Subscribe
Adapun tugas dan tanggung jawab dari
masing-masing section di PT Jasa Angkasa Semesta Tbk dapat dijabarkan sebagai
berikut:
1. Station Manager
Station Manager adalah pemimpin tertinggi masing-masing section
atau unit department yang berada dibawahnya. Tugas Station Manager adalah
mengontrol semua department dan mengatur semua hubungan kerja baik dengan
maskapai penerbangan atau airlines yang menjadi pelanggannya.
2. Customer Service Unit and Training
Customer Service Unit adalah bawahan dari section manager yang
memounyai tugas menjaga station performance dan melakukan training karyawannya.
Selain itu Customer Service Unit adalah membina hubungan baik dengan semua pelanggan
PT Jasa Angkasa Semesta, dimana Customer Service Unit langsung bertanggung
jawab kepada station manager.
3. Support and Admin Manager
Support and Admin Manager adalah bawahan dari station manager yang
mempunyai tugas bertanggungjawab dalam menangani segala hal yang berkaitan
dengan fasilitas dan sarana pendukung yang menunjang kegiatan operasional
perusahaan serta kegiatan administrasi perusahaan yang ditangani oleh semua
section di bawahnya. Support and Admin Manager langsung bertanggungjawab kepada
Station manager.
4. Lounge Coordinator
Lounge Coordinator adalah bawahan dari
Station Manager yang mempunyai tugas bertanggung jawab dalam menangani lounge
yang akan dipakai oleh penumpang first dan business class ataupun VIP selama
menunggu keberangkatan tiba.
5. Ground Handling Manager (Deputy Ground)
Ground Handling Manager (Deputy Ground)
adalah bawahan dari station manager yang mempunyai tugas bertanggung jawab
terhadap ground handling unit performance dalam hal ini adalah bawahannya pada
departemen terminal, apron, dan maintenance. Dimana Deputy Ground langsung
bertanggung jawab kepada station manager. Adapun yang menjadi bawahan dari Ground
Handling Manager (Deputy Ground), antara lain:
a.
Terminal
Terminal mempunyai tugas dan bertanggung jawab terhadap pelayanan
yang diberikan kepada penumpang pada area terminal keberangkatan dan kedatangan
yang ditangani oleh section di bawahnya. Adapun section yang menjadi bawahan
dari terminal, antara lain :
1. Check-in Section
Section ini bertugas menangani check in passanger. Proses ini
meliputi greeting, pemeriksaan passanger document seperti ticket, passport,
visa, penimbangan bagas'i penumpang, labeling passanger baggage ( pemberian
label pada bagasi penumpang), pemberian boarding pass kepada penumpang dan
terakhir menginformasikan
kepada penumpang mengenai pembayaran
airport tax, lokasi gate, dan waktu keberangkatan. Dimana check in section
langsung bertanggung jawab kepada terminal (PIC).
2.
Services Section
Section ini bertugas memberikan pelayanan atau service kepada
penumpang yang perlu penanganan khusus seperti tamu MAAS, tamu yang berkursi
roda, tamu yang buta, dan yang lainnya. Pelayanan yang diberikan mulai dari
penumpang memasuki bandara, melewati security check, melakukan proses check in,
pembayaran airport tax, immigration clearance, security check ketika memasuki
boarding lounge, hingga boarding passanger ketika akan berangkat. Service
section juga bertugas menangani cabin crew dari kedatangan sampai mengantarnya
keluar dari bandara dan diserahkan pada pihak yang sudah menjemputnya. Dimana
service section ini langsung bertanggung jawab kepada terminal.
3.
Lost and Found Section
Section ini bertugas menangani bagasi penumpang yang tiba di
bandara yang menjadi destinasi yang menurunkan dan menata serta mengaturnya di
baggage claim area. Section ini juga menangani segala hal yang berkaitan dengan
bagasi penumpang yang rusak, hilang dan tidak tiba tepat pada waktunya. Dimana
section ini bertanggungjawab pada terminal.
4. Ticketing Section
Ticketing adalah section yang khusus menangani masalah tiket
penumpang yang melalui agent maupun secara online. Dimana ticketing section
langsung bertanggungjawab kepada terminal.
b. Apron
Apron adalah bawahan dari
Ground Handling Manager (Deputy
Ground) yang bertanggungjawab atas apron operational yang
ditangani
oleh section yang menjadi bawahannya. Dimana apron langsung
bertanggungjawab
kepada Ground Handling
Manager (Deputy
Ground).
Adapun section yang menjadi bawahan apron, antara lain :
1. Operational (OPS)/ JAS
Control Center (JCC)
Adapun section yang bertugas pada bagian Operational (OPS)/ JAS
Control Center (JCC) antara lain :
a. Operational Section
Operational Section bertugas menangani atau mengontrol kegiatan
operational pesawat ketika berada di area parkir pesawat, baik yang tiba maupun
yang akan berangkat, seperti membuka dan menutup pintu pesawat, pembuatan load
sheet, dan lain sebagainya. Dimana operation section bertanggungjawab kepada
apron.
b. Aircraft Document
Section
Aircraft Document Section bertugas mengurus segala sesuatu yang
berkaitan dengan aircraft document yang dibutuhkan
dalam aktivitas penerbangan. Document tersebut antara lain :
GENDEC (General Declaration) dan PAXMAN (Passanger Manifest). Dimana Aircraft
Document ini bertanggungjawab kepada apron.
2.
Ramp Handling Section
Ramp Handling Section bertugas mengendarai segala kendaraan yang
berfungsi untuk menangani bagasi, cargo, penumpang dan operasional pesawat
seperti baggage handling car, push back car, dan yang lainnya dengan area kerja
di wilayah sisi lapangan udara (apron). Dimana Ramp Handling Section
bertanggungjawab kepada apron.
3.
Baggage Handling
Adapun section yang menangani bagasi penumpang di wilayah sisi
lapangan udara (apron) antara lain :
a. Alpha Lima Section
Alpha Lima Section bertugas menangani bagasi yang akan dimuat ke
dalam pesawat (loading) berdasarkan loading instruction dari bagian operation
serta bertugas dalam mengeluarkan bagasi dari pesawat (unloading) untuk dibawa
ke baggage claim area. Dimana Alpha Lima Section langsung bertanggungjawab
kepada apron.
b. Alpha Bravo Section
Alpha Bravo Section bertugas dalam menata bagasi dalam ULD (Unit
Load Device) atau baggage cart yang selanjutnya
akan dimuat ke dalam compartment pesawat oleh Alpha Lima Section.
Dimana Alpha Bravo bertanggungjawab langsung kepada apron.
c. Maintenance Maintenance adalah bawahan dari Ground Handling Manager (Deputy
Ground) yang bertugas bertanggung jawab terhadap kesiapan serta kondisi semua
peralatan dan perlengkapan yang biasa digunakan oleh para staff ketika pelaksanaan kerja disetiap section
yang menjadi bawahannya. Dimana maintenance
langsung bertanggungjawab kepada
Ground Handling Manager (Deputy Ground). Adapun bawahan dari maintenance
diantaranya :
1. Repair Section
Repair Section bertugas untuk memperbaiki peralatan yang mengalami
kerusakan dan melakukan perawatan secara berkala terhadap peralatan tersebut
untuk menjaga kondisinya agar tetap layak untuk di operasikan oleh semua staff
yang menjalankan tugasnya pada masing-masing section. Repair section ini
langsung bertanggungjawab kepada pimpinan maintenance.
2. Work Shop Section
Work Shop Section memiliki tugas mengurus dan mempersiakan Work
Shop dan juga material yang akan dipakai dalam perbaikan peralatan tersebut.
Work Shop Section bertanggungjawab langsung kepada pimpinan maintenance.
6. Silver Manager
Silver Manager adalah bawahan dari Station Manager yang memiliki
tugas dan tnggungjawab sebagai coordinator dan penghubung kegiatan antar
domestik airlines yang menjadi pelanggan PT Jasa Angkasa Semesta dengan Ground
Handling Department Head dalam pemberian ground handling service kepada
airlines tersebut pada terminal keberangkatan dan kedatangan domestik serta
wilayah sisi lapangan udara. Silver manager bertanggungjawab langsung kepada
Station Manager.
7. Cargo Manager (Deputy Cargo)
Cargo Manager (Deputy Cargo) adalah bawahan dari Station Manager
yang memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap cargo performance service yang
ditngani oleh unit yang menjadi bawahannya. Deputy Cargo langsung
bertanggungjawab kepada station Manager. Adapun beberapa bawahan Cargo Manager
(Deputy Cargo) antara lain :
a.
Export Section : yang
bertugas menangani segala sesuatu yang berhubungan dengan pengiriman cargo
keluar negeri (export). Dimana export section ini bertanggungjawab langsung
kepada cargo manager.
b. Import Section : yang
bertugas menangani segala sesuatu yang berhubungan dengan pengiriman cargo dari
luar negeri (import). Dimana Import Section ini bertanggungjawab langsung
kepada Cargo Manager.
c. Transhipment Section :
memiliki tugas dan tanggungjawab dengan menangani segala kegiatan yang
berhubungan dengan operasional cargo
yang berkaitan dengan
penerimaan, penyimpanan dan pengiriman cargo. Transhipment Section bertanggungjawab
langsung kepada Cargo Manager.
8. Security Coordinator
Security Coordinator adalah bawahan dari Station Manager yang
memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai koordinator keamanan operasional PT
Jasa Angkasa Semesta. Security Coordinator bertaoggungjawab langsung kepada
Station Manager.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
BERKOMENTARLAH DENGAN BIJAK DENGAN MENJAGA TATA KRAMA TANPA MENGHINA SUATU RAS, SUKU, DAN BUDAYA