Subscribe
KATA PENGANTAR
Om Swastiastu.
Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME
yang telah memberikan jalan dan kemudahannya dalam pembuatan Laporan On The Job Training,
sehingga penulis dapat menyelesaikan dengan tepat pada waktunya yang berjudul
“Standar Operasinal Prosedur Cleaning Guest Room di Taman Rosani Hotel” Selama
Bulan 21 November 2015 – 21 Januari 2016. Penulisan
laporan ini bertujuan sebagai syarat kenaikan ke kelas XII. Penulis
meyadari akan kekurangan dan keterbatasan kemampuan dalam hal pembuatan laporan
ini dengan sempurna, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang dapat
memberikan masukan – masukan berguna sebagai wujud menutupi kekurangan dalam
pembuatan makalah ini.
Om Santhi Santhi Santhi Om
Tabanan, 13 Agustus 2016
Penulis
Daftar Isi
Kata Pengantar..................................................................................................................
Daftar
isi.............................................................................................................................
BAB I Pendahuluan
Latar belakang
masalah...........................................................................................
Rumusan
masalah....................................................................................................
Tujuan penulisan
laporan...................................................................
....................
BAB II Gambaran Tempat Training
Sejarah singkat Taman Rosani Hotel...................................................................
Tata tertib bekerja di Taman Rosani
Hotel..........................................................
BAB III Landasan Teori
Pengertian
pariwisata..............................................................................................
Pengertian hotel......................................................................................................
Pengertian
Housekeeping.................................................................
.....................
Struktur organisasi housekeeping department.......................................................
Department yang ada di Taman Rosani Hotel..............................................................
Hubungan Houskeeping Department dengan Department
lain.............................
BAB IV Pembahasan
Deskripsi kegiatan room
attendant........................................................................
Alat-alat yang
digunakan...................................
..................................................
Chemical yang digunakan.....................................................................................
Supplies yang digunakan.................................
....................................................
Menata trolley yang akan
digunakan........................................ ...........................
Prioritas pembersihan
kamar................................................................................
Membersihkan dan merapikan
kamar..................................................................
BAB V Penutup
Simpulan...............................................................................................................
Saran.....................................................................................................................
Daftar
Pustaka................................................................................................................
Lampiran.........................................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Praktik kerja industri merupakan
salah satu mata pelajaran dalam kurikulum yang wajib di ikuti oleh seluruh
siswa Sekolah Pariwisata Bali. Praktik kerja industri ini merupakan suatu
kegiatan yang dilakukan di luar sekolah untuk menambah pengetahuan siswa
tentang dunia industri agar dapat mempraktekkan seluruh teori yang diperoleh di
sekolah di dunia industri.
Di dalam bidang pariwisata dan
perhotelan, pengetahuan teori dan praktek yang di pelajari di sekolah harus di
tunjang dengan praktek yang di lakukan di dunia industri, dalam hal ini
dilakukan dalam bentuk praktik kerja industri. Dari pelaksanaan praktik kerja
industri ini, siswa dapat menerapkan teori dan praktek yang dapat mendukung
pelaksanaan di dunia industri serta siswa dapat membandingkan teori dan praktek
yang di dapat disekolah dengan praktik kerja industri di dunia industri.
Sehingga diharapkan akan sangat besar pengaruhnya dalam usaha peningkatan
kemampuan serta profesionalisme kerja guna mempersiapkan diri untuk berhadapan
langsung dalam dunia pariwisata khususnya perhotelan.
1.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah
diatas, maka permasalahan dirumuskan sebagai berikut ”Bagaimana standar
pelayanan yang digunakan hotel di departement housekeeping”
1.3. Tujuan Penulisan Laporan
Adapun tujuan penulisan laporan ini untuk :
1. Mengetahui standar pelayanan yang digunakan hotel di departement
housekeeping.
BAB II
GAMBARAN TEMPAT TRAINING
2.1. Fasilitas
Taman Rosani Hotel
Taman Rosani
Hotel menyediakan 36 kamar yang menghadap ke kolam renang hotel yang besar dan
pemandangan taman. Setiap kamar di hotel bintang-2 ini sepenuhnya ber-AC dan dilengkapi
dengan TV satelit, mini-bar, meja kopi, telepon, shower dan balkon. Fasilitas
lainnya meliputi Layanan Wisata restoran dan transportasi, pertukaran uang,
Layanan Antar-Jemput dan tempat parkir yang luas. Berhenti di Taman Rosani
Hotel & Villa menjelajahi keajaiban Bali. Menawarkan berbagai fasilitas,
hotel ini menyediakan semua yang Anda butuhkan untuk tidur malam yang baik.
Wi-Fi di tempat-tempat umum, Pusat Bisnis, Penyewaan Mobil, Fasilitas Rapat,
parkir valet adalah beberapa fasilitas yang ditawarkan. Setiap kamar adalah
elegan dan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas berguna. Untuk meningkatkan
para tamu, hotel ini menawarkan fasilitas rekreasi seperti Taman, Ruang
Permainan, Pemijatan, Kolam Renang Outdoor. Temukan semua Bali yang ditawarkan
dengan membuat Taman Rosani Hotel & Villa dasar Anda.
SDM (Karyawan/ti) memang ada beberapa yang dari latar belakang pendidikan
formalnya bukan dari pendidikan pariwisata / Hospitality Industry, tetapi ”GAP
COMPETENSI” tsb. Manajemen hotel telah memberikan pelatihan-pelatihan secara
kontinu sesuai dengan bidangnya masing-masing dan telah disertifikasi oleh BNSP
(Badan Nasional Sertifikasi Profesi).
2.5 Tata Tertib Bekerja di Taman Rosani Hotel
- Keluar/masuk hotel melalui Pos Security belakang dan memarkir
kendaraannya bagi yang membawa motor dan trainee tidak diperkenankan
membawa mobil, setelah itu mengenakan uniform di locker karyawan yang
telah disediakan dan posting saat masung dan posting sehabis job training.
- Sudah berada di outlet minimal 10 menit sebelum job traning untuk
mendapatkan pengarahan dari supervisor, wajib melaporkan apabila ada yang
dianggap penting demi pelayanan terhadap tamu hotel.
- Bersikap jujur, terbuka, berterus terang, ramah tamah dan bertanggung
jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan.
- Mempelajari dan melaksanakan program pelatihan yang diberikan secara
seksama.
- Mentaati peraturan mengenai penggunaan bahan-bahan/peralatan latihan
kerja juga bagaimana merawatnya.
- Apabila ada keragu-raguan dan terjadi kerusakan peralatan segera melaporkan
kepada Supervisor.
- Diizinkan untuk tidak melaksanakan training bila:
- Melaksanakan
ujian sekolah kampus dengan menunjukkan surat dari institusi
- Libur mingguan
1 (satu) hari
- Izin khusus
apabila ada upacara adat di rumah sendiri diberikan 1 hari
- Sakit dan
setelah sembuh harus membawa surat sakit dari dokter yang merawat.
- Absen 3 (tiga)
hari berturut-turut akan dikembalikan ke sekolah/kampus.
- Mengambil
barang milik tamu, barang hotel, barang karyawan tanpa izin, jika ketahuan akan
dikembalikan ke sekolah/kampus dan tidak diberikan sertifikat.
- Trainee dilarang:
- Merokok,
mengunyah permen, berludah, bernyanyi, bersiul, melambaikan tangan dan
berpelukan di tempat kerja.
- Menerima tamu
pribadi kecuali kunjungan dari guru/dosen pembimbing
-
Menggunakan
telephone hotel untuk kepentingan pribadi,
-
Bercakap-cakap
yang berlebihan kepada tamu, kecuali greeting (seperti Good Morning, Afternoon,
Where are you from, dll) dan mencakupkan kedua belah telapak tangan di dada.
- Contoh
Telephone Courtesy untuk Taman Rosani Hotel:
-
Good
Morning, Afternoon, Evening…Putu speaking, may I help you?
- Mengangkat,
menaruh gagang telephone jangan sampai berisik dan menimbulkan suara yang
keras.
- Biasakan
mencatat dan melaporkan kepada supervisor apabila ada pesan dari tamu hotel.
BAB III
LANDASAN TEORI
3.1. Pengertian pariwisata
Menurut Salah Wahab (1992:2)
Berpendapat pariwisata adalah industri gaya baru
yang mampu menjadikan pertumbuhan ekonomi yang cepat, dalam hal kesempatan
kerja, pendapatan, taraf hidup, dan dalam mengaktifkan sektor produksi lain
dinegara penerima wisatawan.
3.2. Pengertian hotel
- Berdasarkan Keputusan Menteri Parpostel no Km 94/HK103/MPPT 1987,
pengertian hotel adalah Salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan
sebagian atau keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan penginapan, penyedia
makanan dan minuman serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dikelola
secara komersil.
- Menurut wikipedia hotel berasal dari kata hostel, konon diambil dari
bahasa Perancis kuno yang artinya tempat penampungan buat pendatang atau
bisa juga “bangunan penyedia pondokan dan makanan untuk umum.
- Menurut Endar Sri,1996:8, pengertian hotel adalah suatu bangunan yang
dikelola secara komersil guna memberikan fasilitas penginapan kepada
masyarakat umum dengan fasilitas antara lain jasa penginapan, pelayanan
barang bawaan, pelayanan makanan dan minuman, penggunaan fasilitas perabot
dan hiasan-hiasan yang ada di dalamnya serta jasa pencucian pakaian.
- Menurut Lawson, 1976:27, pengertian hotel adalah sarana tempat tinggal
umum untuk wisatawan dengan memberikan pelayanan jasa kamar, penyedia
makanan dan minuman serta akomodasi dengan syarat pembayaran.
Dari pengertian diatas maka
pengertian atau definisi hotel secara umum adalah badan usaha akomodasi atau
perusahaan yang menyediakan pelayanan bagi masyarakat umum dengan fasilitas
jasa penginapan, penyedia makanan dan minuman, jasa layanan kamar, serta jasa
pencucian pakaian. Fasilitas ini diperuntukan bagi mereka mereka yang bermalam
di hotel tersebut ataupun mereka yang hanya menggunakan fasilitas tertentu yang
dimiliki hotel itu.
Hotel memiliki beberapa karakteristik
yang membuatnya berbeda dengan badan usaha lainnya seperti:
- Hotel tergolong perusahaan yang padat modal serta padat karya yang
artinya dalam pengelolaannya memerlukan modal usaha yang besar dengan
tenaga pekerja yang banyak pula.
- Pelanggan diperlakukan seperti raja dan pelanggan juga diperlakukan
sebagai patner dalam usaha karena keuntungan yang didapat hotel sangat
tergantung pada banyaknya pelanggan yang menggunakan fasilitas hotel
tersebut.
- Hotel berbeda dengan usaha lainnya dimana dalam beroperasi hotel
berlangsung selama 24 jam sehari, tanpa adanya hari libur guna melayani
pelanggan hotel dan masyarakat umum yang ingin menggunakan jasa hotel.
- Sangat dipengaruhi oleh keadaan dan perubahan yang terjadi pada sektor
ekonomi, politik, sosial, budaya, dan keamanan dimana hotel tersebut
berada.
3.3. Pengertian Housekeeping
Housekeeping, terdiri dari 2 suku
kata yaitu: house dan keep yang artinya menjaga rumah.Dari pengertian tersebut
dapat disimpulkan, Housekeeping adalah bagian atau Departement yang
mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, memperbaiki kerusakan dan
memberikan dekorasi dengan tujuan agar hotel tampak rapi, bersih, menarik
dan menyenangkan penghuninya.
Dimana ruang lingkup kebersihan Housekeeping adalah
membersihkan seluruh area hotel baik didalam maupun luar area hotel,contohnya
di daerah parkiran dan termasuk sekitar area hotel.
Yang menjadi area kebersihan housekeeping department adalah:
Guest Room, Public Area, Corridors, Swimming Pool, Back Office, Emmployee
Locker Room, dan semua area hotel baik didalam maupun diluar yang masih
termasuk dalam area hotel.
Housekeeping terbagi menjadi 4 divisi :
1. Floor Section
2. Houseman Section
3. Linen & Uniform Section
4. Laundry Section
Setiap Divisi harus menjalankan tugasnya
masing-masing atau lebih dikenal dengan istilah Job dish.
Tugas Dan Tanggung Jawab Masing-Masing Section:
A. Tugas dan Tanggung Jawab Executive Housekeeper
- Melakukan rekrument karyawan,mewawancara,melatih
serta mengawasi serta melakukan penilaian,evaluasi atau teguran
terhadap karyawan secara berkala.
- Menyiapkan job description dan standar operating
procedure Housekeeping.
- Memberi penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas
yang ahrus dilakukan karyawan di bagian Housekeeping.
- Membantu Room Division Manager dan General
Manager terhadap program perawatan atau perbaikan yang bersangkutan dengan
area tanggung jawab housekeeping,terutama di kamar tamu dan public area.
- Melakukan pengontrolan,permintaan barang atau
pembelian barang-barang yang diperlukan dalam operasional sehari-hari di
housekeeping,seperti gest supplies,gues room supplies,linen dan sebagainya
agar sesuai dengan par stock yang di tentukan.
- Melakukan program pengadaan dan pembelian
FF&E (furniture,fixture,& equitment) baik untuk housekeeping atau
pun laundry sesuai dengan sfesifikasi yang di butuhkan.
- Melakukan pengawasaan pengadaan barang dan
pembelian peralatan yang di sediakan untuk operasional sehingga berfungsi
sesuai dengan standar yang di tentukan,baik di housekeeping maupun di
laundry.
- Melakukan pemeriksaan secara rutin terhadap
proses pelaksanaan pencucian laundry,baik untuk house laundry maupun untuk
guest laundry.
- Melakukan pengawasan terhadap lost and found.
- Membuat program pelatihan (training program)
terhadap seluruh karyawan
B. Tugas dan Tanggung Jawab Asst. Executive
Housekeeper
1.
Membantu
Executive Houseekeper dalam mengelola dan mengawasi semua operasional harian
housekeeping dan memberi dukungan berupa pelatihan,coaching dan konseling
kepada semua staff housekeeping demi mencapai tujuan bersama.
2.
Bertanggung
jawab terhadap operasional sehari-hari atau melakukan penyelesaian masalah yang
terjadi.apabila melakukan perubahan dalam mengambil keputusan harus di
konsultasikan terlebih dahulu dengan Executive Housekeeper.
3.
Memberikan
penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus di jalankan oleh karyawan
di Housekeeping serta meyakinkan bahwa pelaksanaan kerja di jalankan sesuai
dengan standar yang ditentukan.
4.
Menyusun
jadwal kerja yang di sesuaikan dengan kondisi dan situasi yang berpengaruh pada
ocupancy (tingkat hunian kamar).
5.
Membantu
Executive Housekeeper terhadap pengusunan program perawatan dan perbaikan yang
bersangkutan dengan area tanggung jawab Housekeeping,terutama di kamar tamu dan
pubic area.
6.
Melakukan
pengontrolan persediaan atas barang yang diperlukan dalam pengoperasian
sehari-hari di Housekeeping,guest room supplies,linen dan sebagainya agar
sesuai dengan per stock yang di tentukan,dan memberikan laoran terhadap
executive housekeeper apabila kondisi memerlukan penggantian atau penambahan
stock baru.
7.
Melakukan
pengawasan terhadap penggunaan peralatan yang di sediakan untuk operasional di
Housekeeping sehingga berfungsi sesuai standar yang di tentukan.
8.
Melakukan
pemeriksaan secara rutin terhadap proses pelaksanaan perawatan dan penyimpanan
linen/uniform.
9.
Melakukan
pengawasan terhadap lost and found dan meyakinkan bahwa prosedur berjalan
sesuai dengan yang telah di tentukan.
10. Membuat program
pelatihan (training program) terhadap seluruh karyawan Housekeeping secara
rutin.
11. Menjalankan
tugas yang di berikan Executive Housekeeper atau Room Devision Manager.
C. Tugas dan Tanggung Jawab Housekeeping
Secretary/Order Taker
- Membuat
Work schedule utk Floor Supervisor/houseman Supervisor, Office Clerk,
maupun Room attendant /Public Area attendant.
- Membuat
laporan harian, Mingguan, maupun bulanan atas penggunaan berbagai obat
pembersih oleh Room Attendant/Houseman
- Menerima, mencatat, menyimpan dan merawat barang temuan milik tamu di
area hotel
- Melayani penukaran jadwal kerja , laporan lembur
- Melayani permohonan ijin, cuti, dll
- Membuat
pengumuman untuk HK crew
- Mencatat dan melaporkan kpd EHK bila ada barang milik hotel dibawa
tamu saat CO /Dirusak oleh tamu
- Melaporkan kpd EHK bila ada complaint tamu yg tdk dpt diatasi oleh Sup
- Membuat
jadwal in house training bagi karyawan HK
- Mengarsipkan surat keluar, surat masuk dll
- Menerima telpon dari dari dept lain serta menindak lanjuti
- Menerima order/permintaan tamu dr dlm kamar dan menyampaikannya kpd
roomboy utk segera menindaklanjuti
- Membuat
Work order, Purchase Requisition, Membuat Store Room Requiisition,
Housekeeping Report, Menerima Banquet Event Order
D. Tugas dan Tanggung Jawab Supervisor Public
Area
Bertanggung jawab terhadap kebersihan, kerapian dan
pemeliharaan Public area, seperti lobby, F&B outlet, meeting room, offices,
parking area, swimming pool, public toilet dan sebagainya, dan pelaksanaan
kerja public area dalam menjalankan pelayanan Housekeeping yang nyaman dan
menyenangkan terhadap tamu, sesuai dengan standard dan prosedur yang
ditentukan, uaraian tugas Public Area Supervisor adalah sebagai berikut :
- Bertanggung jawab terhadap kebersihan public area
sesuai dengan standard dan prosedur yang ditentukan.
- Memberikan penugasan dan arahan terhadap
tugas-tugas yang harus dijalankan oleh Public area Attendant,
Night Cleaner, Toilet Attendant, Florist serta meyakinkan
bahwa pelaksanaan kerja dijalankan sesuai dengan standard yang
ditentukan.
- Melakukan handing over dengan dengan shift
sebelumnya pada saat akan memulai kerja, dan handing over dengan shift
berikutnya pada saat akan menyelesaikan tugas dan mendelegasikan
tugas-tugas yang harus dilanjutkan kepada shift berikutnya dengan jelas.
- Memeriksa daftar kehadiran Staff public area
setiap hari.
- Memeriksa kondisi area umum secara teliti.
Pemeriksaan kamar harus berdasarkan kebersihan, kerapian, kelengkapan dan
fungsi dari peralatan atau fasilitas yang ada di area masing-masing.
- Memeriksa secara teliti atas
ruangan-ruangan restoran, bar, ruang rapat dan sebaginya yang telah
dikerjakan oleh Staff pada hari itu.
- Melengkapi laporan dalam Public area Supervisor
Log book setiap shift.
- Membuat laporan Maintenance Request kepada
Engineering dan menindaklanjuti area-area, fasilitas
atau peralatan memiliki kerusakan, mengawasi pengerjaan dan memeriksa
kembali hasil pengerjaannya.
- Memeriksa kebersihan, kerapian dan kelengkapan
peralatan keperluan seperti janitor trolley, cleaning supplies, cleaning
agents dan cleaning equipment baik di area maupun di janitor room atau
Pantry.
- Bertanggung jawab terhadap biaya dan penggunaan
barang-barang keperluan seperti cleaning agents, supplies dan equipment.
- Membuat program pelatihan (training
program) terhadap Staff Public area secara rutin.
- Mengawasi pelaksanaan program pemeliharaan atau
pembersihan
- secara berkala, seperti kristalisasi atau
re-coating lantai marmer, pencucian lantai karpet, pembersihan kaca
jendela, general cleaning dan sebagainya.
- Melakukan pemeriksaan atau
inspeksi area secara rutin untuk meyakinkan
kualitas pemeliharaan kebersihan public area terjaga baik sesuai dengan
standard yang ditentukan.
- Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas
yang diberikan oleh Assistant Executive Housekeeper atau Floor Housekeeper
serta melaporkan hasilnya.
- Melakukan kerjasama yang erat dan baik dengan
semua bagian, seperti Floor, Linen/Uniform dan Laundry, serta dengan
departemen lain, terutama Front office dan Engineering untuk meyakinkan koordinasi
atas pelayanan kamar yang prima serta perawatan kamar dan public area yang
terbaik.
- Mengadakan briefing rutin setiap hari, baik pagi
hari atau handing over sore hari, dan pertemuan berkala, baik mingguan
atau bulanan dengan Staff Public area untuk melakukan koordinasi
operasional serta saling bertukar pikiran (sharing idea) untuk
meningkatkan dan memperbaiki kualitas pekerjaan dan pelayanan.
- Menjalankan prosedur keamanan, keselatnatan,
higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri
sendiri.
- Menjalankan tugas yang diberikan oleh Public area
Housekeeper atau Executive Housekeeper/Assistant atau Floor Housekeeper
E. Tugas dan Tanggung Jawab Supervisor Room
- Membantu Executive Housekeeper dalam mengatur dan
mengawasi kelancaran kerja staff yang berada pada department Housekeeping
- Bertanggung jawab atas
kebersihan kamar sesuai dengan standard dan prosedur yang telah di
tentukan.
- Memberikan penugasan dan
arahan terhadap tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh karyawan di floor section
serta meyakinkan bahwa pelaksanaan kerja sesuai dengan standar yang
di tentukan.
- Memberikan pengarahan dan
bimbingan kepada Room Attendant dan Order taker terhadap cara-cara yang
sistematis dan evisient.
- Melakukan hending over
dengan floor supervisor pada saat akan melakukan kerja dan handling
over pada saat akan menyelesaikan tugas.
- Memeriksa daftar kehadiran
Room Attendant dan Ordet taker setiap saat.
- Memeriksa kondisi kamar dan
melaporkan status kamar sesuai dengan pemeriksaan yang ada pemeriksaan
kamar harus berdsarkan atas kebersihan,kerapihan,kelengkapan,dan fungsi
dari peralatan kamar.
- Memeriksa secara teliti atas
kamar-kamar yang akan di gunakan hari itu berdasarkan Expected Arrival
oleh Front office.
- Memeriksa
kerapihan,kebersihan, dan kelengkapan peralatan keperluan Floor Section
seperti Tolly,linen,ameneties,cleanind Suplies,cleaning agent,dan cleaning
equipment baik di floor station atau pantry,maupun di trolly yang
disediakan di setiap lantai.
- Menjalankan procedure
keamanan,keselamatan,higinies,dan sanitasi baik untuk kepentingan
tamu,orang lain dan diri sendiri.
- Menjalankan tugas yang
diberikan oles Executive Housekeeper/assistant.
F. Tugas dan Tanggung Jawab Linen
Supervisor
- Bertanggung jawab thd operasional sehari-hari serta melakukan
penyelesaian masalah yg terjadi di Linen Room
- Melakukan pengawasan dan pengontrolan terhadap linen yg dikirim
ketiap-tiap floor maupun F&B outlet
- Membuat laporan dan data-data linen dan uniform yg diserahkan kpd Ast
EHK
- Melakukan pengawasan thd penggunaan peralatan yg disediakan utk
operasional di Linen & Uniform room
- Melakukan inventarisasi secara berkala terhadap semua linnen &
Uniform
G. Tugas dan Tanggung Jawab
Room Attendant
- Menerima penugasan dan
pengarahan dari floor Supervisor.
- Melakukan handing over dari Room attendant night
shift,morning shift dan evening shift
- Menyiapkan trolley dgn perlatan kerja, guest
suplies, cleaning supplies dan linen untuk setiap floor station (
dilakukan room attendant night shift)
- Memerikasa status kamar
sesuai dgn EA diarea yg ditugaskan, kondisi dan melaporkan status kamar
sesuai dgn hasil pemeriksaan
- Melaporkan pada Floor
Supervisor jika terjadi perbedaan status kamar
- Membersihkan kamar sesuai
dgn SOP
- Melakukan turn down service
dan membersihkan kamar yg late check-out, membantu pengiriman laundry yg
bersih ke kamar ( diilakukan room attendant evening shift)
- Membuat room attendant
report dan mengembalikan kunci pada saat akhir penugasan
- melaporkan kepada Floor
Supervisor / order taker jika ada barang tamu yg tertinggal
- Menjaga penggunaan dan
pemakaian atas biaya yg dikeluarkan untuk penggunaan guest suplies dan
cleaning supplies
H. Tugas dan Tanggung Jawab
Houseman Attendant
- Melakukan handing over dengan shift
morning, evening and night cleaner pada saat menyelesaikan tugas
- Membersihkan standing ashtray di area lobby dan
area umum lainnya
- Melakukan dusting di tangga, furniture, public
area
- Membersihkan, sampah, lantai dengan sweeping dan
mopping, kaca dan jendela di lobby, toilet dan area umum lainnya
- Membersihkan restaurant atau
F&B Outlet setelah makan pagi, siang dan malam.
- Membersihkan back office, setelah office hour dan
employee room, kantin, koridor dan ruang parkir
- Membantu membuang sampah dan
linen kotor dari room attendant trolley
- Menjaga kondisi meeting
room, ruang banquet dalam keadaan rapi dan bersih
- Mengikuti briefing setiap
hari
I. Tugas dan Tanggung Jawab
Linen Attendant
- Mengatur dan menyiapkan
linen yang akan di pakai oleh HK serta F&B outlet
- Menyiapkan towel untuk HK
- Menerima linen kotor
- Menerima linen bersih yang
sudah dicuci dari laundry, memeriksa, menghitung, mencatat dan
menyimpannya
- Memelihara linen
- Melakukan pengecekan linen
yg akan dikirim
- Melakukan inventarisasi
secara berkala
- Membuat laporan linen yg
hilang
- Menjaga keamanan dan kebersihan
linen room
J. Tugas dan Tanggung Jawab Mini
Bar
- Mengecek Mini Bar yang ada di kamar saat tamu check out
- Melengkapi minuman yang kurang di mini bar
- Membersihkan
mini bar saat tamu check out
K. Tugas dan Tanggung Jawab Pool
Supervisor
- Menjaga dan Memelihara
kebersihan sekitar kolam.
- Menjaga kebersihan air
kolam.
- Menjaga PH air tetap normal
- Memvakum dasar kolam dari
kotoran yang tenggelam ke dasar.
- Membalancing air yang ada di ruang balancing dan
mesin pompa
- Merawat mesim Pompa supaya awet sebagai salah
satu Work and Duties petugas kolam
- Menjaga kualitas air dengan
memperhatikan kejernihannya.
- Responsibilities dalam
Menjaga agar air kolam tidak berbau.
- Menjaga permukaan kolamm
bebas dari sampah dedaunan.
- Menjaga dan mengumpulakn
handuk yang sudah selesai dipergunakan oleh tamu
- Mengembalikan handuk kotor
ke bagian linen atau laundry.
- Mengambil handuk baru atau
bersih ke bagian Linen.
- Tanggung Jawab dalam
Memasang dan menyediakan payung dikolam atau sekitar area kolam.
- Memiliki Tugas melayani dan menyediakan meja
kursi untuk tamu si kolam area.
2.2 Struktur
Organisasi Housekeeping Department
3.4
Departemen Yang Ada di Taman Rosani Hotel
- Front
Office Department
Front office ini merupakan kantor depan yang secara
langsung bertemu dengan tamu hotel. Disamping itu front office juga merupakan
pendukung kemajuan dan kelancaran suatu hotel.
- Housekeeping Department
Housekeeping adalah suatu departemen yang tuganya mengatur serta merawat
kebersihan, keindahan, kenyamanan serta keamanan di area hotel sehingga dapat
member arti bagi tamu hotel.
- Accounting Department
Adalah department yang bertanggung jawab atas kerja bagian keuangan. Adapun
fungsi dari accounting adalah pengaturan pemasukan dan pengeluaran keuangan
hotel.
- Marketing Department
Departemant ini bertugas mempromosikan hotel agar
lebih dikenal, baik itu kamar, harga kamar, fasilitas maupun sarana lainnya.
- Engineering Department
Department ini yang menangani dekorasi atau
menghias serta untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan disekitar hotel yang
memerlukan tenaga-tenaga ahli terutama untuk perbaikan listrik dan elektronika.
- Personalia Department
Department ini bergerak di bagian penerimaan calon
pegawai baru dan member training kepada pegawai dalam jangka waktu tertentu.
- Security Department
Department ini bertugas mengawasi keamanan dan
keselamatan dalam hotel terutama kamar-kamar dan public area serta
barang-barang milik tamu.
- Food and Bavarage Department
Depatment ini bertugas melayani pelayanan room
service,menu dikamar,clear up dan FB product menyiapkan makanan
3.5. Hubungan Housekeeping Department dengan
Department lain.
- Hubungan bagian Housekeeping dengan bagian Front
Office
1.
Housekeeping
dan Front office merupakan room division yang saling terkait dalam proses
penyiapan dan penjualan kamar-kamar.
2.
Housekeeping
menyimpan dan membuat laporan Lost & found dan konfirmasikan pada
Front Office.
3. Housekeeping melaporkan status
kamar yang sebenarnya pada Front office
4. Housekeeping menyiapkan
kamar-kamar dan konfirmasi pada Front office bahwa kamar siap dijual.
5. Front office mengirimkan laporan kamar-kamar occupied
pada Hoousekeeping.
6. Front office menginformasikan
kamar-kamar baru chek-in pada Housekeeping.
7. Front office menginformasikan
kamar-kamar Chek-out maupun daftar akan Chek-out pada Housekeeping.
8. Front office meginformasikan
kamar-kamar Change room pada Housekeeping.
9.
Front office
membuat laporan perbedaan room status ( room descripancy ) pada Housekeepping.
10. Front office
mengimformasikan permintaan extra dan complain dari tamu pada
Hoousekeeping.
·
Hubungan bagian Housekeeping dengan bagian Binatu ( laundry )
Hubungan ini meliputi pengambilan dan serah terima
Guest laundry,linen-linen,uniform kotor dan bersih dan saling menkofirmasikan
tentang keluhan pencucian.
·
Hubungan bagian Housekeeping dengan bagian Enggenering
Hubungan ini erat sekali karena menyangkut
operasional hotel dalam hal pemeliharaan dan perbaikan peralatan dan fasilitas
hotel terutama yang digunakan untuk kepentingan tamu.
·
Hubungan
bagian Housekeeping dengan bagian Purchasing
Hubungan ini dalam hal pembelian peralatan dan perlengkapan
yang sesuai dengan operasional Housekeeping
·
Hubungan bagian Housekeeping dengan bagian HRD
Berupa urusan kepegawaian seperti permintaan tenaga
kerja,pelantikan pegawai, program training,gaji,tunjangan,cuti pegawai,urusan
jaminan social dan lain-lain.
·
Hubungan
bagian Housekeeping dengan bagian Security
Hubungan ini meliputi pelaporan dan pengawasan
keamanan dan keselamatan dalam hotel terutama kamar-kamar dan public area
serta barang-barang milik tamu.
·
Hubungan bagian housekeeping dengan bagian Food and bavarage
Hubungannya berkaitan dengan pelayanan room
service, menu dikamar, clear up dan FB product menyiapkan makanan.
BAB IV
PEMBAHASAN
4.1. Deskripsi Kegiatan Room Attandent
Room attandent adalah : Orang
yang bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan menciptakan menjaga
kebersihan, merawat fasilitas, menata, merapihkan perlengkapan dalam guest room
serta memberikan pelayanan terhadap kebutuhan tamu menginap sesuai dengan
standar operasional dan prosedur perusahaan.
Tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:
- Datang 15 menit sebelum
bertugas, memakai uniform lengkap dan merapikan diri, dan langsung absen
menggunakan sidik jari.
- Menghadiri briefing
housekeeping dan melakukan serah terima pekerjaan seperti :
- menerima lembaran penugasan
(room assignment).
- menerima dan membaca buku
harian roomboy report
- serah terima kunci kamar
- Menerima arahan dan
bimbingan dari atasan terhadap cara kerja yang sistematis efektif dan
efisien.
- Menerima dan melaksanakan
tugas terhadap pekerjaan yang harus dikerjakan dari atasan.
- Melakukan preparing dengan
baik seperti :
- membersihkan trolly dan
menata peralatan kerja dan menata perlengkapan guest room, linen
room dan guest supliess untuk kelancaran kerja.
- Memeriksa seluruh kamar yang
menjadi tanggung jawab dan menuliskan status kamar pada room assignment
sheet.
- Memeriksa dengan teliti atas
kamar kamar yang akan digunakan hari ini berdasarkan expected arrival list
dari FO.
- Melaporkan kerusakan yang
terjadi dalam guest room pada atasan atau departemen terkait untuk
langsung diperbaiki (jika ada).
- Melaporkan lost and found /
barang tamu yang tertinggal pada atasan (jika ada) sesuai dengan standar
operasional dan prosedur perusahaan.
- Membersihkan guest room dan
memberikan pelayanan atas segala kebutuhan tamu yang menginap sesuai
dengan standar operasional dan prosedur perusahaan.
- Melaksanakan dan menjalankan
prosedur keselamatan,keamanan,hygenis dan sanitasi untuk kepentingan
tempat kerja,diri sendiri,rekan kerja dan tamu.
- Mendokumentasikan kegiatan
dan hasil pekerjaan hari ini, seperti :
- mengisi atau mencatat pada
room assigment sheet tentang laporan status kamar dan
b. pemakaian serta penggantian linen
dan perlangkapan di kamar.
- Merapikan trolley dan
membersihkan pantry jika kegiatan pembersihan kamar sudah selesai.
- Menyerahkan kembali room
assigment sheet kepada atasan.
4.2. Alat-Alat Yang Digunakan:
- Floor broom
- Mop
- Dushpen
- Cady
- Toilet bowl brush
- Sponge
- Ped
- Hand brush
- Bottle sprayer
- Squis
4.3. Chemical yang digunakan:
Go Getter
: untuk
membersihkan toilet bowl
Forward
: untuk
membersihkan washtafel
Shine Up
: untuk
membersihkan permkaan mebel dari kotoran
Glass Cleaner : untuk
membersihkan permukaan kaca
Air freshener :
untuk pengharum ruangan
Floor Cleaner : untuk
membersihkan lantai
4.4. Supplies yang digunakan:
Linen supplies
1.
Double sheet
(seprei untuk double bed)
2.
Single sheet
(seprei untuk single bed)
3.
Pillow case
(sarung bantal)
4.
Bath towel
(handuk mandi)
5. Hand towel (handuk tangan)
6.
Face towel
(handuk muka)
7.
Bath mat
Bathroom supplies
1.
Shampoo and
conditioner
2.
Bath gel
3.
Tooth brush
kit
4.
Shower cap
5.
Sewing kit
6.
Cotton buds
7.
Bath soap
8.
Tissue roll
9.
Tissue box
10. Sanitary bag
Printing supplies and stationary kit:
1.
Pencil
2.
Memo pad
3.
Guest comment
4.
Don’t
disturb sign
5.
Minibar list
6.
Laundry list
7.
Laundry bag
8.
Slipper
9.
Room service
menu
10. Hotel
Directory
Room supplies:
1.
Ashtray
2.
Gelas minum
3.
Water jug
4.5. Menata trolley dan perlengkapan
Room
attendant trolley biasanya disimpan di pantry, yaitu ruangan yang luasnya
seukuran kamar untuk menyimpan semua kebutuhan untuk satu lantai. Dalam satu lantai terdapat beberapa trolley, dimana jumlah trolley disesuaikan
dengan jumlah kamar. Sebagian besar trolley memiliki tiga rak. Masing-masing
rak mempunyai fungsi khusus. Dua rak paling bawah untuk menempatkan linen dan
rak paling atas untuk meletakkan aminities kamar. Penempatan sheet sebaiknya ditata
menurut jenisnya seperti single sheet, double sheet, pillow case, dll.
Hal yang perlu diperhatikan room attendant ketika
menggunakan trolley adalah sebagai berikut:
- Trolley ditempatkan dekat
dengan dinding dan tidak menghalangi koridor
- Trolley didorong bukan
ditarik
- Trolley harus selalu dalam
keadaan bersih dan rapi sehigga enak dipandang mata
- Usahakan untuk tetap
menempatkan trolley dekat dengan area kerja
- Jagalah barang-barang pada
trolley tetap tertata rapi pada tempatnya
- Jangan pernah mengisi
trolley melebihi kapasitas. Room attendant harus tetap dapat melihat arah
ke depan
- Lengkapi trolley dengan
persediaan yang cukup agar pekerjaan menjadi efisisen
4.6. Prioritas pembersihan kamar
- Kamar-kamar yang telah
meminta untuk dibersihakan terlebih dahulu, biasanya dipasang tanda
”please make up my room”
- Kamar-kamar yang berangkat
pagi ( early check out )
- Kamar-kamar check out yang
lain
- Kamar-kamar occupied
- Kamar-kamar yang meminta
dibersihakan pada waktu waktu terakhir (siang hari )
4.7. Membersihkan dan merapikan
kamar
- Mengetuk pintu kamar / knocking the door
Sebelum memasuki kamar tamu,
ketuk pintu menggunakan jari tengah. Setelah mengetuk pintu, ucapkan identitas
departemen seperti ”Room boy”, ”Room maid”, atau ”housekeeping”. Kemudian
tunggu 5 sampai 10 menit, jika belum ada jawaban ulangi mengetuk pintu, setelah
tiga kali tidak mendapat jawaban, buka pintu pelan-pelan sambil mengucapkan
”Housekeeping, may i come in, please?”
- Memasuki kamar tamu / entering the guestroom
- Apabila tamu ada di dalam kamar ucapkan “I am
sorry to disturb you, May I clean your room”. Dari jawaban tamu, anda
akan mengetahui apakah harus kembali lagi pada waktu yang ditentukan oleh
tamu atau boleh masuk dan membersihkan pada waktu itu juga.
- Apabila tamu masih
tertidur, tinggalkan kamar dengan menutup pintu kembali perlahan-lahan.
- Apabila anda mendengar
suara yang menunjukkan tamu sedang di kamar mandi, tinggalkan kamar
dengan menutup pintu pelan-pelan. Jika tamu mendengar anda masuk
sementara ia masih di kamar mandi, minta maaflah dan katakan anda akan
kembali lagi nanti.
- Apabila tamu kebetulan
tidak berada di dalam kamar, lanjutkan dengan pembersihan kamar sesuai
standar.
- Apabila kamar tamu masih
dalam tanda ”Do Not Disturb” hingga siang hari, maka laporkan kepada
supervisor
- Laporkan juga kepada
supervisor menenai kamar-kamar yang dikunci ganda dan tidak merespon
panggilan anda.
- Pekerjaan awal / beginning
tasks
- Nyalakan semua lampu yang
ada
- Buka tirai kamar dan
perikasa keadannya
- Periksa pengatur pendingin
ruangan (AC)
- Periksa kondisi kamar dan
peralatan electronik secara keseluruhan
- Angkat semua linen kotor
kamar mandi dan tampung di kantong linen kotor pada trolley
- Angkat asbak dan gelas
kotor. Buang abu rokok di tempat sampah dan bawa asbak dan gelas
kotor tersebut ke kamar mandi, rendam di wash basin menggunkan air
hangat. Kemudian ambil semua sampah, tampung sampah tersebut di kantong
sampah pada trolley. Keluarkan tray, gelas, botol dan peralatan room
service tempatkan di pinggir koridor. Telepon seksi room service untuk
mengambilnya
- Pada kamar occupied,
rapikan majalah, koran-koran, kertas-kertas lainnya. Jangan pernah
membuang kertas atau barang yang anda anggap tidak penting di dalam kamar
occupied kecuali barang tersebut sudah berada di tempat sampah.
- Jika membersihkan kamar
check out, periksa laci meja untuk memastikan tidak terdapat
barang-barang tamu yang tertinggal
- Menata tempat tidur / make
up bed
Untuk kamar occupied, pembersihan
utama dimulai dari penataan tempat tidur, karena penampilan tempat tidur akan
mempengaruhi penilaian tamu terhadap keseluruhan kamar. Meskipun kamar mandi
dan tempat lain belum dikerjakan, namun apabila tempat tidur sudah di-make up,
kesan bersih dan rapi dapat diciptakan. Disarankan untuk stripping bed (melepas
linen-linen tempat tidur) segera setelah memasuki kamar tamu. Sebelum striping
bed pindahkan barang-barang milik tamu yang mungkin diletakkan di atas tempat
tidur, letakkan di tempat yang mudah dilihat seperti di bed side table agar
setelah selesai make up barang tersebut dapat dikembalikan pada posisi semula
di atas tempat tidur.
Make up bed dengan 3 sheet
Tarik bed kurang lebih 30 cm untuk memberikan space
bekerja.
Lepaskan sheet kotor dari bed, pastikan bed pad
terpasang dengan rapi.
Dengan posisi membelakangi headboard, tebarkan
bottom sheet secara merata dengan posisi garis setrikaan sheet di
tengah-tengah. Tarik sheet sampai ke bagian bawah mattress, kurang lebih 5 cm
dari lantai. Masukkan seprai ke dalam bed, bentuk lipatan segitiga pada bagian
kanan dan kiri tempat tidur.
Tebarkan sheet kedua, tarik sheet sampai ujung
sheet sejajar dengan bagian pinggir depan tempat tidur.
Tebarkan selimut sambil menariknya sampai ke bagian
atas tempat tidur sisakan space kurang lebih 30 cm.
Tebarkan sheet ketiga, tarik hingga sejajar dengan
sheet kedua.
Lipat sisa antara ujung sheet kedua dan ketiga ke
arah ujung selimut dua kali dan rapikan.
Masukkan ujung kanan dan kiri, melangkah ke bagian
kaki tempt tidur, tarik sheet satu per satu mulai dari sheet kedua, selimut dan
sheet ketiga. Tarik hingga tidak terdapat lipatan. Masukkan ujung sheet ke
dalam bed. Bentuk lipatan segitiga pada bagian kanan dengan lipatan berada
disamping lanjutkan membuat lipatan segitiga di sebelah kiri.
Masukkan pillow ke dalam pillow
case, tempatkan di bagian atas tempat tidur dan pasang bed runner.
Terakhir dorong kembali bed ke headboard
Make Up Bed Dengan Duvet
- Pada setiap pojok inner maupun cover duvet terdapat tali atau perekat.
Pasang duvet dengan posisi dibalik atau jahitan berada di luar. Hubungkan
tali-tali tersebut satu persatu menurut ujungnya.
- Baliklah inner inner dan cover sehingga posisi normal inner berada di
dalam cover. Rekatkan perekat lubang bawah, lalu tebarkan sehingga posisi
inner di dalam mengisi secara rata di dalam covernya.
- Pemasangan pada tempat tidur/mattres lebih baik dimulai dari kaki bed
sehingga patokan tinggi rendah yang menutupi mattress. Lalu lipat bagian
atas/ kepala mattress keluar ke arah kaki bed sekitar 10 cm, kemudian
diatasnya diletakkan pillow
- Membersihkan bathroom
Mulailah pembersihan dari
objek teratas menuju objek terendah untuk menghindaripengotoran objek yang
dibersihkan. Sebaiknya caddy dibawa masuk ke bathroom agar tidak kembali keluar
untuk mengambil peralatan.
Cuci gelas, sendok cangkir yang ada di kamr di wash basin kemudian
keringkan. Periksa jika ada yan rusak.
Bersihkan kotoran kotoran pada wash basin menggunakan forward, gosok
menggunakanpekemudian keringkan menggunakan OO towel atau rug.
Bersihkan dan kilapkan cermin wash basin menggunakan glass cleaner.
Semprotkan glass cleaner ratakan menggunakan sponge kemudian seka dengan glass
squeeze.
Membersihkan Bathtub, tuangkan bahan pembersih pada bathub termasuk tempat
sabun gosok menggunaka ped, bilas dan keringkan. Basahi shower kemudian lap.
Pastikan posisi shower terpasang sesuai standar. Bersihkan kotoran yang
terdapat di saluran air/drain. Bersihkan dinding kamar mandidan kilapkan
fitting yang terbuat dari crome termasuk shower curtain rail. Posisikan tirai
kamar mandi.
Membersihakn toilet bowl, tekan flusher untuk menyemburkan air pada toilet
buka tutup toilet kemuadian tuangkan go getter diamkan beberapa menit hingga
bereaksi, gosok menggunakan toilet bowl brush kemudian tekan flusher untuk
membilas toilet. Lap bagian luar dan bawah toilet, tempat duduk dan tutup
toilet. Tutup kembali toilet. Kemudian keringkan lantai bathroom.
Mengganti linen dan amenities
bathroom.
Periksa kebersihan dan kondisi semua linen di kamar
mandi. Jika terdapat noda atau kerusakan ganti dengan yang baru. Ambil bathroom
linen dari trolley
kemudia lipat sesuai dengan standar hotel.
Lipat toilet paper dan facial tissue sesuai standar
hotel. Lengkapi aminities kamar mandi sesuai standar hotel.
6. Dusting
§ Damp dusting :
Damp dusting adalah mengelap
menggunakan lap yang lembab, dengan tehnik searah jarum jam dan dari atas ke
bawah. Dimulai dari belakang pintu, wardrobe, coffee table dan seterusnya.
§ Dry dusting :
Dry dusting adalah mengelap
menggunakan lap kering, dengan tehnik dari atas ke bawah. Digunakan untuk
mendusting permukaan kaca.
Pada saat dusting, langsung
merapikan room facilities dan melengkapi room facilities yg kurang.
7. Sweeping
Sapu dari pojok terjauh dengan
pintu masuk, terutama di belakang korden, bawah sofa, kursi, bed side table dan
luggage rak.
- Moping
Moping dilakukan dari pojok
terjauh dan dilakukan dengan tehnih menarik kotoran yg tersisa seperti debu dan
serpihan-serpihan.
- Final check
Chek semua kelengkapan kamar, dan
jangan sampai meninggalkan alat-alat di kamar. Jika dirasa sudah lengkap tutup
pintu dan isi inventori sesuai dengan nomer kamar dan semua yg diganti.
BAB V
PENUTUP
5.1. Simpulan
Dari Pelaksanaan Praktek Kerja
Industri, penulis dapat menyimpulkan bahwa dengan adanya Praktek Kerja Industri
sebagai salah satu kurikulum yang wajib diikuti, penulis dapat mempraktekkan
teori dan praktek yang di dapat di Sekolah di industri, sehingga penulis dapat
membandingkan dan menambah ilmu yang kurang dari pelaksanaan Praktek Kerja
Indsutri tersebut.
Bahwa dalam Praktek Kerja
Industri yang dilakukan di industri memiliki manfaat yang sangat besar bagi
penulis sebagai jenjang dalam meniti karier di bidang pariwisata dan
perhotelan, sebab dengan melaksanakan training di industri, penulis bisa
mengetahui segala sesuatu yang ada di hotel dan apa yang di lakukan di
hotel
Selain itu, melalui Praktek Kerja
Industri juga membuat penulis menjadi tahu bagaimana cara melayani tamu dengan
baik, dan mengetahui standar minimum yang harus diketahui dalam bekerja. Dari
Praktek Kerja Industri ini juga penulis mengetahui bagaimana caranya bekerja
dengan cepat dan tepat.
5.2. Saran
§ Ditingkatkan
suasana kerja yang kompak dan kekeluargaan.
§ Melaksanakan On
The Job Training dengan penuh semangat dan total, sehingga setelah selesai
nanti benar-benar mendapatkan hasil yang maksimal pula,
§ Mempertahankan
serta meningkatkan pelayanan kepada tamu.
§ Sebagai seorang
trainee sebaiknya digunakan sebaik mungkin sebagai tempat bertanya dan belajar
banyak hal mengenai dunia industri pehotelan dan pariwisata
§ Sebaiknya semua
trainee selalu disiplin dalam hal mentaati semua aturan yang berlaku di hotel.
§ Sebaiknya
management tidak memaksakan kehendak untuk memanfaatkan tenaga trainee untuk
sistem kerja overtime.
§ Sebaiknya
management tidak melarang kewajiban trainee, seperti kegiatan gathering ketika
tenaga trainee dibutuhkan pada saat occupancy tinggi.
Daftar Pustaka
Bagyono. 2008. Modul Menyiapkan Kamar Untuk Tamu. Penerbit Erlangga.
Rumekso. 2004. Housekeeping Hotel. Andi Yogyakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
BERKOMENTARLAH DENGAN BIJAK DENGAN MENJAGA TATA KRAMA TANPA MENGHINA SUATU RAS, SUKU, DAN BUDAYA