CLICK FOR CLAIM PROMO !

Minggu, 06 September 2015

Cara Melaporkan Penipuan Online ke Polisi

Subscribe

Cara Melaporkan Penipuan Online ke Polisi


penipuan_online
HABAGET – Cara Melaporkan Penipuan Online ke Polisi – Modus Penipuan melalui SMS atau internet (online) seperti yang dilakukan oleh Penipu yang memasang dagangannya di OLX.co.id dan Berniaga.com dsb sekarang marak terjadi. Namun banyak juga yang tidak tahu caranya bagaimana melaporkan penipuan tersebut ke polisi.
Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk melaporkan penipuan baik itu online shop maupun sms ke polisi:

A. Melapor Melalui Email.

Cara termudah dan mungkin langkah pertama yang harus dilakukan jika Anda baru saja menjadi korban penipuan adalah langsung melaporkan ke polisi ke email resmi Kepolisian Indonesia dengan alamat: cybercrime@polri.go.id. POLRI telah membentuk satu tim yang khusus akan menyelidiki penipuan online atau disebut CyberCrime. Dalam email tersebut, Anda harus memuat beberapa hal berikut ini:
  1. Informasi detail tentang bagaimana jalannya transaksi.
  2. Jika ada alat bukti seperti bukti pengiriman, sms atau email penipu yang bisa dilampirkan juga.
  3. Sertakan juga nama dan nomor rekening serta nomor handphone atau telphon yang digunakan oleh penipu.

B. Langsung Melapor ke Kantor Polisi.

Berikut langkah yang harus Anda lakukan untuk melaporkan para penipu ke kantor polisi terdekat:
  1. Datanglah ke kantor polisi terdekat. Kemudian laporkan kejadian penipuan yang Anda alami dengan menceritakan kronologi penipuan yang Anda alami. Tentu Anda harus menunjukkan alat bukti sebagai dasar penyelidikan seperti bukti transfer ke rekening penipu, nomor handphone dan nomor kontak yang digunakan penipu. Dengan laporan yang Anda sampaikan, Polisi akan membuat laporan yang berisi identitas pelapor dan terlapor, uraian singkat kejadian dan pasal yang dikenakan.
  2. Kemudian Anda akan menerima sebuah Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) sebagai bukti anda telah melaporkan tindak pidana yang Anda alami.
  3. Anda tinggal menunggu perkembangan kasus yang ditangani dan anda akan mendapat Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP).
Note:
Jika uang yang digondol penipu terbilang besar. Ada baiknya segera datang ke bank terkait untuk mengajukan permohonan pemblokiran nomor rekening penipu tersebut. Hal inilah yang sering dijadikan motivasi penipu untuk bertransaksi pada hari sabtu dan minggu (bank tutup), karena kita tidak bisa memblokirnya.
Besar kemungkinan pihak bank tidak mengabulkan permohonan pemblokiran tersebut karena pihak bank tentu akan melindungi nasabahnya. Namun bukan berarti tidak bisa sama sekali. Artinya upaya pemblokiran bisa saja dikabulkan jika kita bisa pintar melobi pihak bank. Cobalah untuk meyakinkan pihak bank bahwa nomor rekening tersebut benar-benar penipu dengan menunjukkan bukti transfer, nomor kontak penipu serta STPL dan Anda akan bertanggungjawab atas permohonan pemblokiran tersebut jika tuduhan Anda salah. Sampaikan juga bahwa agar pihak bank walaupun tidak bisa dikatakan melindungi pelaku tindak pidana tetapi setidaknya pihak bank punya tanggunjawab moral untuk ikut berpartisipasi dalam memerangi tindak pidana.
Demikianlah informasi tentang bagaimana Cara Melaporkan Penipuan Online atau SMS ke Polisi. Jika menurut Anda informasi ini bermanfaat mohon sharenya dengan mengklik tombol like di bawah ini. Terima Kasih
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERKOMENTARLAH DENGAN BIJAK DENGAN MENJAGA TATA KRAMA TANPA MENGHINA SUATU RAS, SUKU, DAN BUDAYA

SIMAK JUGA ARTIKEL DAN MAKALAH LAINNYA

Soal UAS PKN TAHUN 2017