CLICK FOR CLAIM PROMO !

Minggu, 09 Juli 2017

Sejarah Telekomunikasi

Subscribe
A.  Sejarah telekomunikasi
Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian informasi, dari satu tempat ke tempat yang lain. Dalam kaitannya dengan telekmunikasi bentuk komunikasi dapat di bedakan menjadi 3 macam :
a)      Komunikasi satu arah (simplex). Dalam komunikasi satu arah (simplex ) pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama.
Contoh : pager, televisi, dan radio.
b)      Komunikasi dua arah (duplex). Dalam komunikasi dua arah (duplex) pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melelui media yang sama.
Contoh: telephone dan VOIP.
c)      Komunikasi semi dua arah (half duplex). Dalam komunikasi semi dua arah (half duplex) pengirim dan penerima informasi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan.
Contoh : handy talkie, FAX, dan chat room.
1.      Telekomunikasi pada zaman permulaan
a)      Periode s.d. 3000 SM
Pada periode sampai tahun 3000 SM, cara manusia berkomunikasi masih terbatas pada pengenalan bentuk-bentuk yang mereka temukan. Manusia mulai mengidentifikasi benda-benda disekitar lingkungan mereka dan mewakilinya dengan bentuk-bentuk yang dilukiskan di dinding-dinding gua. Kemampuan berbahasa manusia hanya terbatas pada dengusan, bahasa isyarat, dan gerakan.
b)      Periode 3000 SM
Pada periode 3000 SM, bangsa sumeria untuk pertama kalinya menggunakan tulisan dalam berkomunikasi. Tulisan yang digunakan masih berupa simbol-simbol  yang dibentuk dari piktograf sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf bangsa sumeria juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda-beda, sehingga tulisan-tulisan tersebut menjadi kata, kalimat, dan bahasa yang mempunyai arti.
c)      Periode 2900 SM
Pada periode 2900 SM bangsa mesir kuno telah menggunakan huruf-huruf hieroglif untuk berkomunikasi. Huruf-huruf hieroglif terdisi atas simbol-simbol objek, seperti perkakas, binatang, atau kapal-kapal. Huruf-huruf hieroglif juga menggunakan simbol-simbol ide dan emosi, seperti gerakan, waktu, dan perasaan gembira. Ketika simbol-simbol huruf hieroglif digabung, akan mempunyai cara dan arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa hieroglif ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa sumeria
Sistem menulis ini telah digunakan oleh dinasti Shang di China yang memerintah pada tahun 1766-1050 SM. Sistem menulis tersebut merupakan peninggalan nenek moyang langsung dari sistem modern China saat ini.
d)     Periode 500 SM
Pada periode 500 SM, bangsa mesir kuno sudah menggunakan serat papyrus sebagai kertas. Kertas tersebut kemudian dijadikan sebagai media untuk berkomunikasi dan menyampaikan informasi

e)      Periode 105 M
Pada periode 105 M, bangsa Cina menemukan kertas. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh yang dilumuri tinta, atau yang sekarang kita kenal dengan sistem cap. Pada periode ini, bangsa hindu di India telah membuat sistem bilangan Sembilan digit yang sampai saat ini kita gunakan

     Telekomunikasi Saat Ini
Kehadiran internet membawa perubahan yang sangat besar bagi dunia telekomunikasi. Saat ini jutaan computer telah terhubung ke jaringan internet dan menyediakan sangat banyak informasi yang bias diakses kapan saja di seluruh dunia. Berbagai aplikasi berbasis internet sudah banyak digunakan, seperti e-commerce, e-learning, video conference, e-government, dan sebagainya. Dengan demikian banyak sumber informasi di internet, maka muncullah berbagai mesin pencari (search engine) yang sangat memudahkan pengguna internet dalam menemukan sumber informasi yang di butuhkan. Yahoo dan google adalah search engine yang sangat popular saat ini.
Dari sisi software, keberadaan internet telah membuat manusia bias berkomunikasi dengan sangat mudah. Adapun perkembangan software tidak lepas dari hardware. Keduanya saling mendukung. Perancangan hardware menjadi sangat mudah dan cepat dengan adanya software yang powerful. Sebaliknya, software yang kuat, cepat, dan biasanya berukuran besar hanya bias di bangun dan berjalan dengan baik jika hardware computer (processor, memory, harddisk, dsb).
Komputer yang ukurannya sangat kecil dan terintegrasi dengan handphone sudah umum di gunakan. Terjadi konvergensi antara telekomunikasi berbasis suara dengan data-data yang lainnya: teks, gambar, dan video. Teknologi Bluetooth memungkinkan sebuah handphone biasa berkomunikasi tanpa kabeldalam jarak dekat dengan beberapa perangkat lainnya seperti computer, printer scanner, dan sebagainya. Handphone berbasisi jaringan 3G (generasi ke-3) sudah bisa digunakan untuk pengiriman data multimedia.
     Teknologi Masa Depan
Para ahli, secara personal maupun institusi, mencoba menggambarkan kondisi telekomunikasi masa depan dengan berbagai sudut pandang, pendekatan dan istilah. Ray Kurzweil adalah salah satu ahli yang mencoba memberikan gambaran telekomunikasi masa depan. Dalam bukunya yang berjudul “ The age of Spiritual Machines: when computer Exceed human intelligence”, kurzweil memprediksi bahwa pada tahun 2009 komputer akan menjadi sangat kecil, menempel pada pakaian dan perhiasan.
Meskipun ada batasan secara fisik, bagaimana Komputer bisa menempel di pakaian dan bisa berkomunikasi dengan manusia secara real time. Komputer yang sangat kecil bisa di tempelkan pada dasi dan tidak terlihat. Jika dasi tersebut rapat maka Komputer akan menginformasikan “I am tied too loosely”.
2.      Telegraf
Telegraf pertama kali ditemukan oleh Samuel Finley Breese Morse, seorang peneliti amerika pada tahun 1837 dan di inggris pada tahun yang sama oleh seorang fisikiawan Sir Charles Wheatstone yang bekerja sama dengan seorang insinyur inggris Sir William F.Cooke. selanjutnya telegraf menjadi alat komunikasi yang penting pada pertengahan tahun 1800-an sampai dengan pertengahan tahun 1900-an
3.      Telepon
Telepon lahir dari penemuan Alexander Graham Bell.


Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERKOMENTARLAH DENGAN BIJAK DENGAN MENJAGA TATA KRAMA TANPA MENGHINA SUATU RAS, SUKU, DAN BUDAYA

SIMAK JUGA ARTIKEL DAN MAKALAH LAINNYA

Soal UAS PKN TAHUN 2017