri dari beberapa worksheet.
Sedangkan Worksheet adalah lembar kerja yang nantinya digunakan untuk mengolah
dan mengorganisasikan data.Worksheet terdiri dari beberapa baris dan kolom. Dan
pertemuan baris dan kolom disebut juga dengan sel. Perlu diketahui juga
bahwa gabungan dari beberapa sel dinamakan Range.
B . MICROSOFT EXCEL DAN FUNGSINYA
sebuah
perangkat lunak yang biasa digunakan dalamperhitungan statistik dan
lainnya.
Microsoft Excell
sangat membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan yang mudah sampai dengan
yang rumit dalam bidang administratif khususnya.
Kita dapat dengan
mudah membuat rencana penggunaan barang misalnya, ataupun membuat laporan
keuangan khusus yang memerlukan perhitungan2 tertentu serta dengan menampilkan
gambar dan grafik. Maka semua itu dapat di selesaikan dengan microsoft Excel.
Untuk lebih
mengenalnya, berikut beberapa istilah dalam Microsoft Excel :
1. Cell
: merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah
karakter (max. 255 karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text.
Contoh : cell A3, cell D5
2. Worksheet
(lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.
3. Workbook (buku
kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai
sheet 256)
4. Range
: merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah
yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut
kiri atas sampai cell sudut kanan bawah. Contoh : A46 → range mulai dari cell
A4 sampai cell D6
5. Alamat Relatif
: merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi
akan berubah jika dicopy ke cell lain.
Contoh : cell
berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6
6. Alamat Semi
Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris
atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah.
Contoh : Cell B1
berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
7. Alamat Absolut
: merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan
kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar.
Contoh : cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3
menjadi $A$1*5
8. Name Box
: menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda dapat juga
membuat nama range melalui kotak nama disebelah kiri formula bar.
Contoh : Holla nama
lain range A5:G7
Selain itu, ada
juga beberapa Fungsi yang sering digunakan didalam microsoft Excell,diantaranya
adalah sebagaiberikut :
1. fungsi Sum :
Digunakan untuk
menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)
2. Fungsi Average :
Digunakan untuk
mencari nilai rata-rata,
penulisannya :
=average(number1,number2,…)
3. Fungsi Max :
Digunakan untuk
mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya :
=max(number1,number2,…)
4. Fungsi Min:
Digunakan untuk
mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya :
=max(number1,number2,…)
5. fungsi Count :
Digunakan untuk
menghitung jumlah data dari range yang kita pilih
6. Fungsi Stedev :
Digunakan untuk
menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya :
=stedev(number1,number2,…)
7. Fungsi Var :
Digunakan untuk
menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya :
=var(number1,number2,…)
C . WORKSHEET ATAU SPREADSHEET
Worksheet
atau Spreadsheet atau Sheet, adalah merupakan lembar kerja elektronik yang di
tampilkan dilayar monitor. Worksheet terdiri dari 256 kolom dan 65.536 baris
memuat sejumlah 4.194.304 sel. Worksheet tersebut digunakan untuk menyimpan
atau mengola data, formula, grafik, dan sebagainya.
Column
Comumn adalah
bagian dari Worksheet yang vertical dan di beri nama dengan huruf adjad seperti
berikut: A,B,C….Z, AA,AB,AC,…AZ, IA,IB,IC….IV, Seluruhnya berjumlah 256 kolom.
Row
Row adalah bagian
dari Worksheet yang Horizontal diberi nomor dengan angka seperti berikut:
1,2,3…65.536 dan seluruhnya berjumlah 65.536 baris.
Cell
Cell adalah
perpotongan dari kolom dan baris misalnya sel A10 adalah merupakan perpotongan
dari A dan baris ke-10.
Pointer
Pointer adalah sel
aktif, tempat jatuhnya huruf-huruf, angka, formula yang kita masukan, boleh
juga di sebut worksheet cursor.
Misalnya tempatkan
sel di A1, akan terlihat pada sel tersebut berbentuk segi empat (boder).
Ada beberapa cara
untuk memindahkan cell pointer. Untuk lengkapnya silahkan lihat table dibawah.
Tabel V‑1 Tombol –
tombol Cara memindahkan Cell Pointer
Tombol
|
Fungsi
|
← ↑ → ↓
|
Pindah satu sel ke kiri, atas, kanan atau
bawah
|
Tab
|
Pindah satu sel ke kanan
|
Enter
|
Pindah satu sel ke bawah
|
Shift + Tab
|
Pindah satu sel ke kiri
|
Shift + Enter
|
Pindah satu sel ke atas
|
Home
|
Pindah ke kolom A pada baris yang sedang
dipilih
|
Ctrl + Home
|
Pindah ke sel A1 pada lembar kerja yang
aktif
|
Ctrl + End
|
Pindah ke posisi sel terakhir yang sedang
digunakan
|
PgUp
|
Pindah satu layar ke atas
|
PgDn
|
Pindah satu layar ke bawah
|
Alt + PgUp
|
Pindah satu layar ke kiri
|
Alt + PgDn
|
Pindah satu layar ke kanan
|
Ctrl + PgUp
|
Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab
lembar berikutnya
|
Ctrl + PgDn
|
Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab
lembar sebelumnya
|
Range
Range adalah sauatu
daerah pada worksheet umumnya berbentuk segi empat yang merupakan kumpulan dari
beberapa sel.
Column-Width
Column-Width adalah
lebar kolom.
Kolom-kolom
masing-masing pada saat keadaan awal (baku) atau dikenal dengan istilah
default/standart adalah sebesar 8.43 Lebar Kolom ini bias di ubah sekehendak
kita, tergantung jenis data yang dimasukan.
Workbooks
Pada Microsoft
Excell 2007, semua file adalah merupakan workbooks. Satu workbooks disiapkan
secara otomatis pada saat menjalankan Microsoft Excell 2007, Pada satu workbook
bias memuat work-sheet, Chart-sheet dan modul Visual Basic.
D. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
KELEBIHAN MICROSOFT EXCEL :
1. Mempunyai
kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom
dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan
16 ribu jawaban/pertanyaan.
2. Microsoft
excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar
software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain
yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari
excel ke software statistik lainnya.
3. Microsoft
Excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga
mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih.
4. dengan
Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang
kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap
ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate
sendiri.
KEKURANGAN MICROSOFT EXCEL :
1. Software
pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis.
2. Aplikasi ini
memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU).
3. Untuk
membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban
pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik
rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal
ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau
pengkategorian jawaban baru.
BAB III
PENUTUP
A . KESIMPULAN
Setelah disusunnya
makalah ini dapat disimpulkan bahwa :
1 . Microsoft
Excel termasuk dalam aplikasi spreadsheet atau program pengolah angka,
Microsoft Excel berfungsi Untuk mempermudah pekerjaan dalam penghitungan data
dan lembar kerja Microsoft Excel berbentuk kolom dan baris.
2 . Untuk
mengolah angka dalam Microsoft Excel harus menggunakan Rumus atau
Formula, agar mendapatkan hasil dari input yang diberikan. Formula
padaMicrosoft Excel juga berfungsi untuk mengubah hasil data secara
otomatis jika ada input data yang diubah.
3 . Rumus atau
Formula dasar Microsoft Excel yang wajib diketahui bagi seorang
pemula dalam menggunakan Microsoft Excel yaitu semisal Fungsi SUM,
Average, Max, Min Count. Berikut ini beberapa fungsi dasar Microsoft
Excel yang umum digunakan dalam formula excel untuk membantu proses
penghitungan data pada aktifitas sehari-hari dalam menggunakan Microsoft Excel
B . SARAN
Betapa pentingnya
teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini karena perkembangan yang
begitu pesat , penyusun memberikan saran sebaai berikut : 1 . Adanya jaringan
telekomunikasi/jalur telepon ke daerah dimana sekolah kami berada , agar pihak
sekolah bisa menyediakan akses internet. 2 . Penggunaan perangkat yang ada
untuk mendemonstrasikan atau mempraktekan pengunaan akses internet , misalnya
penggunaan modem handphone. 3 .Sebaiknya Guru dalam menjelaskan atau
menerangkan materi kepada semua muridnya lebih jelas atau secara terperinci,
supaya semua murid yang mendengarkannya akan lebih mengerti.
DAFTAR PUSTAKA
http://dedisetiawan.com/pengertian-ms-excel
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
BERKOMENTARLAH DENGAN BIJAK DENGAN MENJAGA TATA KRAMA TANPA MENGHINA SUATU RAS, SUKU, DAN BUDAYA