CLICK FOR CLAIM PROMO !

Minggu, 06 September 2015

Macam-macam Origami yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Subscribe

Inilah Macam-macam Origami yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

ikuzoorigami.comikuzoorigami.com
Origami merupakan seni melipat kertas yang bertujuan untuk mendapatkan sebuah hasil kerajinan dengan berbagai bentuk. Origami sendiri berasal dari Jepang dan diyakini sudah ada sejak abad ke-17 dan mulai berkembang ke seluruh dunia sejak abad ke-19. Seni origami berkembang dengan begitu pesat dan tak pernah turun popularitasnya. Untuk lebih jelasnya baca artikel terkait, tentang (sejarah dan perkembangan origami).
Namun tahukah kamu? Di dunia ini ada berbagai macam jenis origami yang mungkin belum kamu ketahui atau bahkan belum pernah kamu dengar sebelumnya. Berikut macam-macam origami tersebut

1. Origami Bergerak (Action Origami)

wikimedia.org
wikimedia.org

Origami bukan hanya terdiri dari objek diam, tapi ada juga yang bisa bergerak. Biasanya gerakan origami dibantu dengan menggunakan tangan untuk menciptakan gerakan layaknya sedang terbang, mengepakkan sayap, melompat, atau membuka mulut. Contoh dari origami aksi yang sangat populer adalah origami kodok yang bisa melompat ketika ujung belakangnya di tekan dan juga pesawat terbang atau suriken (senjata rahasia ninja) yang bisa terbang saat dilempar.


2. Origami Moduler (Modular Origami)

organicorigami.com
organicorigami.com

Origami modular sering disebut juga sebagai origami 3D (tiga dimensi). Origami modular merupakan origami yang disusun dengan beberapa lipatan kertas yang berbentuk sama. Biasanya lipatan modul bentuknya cukup sederhana, tetapi untuk menyusunnya menjadi suatu objek tertentu sangatlah sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

3. Origami Basah (Wet-Folding Origami)

mallardtdrake.blogspot.com
mallardtdrake.blogspot.com

Origami basah merupakan seni melipat kertas yang cara pembuatannya menggunakan kertas basah dan biasanya dibasahi secara sengaja. Setelah itu baru mulai membentuk origami, lalu dibiarkan hingga kering. Kertas yang lembab lebih mudah untuk dibentuk dan cenderung memiliki geometri yang lebih fleksibel dibanding dengan kertas kering. Dalam origami basah, ketrampilan seorang seniman sangat dibutuhkan, karena dalam seni ini tidak hanya melipat tapi juga membentuk permukaan objek seperti tonjolan dan lekukan, sehingga hasilnya bisa sempurna.


4. Origami Murni (Pureland Origami)

projecteducate.deviantart.com
projecteducate.deviantart.com

Origami murni merupakan jenis seni melipat kertas dengan aturan yang sangat ketat dan hanya boleh memakai lipatan langsung. Jenis origami yang satu ini dikembangkan oleh seniman origami asal Inggris yang bernama John Smith sekitar tahuun 1970-an, tujuannya untuk membantu orang belajar origami khususnya buat orang yang memiliki keterbatasan fisik motorik.


5. Tesselasi Origami (Origami Tesselations)

kleinalaine.deviantart.com
kleinalaine.deviantart.com

Tesselasi origami merupakan seni membentuk susunan ubin kertas yang dilipat dengan sedemikian rupa sehingga menghasilkan bidang yang beraturan dan dikerjakan dalam bidang dua dimensi.


6. Kirigami

instructables.com
instructables.com

Sebagian orang menambahkan kirigami sebagai bagian dari seni origami karena adanya kemiripan nama dan juga adanya unsur melipat kertas pada seni ini. Tetapi, dalam seni origami tradisional tidak mengenal istilah yang disebut dengan kirigami, karena istilah kirigami sendiri baru dikenal sekitar abad ke-20. Kirigami ini merupakan seni melipat dan memotong kertas untuk membentuk sebuah objek seni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERKOMENTARLAH DENGAN BIJAK DENGAN MENJAGA TATA KRAMA TANPA MENGHINA SUATU RAS, SUKU, DAN BUDAYA

SIMAK JUGA ARTIKEL DAN MAKALAH LAINNYA

Soal UAS PKN TAHUN 2017