CLICK FOR CLAIM PROMO !

Senin, 07 Maret 2016

Makalah Tentang Management Perusahaan

Subscribe
Adapun tugas dan tanggung jawab dari masing-masing section di PT Jasa Angkasa Semesta Tbk dapat dijabarkan sebagai berikut:

1.   Station Manager
Station Manager adalah pemimpin tertinggi masing-masing section atau unit department yang berada dibawahnya. Tugas Station Manager adalah mengontrol semua department dan mengatur semua hubungan kerja baik dengan maskapai penerbangan atau airlines yang menjadi pelanggannya.

2.   Customer Service Unit and Training
Customer Service Unit adalah bawahan dari section manager yang memounyai tugas menjaga station performance dan melakukan training karyawannya. Selain itu Customer Service Unit adalah membina hubungan baik dengan semua pelanggan PT Jasa Angkasa Semesta, dimana Customer Service Unit langsung bertanggung jawab kepada station manager.

3.   Support and Admin Manager
Support and Admin Manager adalah bawahan dari station manager yang mempunyai tugas bertanggungjawab dalam menangani segala hal yang berkaitan dengan fasilitas dan sarana pendukung yang menunjang kegiatan operasional perusahaan serta kegiatan administrasi perusahaan yang ditangani oleh semua section di bawahnya. Support and Admin Manager langsung bertanggungjawab kepada Station manager.



4.   Lounge Coordinator
Lounge Coordinator adalah bawahan dari Station Manager yang mempunyai tugas bertanggung jawab dalam menangani lounge yang akan dipakai oleh penumpang first dan business class ataupun VIP selama menunggu keberangkatan tiba.

5.   Ground Handling Manager (Deputy Ground)
Ground Handling Manager (Deputy Ground) adalah bawahan dari station manager yang mempunyai tugas bertanggung jawab terhadap ground handling unit performance dalam hal ini adalah bawahannya pada departemen terminal, apron, dan maintenance. Dimana Deputy Ground langsung bertanggung jawab kepada station manager. Adapun yang menjadi bawahan dari Ground Handling Manager (Deputy Ground), antara lain:

a.   Terminal
Terminal mempunyai tugas dan bertanggung jawab terhadap pelayanan yang diberikan kepada penumpang pada area terminal keberangkatan dan kedatangan yang ditangani oleh section di bawahnya. Adapun section yang menjadi bawahan dari terminal, antara lain :
1.   Check-in Section
Section ini bertugas menangani check in passanger. Proses ini meliputi greeting, pemeriksaan passanger document seperti ticket, passport, visa, penimbangan bagas'i penumpang, labeling passanger baggage ( pemberian label pada bagasi penumpang), pemberian boarding pass kepada penumpang dan terakhir menginformasikan



kepada penumpang mengenai pembayaran airport tax, lokasi gate, dan waktu keberangkatan. Dimana check in section langsung bertanggung jawab kepada terminal (PIC).

2.   Services Section
Section ini bertugas memberikan pelayanan atau service kepada penumpang yang perlu penanganan khusus seperti tamu MAAS, tamu yang berkursi roda, tamu yang buta, dan yang lainnya. Pelayanan yang diberikan mulai dari penumpang memasuki bandara, melewati security check, melakukan proses check in, pembayaran airport tax, immigration clearance, security check ketika memasuki boarding lounge, hingga boarding passanger ketika akan berangkat. Service section juga bertugas menangani cabin crew dari kedatangan sampai mengantarnya keluar dari bandara dan diserahkan pada pihak yang sudah menjemputnya. Dimana service section ini langsung bertanggung jawab kepada terminal.

3.   Lost and Found Section
Section ini bertugas menangani bagasi penumpang yang tiba di bandara yang menjadi destinasi yang menurunkan dan menata serta mengaturnya di baggage claim area. Section ini juga menangani segala hal yang berkaitan dengan bagasi penumpang yang rusak, hilang dan tidak tiba tepat pada waktunya. Dimana section ini bertanggungjawab pada terminal.




4.   Ticketing Section
Ticketing adalah section yang khusus menangani masalah tiket penumpang yang melalui agent maupun secara online. Dimana ticketing section langsung bertanggungjawab kepada terminal.
 b.  Apron
Apron adalah bawahan dari  Ground Handling Manager (Deputy
Ground) yang bertanggungjawab atas apron operational yang ditangani
oleh section yang menjadi bawahannya.  Dimana apron langsung
bertanggungjawab   kepada   Ground   Handling   Manager   (Deputy
Ground).
Adapun section yang menjadi bawahan apron, antara lain :
1.   Operational (OPS)/ JAS Control Center (JCC)
Adapun section yang bertugas pada bagian Operational (OPS)/ JAS Control Center (JCC) antara lain :
a.    Operational Section
Operational Section bertugas menangani atau mengontrol kegiatan operational pesawat ketika berada di area parkir pesawat, baik yang tiba maupun yang akan berangkat, seperti membuka dan menutup pintu pesawat, pembuatan load sheet, dan lain sebagainya. Dimana operation section bertanggungjawab kepada apron.

b.   Aircraft Document Section
Aircraft Document Section bertugas mengurus segala sesuatu yang berkaitan dengan aircraft document yang dibutuhkan


dalam aktivitas penerbangan. Document tersebut antara lain : GENDEC (General Declaration) dan PAXMAN (Passanger Manifest). Dimana Aircraft Document ini bertanggungjawab kepada apron.

2.   Ramp Handling Section
Ramp Handling Section bertugas mengendarai segala kendaraan yang berfungsi untuk menangani bagasi, cargo, penumpang dan operasional pesawat seperti baggage handling car, push back car, dan yang lainnya dengan area kerja di wilayah sisi lapangan udara (apron). Dimana Ramp Handling Section bertanggungjawab kepada apron.

3.   Baggage Handling
Adapun section yang menangani bagasi penumpang di wilayah sisi lapangan udara (apron) antara lain :

a.   Alpha Lima Section
Alpha Lima Section bertugas menangani bagasi yang akan dimuat ke dalam pesawat (loading) berdasarkan loading instruction dari bagian operation serta bertugas dalam mengeluarkan bagasi dari pesawat (unloading) untuk dibawa ke baggage claim area. Dimana Alpha Lima Section langsung bertanggungjawab kepada apron.

b.   Alpha Bravo Section
Alpha Bravo Section bertugas dalam menata bagasi dalam ULD (Unit Load Device) atau baggage cart yang selanjutnya


akan dimuat ke dalam compartment pesawat oleh Alpha Lima Section. Dimana Alpha Bravo bertanggungjawab langsung kepada apron.

c.   Maintenance Maintenance adalah bawahan dari Ground Handling Manager (Deputy Ground) yang bertugas bertanggung jawab terhadap kesiapan serta kondisi semua peralatan dan perlengkapan yang biasa digunakan oleh para staff   ketika pelaksanaan kerja disetiap section yang menjadi bawahannya.   Dimana   maintenance   langsung   bertanggungjawab kepada Ground Handling Manager (Deputy Ground). Adapun bawahan dari maintenance diantaranya :

1.   Repair Section
Repair Section bertugas untuk memperbaiki peralatan yang mengalami kerusakan dan melakukan perawatan secara berkala terhadap peralatan tersebut untuk menjaga kondisinya agar tetap layak untuk di operasikan oleh semua staff yang menjalankan tugasnya pada masing-masing section. Repair section ini langsung bertanggungjawab kepada pimpinan maintenance.

2.   Work Shop Section
Work Shop Section memiliki tugas mengurus dan mempersiakan Work Shop dan juga material yang akan dipakai dalam perbaikan peralatan tersebut. Work Shop Section bertanggungjawab langsung kepada pimpinan maintenance.



6. Silver Manager
Silver Manager adalah bawahan dari Station Manager yang memiliki tugas dan tnggungjawab sebagai coordinator dan penghubung kegiatan antar domestik airlines yang menjadi pelanggan PT Jasa Angkasa Semesta dengan Ground Handling Department Head dalam pemberian ground handling service kepada airlines tersebut pada terminal keberangkatan dan kedatangan domestik serta wilayah sisi lapangan udara. Silver manager bertanggungjawab langsung kepada Station Manager.

7. Cargo Manager (Deputy Cargo)
Cargo Manager (Deputy Cargo) adalah bawahan dari Station Manager yang memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap cargo performance service yang ditngani oleh unit yang menjadi bawahannya. Deputy Cargo langsung bertanggungjawab kepada station Manager. Adapun beberapa bawahan Cargo Manager (Deputy Cargo) antara lain :
a.       Export Section : yang bertugas menangani segala sesuatu yang berhubungan dengan pengiriman cargo keluar negeri (export). Dimana export section ini bertanggungjawab langsung kepada cargo manager.

b.   Import Section : yang bertugas menangani segala sesuatu yang berhubungan dengan pengiriman cargo dari luar negeri (import). Dimana Import Section ini bertanggungjawab langsung kepada Cargo Manager.

c.   Transhipment Section : memiliki tugas dan tanggungjawab dengan menangani segala kegiatan yang berhubungan dengan operasional cargo   yang   berkaitan   dengan   penerimaan,   penyimpanan   dan pengiriman cargo. Transhipment Section bertanggungjawab langsung kepada Cargo Manager.
 8.   Security Coordinator
Security Coordinator adalah bawahan dari Station Manager yang memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai koordinator keamanan operasional PT Jasa Angkasa Semesta. Security Coordinator bertaoggungjawab langsung kepada Station Manager.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERKOMENTARLAH DENGAN BIJAK DENGAN MENJAGA TATA KRAMA TANPA MENGHINA SUATU RAS, SUKU, DAN BUDAYA

SIMAK JUGA ARTIKEL DAN MAKALAH LAINNYA

Soal UAS PKN TAHUN 2017