Subscribe
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Observasi
merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dalam mengetahui cara mengajar
yang baik. Dalam hal ini saya selalu mahasiswa IKIP Saraswati melakukan
observasi di SD 4 Kediri untuk memenuhi tugas dalam bentuk Laporan Observasi
pembelajaran di kelas khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia. Laporan hasil
observasi ini disusun guna memenuhi tugas mata kuliah pengajaran mikro. Dengan
adanya observasi ini diharapkan kita dapat mengetahui bagaimana seorang guru mengajar
suatu pembelajaran Bahasa Indonesia kemudian kita sebagai seorang calon guru
tentunya dapat memilih mana yang baik dan tidak baik untuk diajarkan kepada
murid kita ketika sudah mengajar kelak.
B. Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar
belakang perumusan masalah di atas, maka dirumuskan permasalahan sebagai
berikut :
1. Bagaimana
proses kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia di SD 4 Kediri
2. Apakah
empat aspek ( menulis, membaca, menyimak, berbicara ) ada dalam proses
pembelajaran.
3. Apakah
empat aspek tersebut sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
C. Tujuan
Penyusunan Laporan
Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka
tujuan penyusunan Laporan Observasi ini adalah Sebagai berikut :
1. Mengetahui
proses kegiatan pembelajaran Bahsa Indonesia di SD 4 Kediri.
2. Mengetahui
apakah empat aspek ( Menulis, membaca,
menyimak,bebicara ) ada dalam proses pembelajaran.
3. Mengetahui
apakah empat aspek tersebut sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
D. Manfaat
Observasi
Setelah melakukan observasi ini,
diharapkan kita dapat memahami bagaiman cara mengajar yang benar dan
mengapiksikannya ketika kita menjadi guru dimasa yang akan datang.
E. Metode
Metode yang dipakai / digunakan dalam
penyusunan laporan Observasi ini adalah :
v Observasi
v Wawancara
BAB
II
HASIL
OBSERVASI
A. Paparan
Data :
Nama sekolah : SD No. 4 Kediri
Akreditasi : B
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kes / Semester : 4 / 1
Materi :
Penulisan Surat yang benar ( Kalimat Pembuka isi, dan Penutup
Surat )
Hari :
Rabu
Tgl :
20 Mei 2015
Jam :
07.30 – 08.40
Sumber Informasi : Sagung Putri
Supraniti.S.Pd.
NIP :
196202191985092001
Pengamatan
:
ü Guru
member I salam kepada Anak, Anak membalas salam guru.
ü Guru
mengabsen murid.
ü Guru
menggondisikan siswa secara Fisik maupun Fisikis.
ü Guru
member apersepsi yang sudah yang berhubungan dengan materi sebelumnya dan yang
akan diajarkan.
ü Guru
kurang member pertanyaan dasar dan lanjutan .
ü Guru
seharusnya sesekali member Penguatan.
ü Guru
kurang mengadakan variasi .
ü Penjelasan
Guru sesuai dengan materi.
ü Guru
melakukan bimbingan dalam diskusi kelolpok siswa .
ü Guru
Sudah melakukan pengelolaan kelas dengan baik.
ü Guru
harus meningkatkan lagi cara belajar kelompok kerja dan secara individu.
ü Tidak
ada rubric Penilaian.
Observasi
( Ida Ayu Manik Adayani
)
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Secara umum kegiatan observasi di kelas merupakan
suatu kegiatan yang sangat bermanfaat, karena kita bias memperoleh data
informasi yang akurat langsung dari objek sasaran.
B. Saran
Kegiatan observasi di kelas merupakan
suatu kegiatan yang sangat bermanfaat, untuk itu di sarankan pada calon guru
seperti kita dapat mengetahui bagaimana seorang guru mengajar suatu
pembelajaran , kemudian kita sebagai
seoarang calon guru tentunya dapat memilih mana yang baik dan tidak baik untuk
diajarkan kepada murid kita ketika sudah mengajar di kemudian hari.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I.
Identitas : SD No. 4 Kediri
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas
/ Semester : 4 / 1
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit ( 1
x Pertemuan )
Standar
Kompetensi
4. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan,
petunjuk, cerita dan surat.
Kompetensi
Dasar
4.4. Menulis
surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita – cita dengan bahasa yang
baik dan benar dan memperhatikan penggunaan ejaan ( huruf besar, tanda titik,
tanda koma, dll.).
Indikator
Ø Menjelaskan
bagian - bagian dari surat.
Ø Menulis
surat tentang pengalaman dan cita - cita dengan gaya penceritaan yang menarik
dan menggunakan EYD yang tepat.
II.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah peserta
didik mempelajari tema ini dapat:
Ø Menjelaskan
bagian - bagian dari surat.
Ø Menulis
surat tentang pengalaman dan cita - cita dengan gaya penceritaan yang menarik
dan menggunakan EYD yang tepat.
III.
Materi
Ajar
Ø Penulisan
surat yang benar ( kalimat pembuka, isi, dan penutup surat, EYD ).
IV.
Metode
Pembelajaran
Ø Ceramah
dan informasi
Ø Diskusi
/ Kooperatif
Ø Tanya
jawab
Ø Demonstrasi
Ø Tugas
Ø Kerja
kelompok
V.Langkah - Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
Ø Menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses
pembelajaran.
Ø Mengajukan
pertanyaan - pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi
yang akan dipelajari.
Ø Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
Ø Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2. KegiatanTnti
A. Eksplorasi
Ø Mendengarkan
teman memberi contoh membaca surat.
Ø Menyimak penjelasan bagian - bagian dari
surat.
Ø Menyimak
contoh penulisan surat.
B. Elaborasi
Ø Secara
individual, membaca contoh surat.
Ø Menjelaskan
bagian - bagian dari surat.
Ø Menulis
surat tentang pengalaman dan cita - cita dengan gaya penceritaan yang menarik
dan menggunakan EYD yang tepat.
C. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
Ø Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber.
Ø Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar :
a.
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab
pertanyaan peserta didik yang menghadapi 'kesulitan, dengan menggunakan bahasa
yang baku dan benar.
b. membantu menyelesaikan masalah.
c. memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh.
e. memberikan motivasi kepada peserta didik
yang kurang atau belum berpartisipasi
aktif.
Ø Menyimpulkan
materi tentang :
a. penulisan
surat yang benar ( kalimat pembuka, isi, dan penutup surat, EYD).
3 .
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup,
guru :
Ø Bersama
- sama dengan peserta didik dan / atau sendiri membuat rangkuman / simpulan
pelajaran.
Ø Melakukan
penilaian dan / atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah »
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
Ø Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Ø Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan,
layanan konseling dan / atau memberikan tugas baik tugas individu maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Ø Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Ø Memberikan
PR ( Buatlah surat kepada temanmu yang ada di luar daerah )
V. Sarana dan Sumber Belajar
Ø Buku
Saya Senang Berbahasa Indonesia kelas IV. Drs. Hanif Nurcholis, MA.,dkk. 2007.
Erlangga : Jakarta.
Ø KTSP
VI. Penilaian
1. Lisan
2. Tulisan (soal
terlampir)
3. Perbuatan / Performance
;
EVALUASI
1. Tulislah
surat yang kamu tujukan kepada temanmu yang isinya menceritakan
pengalaman mengikuti
Persami!
TINDAK LANJUT
Ø Bagi anak yang belum mencapai ketuntasan, akan
diadakan remidi dan bagi yang sudah mencapai ketuntasan, akan diberikan
pengayaan.
Mengetahui. Kediri,
22 Mei 2015
Kepala
Sekolah Guru
Kelas / Guru Mata Pelajaran
Drs. I Wayan Sueta Sagung Putri Supraniti.S.Pd. SD.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
BERKOMENTARLAH DENGAN BIJAK DENGAN MENJAGA TATA KRAMA TANPA MENGHINA SUATU RAS, SUKU, DAN BUDAYA