CLICK FOR CLAIM PROMO !

Senin, 07 Maret 2016

Contoh Laporan PKL Guru

Subscribe
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Observasi merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dalam mengetahui cara mengajar yang baik. Dalam hal ini saya selalu mahasiswa IKIP Saraswati melakukan observasi di SD 4 Kediri untuk memenuhi tugas dalam bentuk Laporan Observasi pembelajaran di kelas khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia. Laporan hasil observasi ini disusun guna memenuhi tugas mata kuliah pengajaran mikro. Dengan adanya observasi ini diharapkan kita dapat mengetahui bagaimana seorang guru mengajar suatu pembelajaran Bahasa Indonesia kemudian kita sebagai seorang calon guru tentunya dapat memilih mana yang baik dan tidak baik untuk diajarkan kepada murid kita ketika sudah mengajar kelak.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang perumusan masalah di atas, maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
1.      Bagaimana proses kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia di SD 4 Kediri
2.      Apakah empat aspek ( menulis, membaca, menyimak, berbicara ) ada dalam proses pembelajaran.
3.      Apakah empat aspek tersebut sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

C.     Tujuan Penyusunan Laporan
Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan penyusunan Laporan Observasi ini adalah Sebagai berikut :
1.      Mengetahui proses kegiatan pembelajaran Bahsa Indonesia di SD 4 Kediri.
2.      Mengetahui apakah  empat aspek ( Menulis, membaca, menyimak,bebicara ) ada dalam proses pembelajaran.
3.      Mengetahui apakah empat aspek tersebut sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

D.    Manfaat Observasi
Setelah melakukan observasi ini, diharapkan kita dapat memahami bagaiman cara mengajar yang benar dan mengapiksikannya ketika kita menjadi guru dimasa yang akan datang.

E.     Metode
Metode yang dipakai / digunakan dalam penyusunan laporan Observasi ini adalah :
v  Observasi
v  Wawancara






BAB II
HASIL OBSERVASI
A.    Paparan Data :
Nama sekolah                          : SD No. 4 Kediri
Akreditasi                               : B
Mata Pelajaran                                    : Bahasa Indonesia
Kes / Semester                                    : 4 / 1
Materi                                      : Penulisan Surat yang benar ( Kalimat Pembuka isi, dan Penutup
   Surat )
            Hari                                         : Rabu
            Tgl                                           : 20 Mei 2015
            Jam                                          : 07.30 – 08.40
            Sumber Informasi                   : Sagung Putri Supraniti.S.Pd.
            NIP                                         : 196202191985092001

Pengamatan :
ü  Guru member I salam kepada Anak, Anak membalas salam guru.
ü  Guru mengabsen murid.
ü  Guru menggondisikan siswa secara Fisik maupun Fisikis.
ü  Guru member apersepsi yang sudah yang berhubungan dengan materi sebelumnya dan yang akan diajarkan.
ü  Guru kurang member pertanyaan dasar dan lanjutan .
ü  Guru seharusnya sesekali member Penguatan.
ü  Guru kurang mengadakan variasi .
ü  Penjelasan Guru sesuai dengan materi.
ü  Guru melakukan bimbingan dalam diskusi kelolpok siswa .
ü  Guru Sudah melakukan pengelolaan kelas dengan baik.
ü  Guru harus meningkatkan lagi cara belajar kelompok kerja dan secara individu.
ü  Tidak ada rubric Penilaian.



Observasi




( Ida Ayu Manik Adayani )





BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Secara umum kegiatan observasi di kelas merupakan suatu kegiatan yang sangat bermanfaat, karena kita bias memperoleh data informasi yang akurat langsung dari objek sasaran.

B.     Saran
Kegiatan observasi di kelas merupakan suatu kegiatan yang sangat bermanfaat, untuk itu di sarankan pada calon guru seperti kita dapat mengetahui bagaimana seorang guru mengajar suatu pembelajaran , kemudian kita  sebagai seoarang calon guru tentunya dapat memilih mana yang baik dan tidak baik untuk diajarkan kepada murid kita ketika sudah mengajar di kemudian hari.































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


I.                   Identitas                            : SD No. 4 Kediri
Mata Pelajaran                  : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                : 4 / 1
Alokasi Waktu                  : 2 x 35 menit ( 1 x Pertemuan )

Standar Kompetensi
4.      Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita dan surat.

Kompetensi Dasar
4.4.  Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita – cita dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhatikan penggunaan ejaan ( huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.).

Indikator 
Ø  Menjelaskan bagian - bagian dari surat.
Ø  Menulis surat tentang pengalaman dan cita - cita dengan gaya penceritaan yang menarik dan menggunakan EYD yang tepat.

II.                Tujuan Pembelajaran
        Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat:
Ø  Menjelaskan bagian - bagian dari surat.
Ø  Menulis surat tentang pengalaman dan cita - cita dengan gaya penceritaan yang menarik dan menggunakan EYD yang tepat.

III.             Materi Ajar
Ø  Penulisan surat yang benar ( kalimat pembuka, isi, dan penutup surat, EYD ).

IV.             Metode Pembelajaran
Ø  Ceramah dan informasi
Ø  Diskusi / Kooperatif
Ø  Tanya jawab
Ø  Demonstrasi
Ø  Tugas
Ø  Kerja kelompok











V.Langkah - Langkah Pembelajaran
              
1.  Kegiatan Pendahuluan
Ø  Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses
pembelajaran.
Ø  Mengajukan pertanyaan - pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
Ø  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
Ø  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2.  KegiatanTnti
A. Eksplorasi
Ø  Mendengarkan teman memberi contoh membaca surat.
Ø   Menyimak penjelasan bagian - bagian dari surat.
Ø  Menyimak contoh penulisan surat.

B. Elaborasi
Ø  Secara individual, membaca contoh surat.
Ø  Menjelaskan bagian - bagian dari surat.
Ø  Menulis surat tentang pengalaman dan cita - cita dengan gaya penceritaan yang menarik dan menggunakan EYD yang tepat.

C. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
Ø  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.























Ø  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a.         berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi 'kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b.   membantu menyelesaikan masalah.
c.    memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d.   memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e.   memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi
aktif.
Ø  Menyimpulkan materi tentang :
a.       penulisan surat yang benar ( kalimat pembuka, isi, dan penutup surat, EYD).

3 . Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
Ø  Bersama - sama dengan peserta didik dan / atau sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
Ø  Melakukan penilaian dan / atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah »     dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
Ø  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Ø  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan / atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Ø  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Ø  Memberikan PR ( Buatlah surat kepada temanmu yang ada di luar daerah )

V.  Sarana dan Sumber Belajar
Ø  Buku Saya Senang Berbahasa Indonesia kelas IV. Drs. Hanif Nurcholis, MA.,dkk. 2007. Erlangga : Jakarta.
Ø  KTSP

















VI.  Penilaian
1.   Lisan
2.   Tulisan (soal terlampir)
3.   Perbuatan / Performance
                                       ;
EVALUASI
1.      Tulislah surat yang kamu tujukan kepada temanmu yang isinya menceritakan
 pengalaman mengikuti Persami!

TINDAK LANJUT
Ø  Bagi anak yang belum mencapai ketuntasan, akan diadakan remidi dan bagi yang sudah mencapai ketuntasan, akan diberikan pengayaan.








                       
    Mengetahui.                                                            Kediri, 22 Mei 2015
  Kepala Sekolah                                                         Guru Kelas / Guru Mata Pelajaran







Drs. I Wayan Sueta                                                    Sagung Putri Supraniti.S.Pd. SD.                                            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERKOMENTARLAH DENGAN BIJAK DENGAN MENJAGA TATA KRAMA TANPA MENGHINA SUATU RAS, SUKU, DAN BUDAYA

SIMAK JUGA ARTIKEL DAN MAKALAH LAINNYA

Soal UAS PKN TAHUN 2017