CLICK FOR CLAIM PROMO !

Jumat, 18 September 2015

10 Jenis Tanaman Obat Serta Manfaatnya

Subscribe


tropical.theferns.infotropical.theferns.info
Negara ini merupakan salah satu negara yang terkenal kaya akan rempah-rempah serta berbagai macam jenis tanaman. Tanaman-tanaman tersebutlah yang kemudian diolah dan dijadikan nenek moyang kita sebagai obat penyembuh berbagai macam penyakit jauh sebelum dikenalnya obat-obatan seperti yang sekarang ini.
Tanaman obat atau yang lebih dikenal dengan tanaman herbal, sangatlah banyak jenis serta manfaatnya. Mulai dari utnuk mengobati penyakit hingga penyakit berat sekalipun. Selain itu, tanaman obat juga sudah teruji keampuhannya dibandingkan dengan obat-obatan kimia yang banyak kita temui sekarang ini.
Baiklah, langsung aja kita simak beberapa jenis tanaman obat berikut ini.

1. Seledri (Apium graviolens)

phytoimages.siu.edu
phytoimages.siu.edu

Tanaman yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi buat kita, tanaman yang satu ini sering kita jumpai sebagai campuran dalam berbagai jenis makanan. Seperti soto, bakso, sup, rawon dan lain sebagainya. Dan biasanya berfungsi sebagai penyedap rasa dikarenakan baunya yang harum.

Ternyata, tanaman ini juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengobati penyakit asam urat. Karena, tanaman ini banyak mengandung kalsium dan fosfor yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Dan caranya pun sangatlah mudah, rebuslah beberapa helai daun seledri dan ambil sarinya untuk diminum.

2. Blustru (Luffa aegyptiaca mill)

couchpotate.blog9.fc2.com
couchpotate.blog9.fc2.com

Blustru atau yang dikenal dengan ketela manis (Di Sunda dikenal dengan Lapang oyom dan di Palembang dikenal dengan Huru Jawa) adalah salah satu tanaman obat yang diwariskan secara turun temurun. Tetapi, pada saat ini sudah sangat jarang orang yang memanfaatnya sebagai tanaman obat dan bahkan tidak tahu bagaimana bentuknya.

Blustru ini dikenal mampu mengobati penyakit asma, caranya juga sangat mudah. Yaitu, cuci terlebih dahulu daun blustru muda, kemudian letakkan daun tersebut di atas nasi panas (bisa juga diletakkan pada waktu masak nasi) dan makanlah daun tersebut sebagai lalapan setiap hari dan rasakan manfaatnya.

3. Pasak bumi atau tanaman ali (Eurycoma longifolia jack)

vemaybaydidanangvietjetair.blogspot.com
vemaybaydidanangvietjetair.blogspot.com

Tanaman obat pasak bumi / tongkat ali ini banyak kita temui di daerah Kalimantan. Tanaman obat ini mapu memperbaiki kadar testoteron para pria guna menambah gairah sexual pada pria. Selain itu, pasak bumi juga dipercaya mampu mengobati ED (Ejakulsi dini).

Dan kini kita tidak perlu repot-repot lagi tentang bagaimana cara mengolahnya. Karena, sudah banyak kita jumpai diberbagai toko obat tradisional dalam bentuk kopi, teh dan lain sebagainya.

4. Mengkudu (Morinda citrifolia)

flickr.com
flickr.com

Tanaman obat yang satu ini memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah. Di Sunda tanaman ini dikenal dengan Cangkudu, di Aceh dikenal dengan Keumeude, sedangkan di Jawa disebut dengan pace/kudu. Kalau di Aceh akan kita temui tanaman obat ini di hampir setiap rumah warga, yang biasanya mereka manfaatkan sebagai bahan rujak ataupun menu berbuka puasa khas Aceh.

Namun, tahukah kamu? Ternyata tanaman ini juga sering dimanfaatkan sebagai obat jantung koroner serta membantu mencegah penyakit jantung koroner. Caranya pun sangatlah mudah, cukup halusakan buah mengkudu/jadikan sebgai jus, kemudian saring air sarinya tambahkan sedikit gula dan madu. Minum 2x sehari setelah makan.

5. Lidah buaya (Aloe vera)

meganblog.com
meganblog.com

Sejak zaman dahulu, lidah buaya sudah dimanfaatkan untuk perawatan tubuh/kecantikan. Dikabarkan juga bahwa sekarang ini, Jepang tengah mengembangkan lidah buaya untuk dijadikan sebagai obat kanker. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memperoleh khasiat dari lidah buaya ini, salah satunya bisa dibuat cendol ala Pontianak.

6. Buah Makasar (Brucea Javanica)

tropical.theferns.info
tropical.theferns.info

Tanaman obat yang satu ini dikenal dengan rasanya yang sangat pahit serta beracun. Tetapi, apabila diolah dengan baik serta dosis yang sesuai, tanaman ini bisa dijadikan sebagai obat diabetes yang cukup manjur, karena tanaman ini mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Selain itu, tanaman obat yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai obat kanker serviks. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu merebus dan mengambil sarinya untuk kemudian diminum 2-3x sehari. Tapi, kini di toko herbal sudah bisa kita jumpai buah makasar kering, jadi kamu tidak perlu susah-susah menumbuknya ataupun mengeringkannya sendiri)

7. Belimbing (Averrhoa Carambola)

ann.co.jp
ann.co.jp

Tentu kita sudah tidak asing lagi kan dengan buah yang satu ini? Buah yang kaya akan vitamin A, B, C, Protein, Kalsium dan lain sebagainya ini ternyata bisa dijadikan sebagai obat kolesterol tinggi serta mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

8. Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza)

livingfarmacy.wordpress.com
livingfarmacy.wordpress.com

Temulawak merupakan tanaman obat asli Indonesia yang banyak mengandung kurkumin yang berfungsi sebagai anti radang atau anti keracunan empedu. Selain itu, temulaeak juga dipercaya mampu mencegah penyakit kanker hati. Kenapa bisa begitu? Karena, temulawak mampu mengobati penyakit hepatitis B yang merupakan faktor utama penyakit kanker hati.

9. Daun Dewa (Gynura Divaricata)

objectief.be
objectief.be

Dilihat dari namanya aja sudah kerenkan! Tanaman obat yang stu ini dipercaya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Daun dewa banyak mengandung minyak atsiri, saponin dan lain sebagainya yang mempu untuk mengobati penyakit stroke ataupun mencegahnya. Selain itu, juga berfungsi sebagai obat penghilang memar serta penurun tekanan darah.

10. Jarak (Ricinus Communis)

commons.wikimedia.org
commons.wikimedia.org

Tanaman obat yang satu ini jika di Jawa Barat dikenal dengan Kaliki, di Sumatra dikenal dengan Dulang dan di Madura dikenal dengan Kalek. Akar dari tanaman jarak ini dipercaya ampuh untuk mengobati penyakit rematik serta sebagai penenang.

Bijinya yang terasa pedas manis juga sering dimanfaatkan sebagai obat hernia, kanker rahim rematik dan TBC. Tetapi kamu harus berhati-hati jika ingin mengkonsumsinya, karena jika terlalu berlebihan akan menyebabkan keracunan yang ditandai dengan kepala pusing, muntah-muntah, berak, panas dan lain sebagainya.

Sebenarnya masih banyak lagi tanaman obat yang bisa kita gunakan sebagai obat segala macam penyakit. Terlepas dari semua itu, tetap Allah yang menentukan apakah kamu bakal sembuh atau tidak. Tapi paling tidak kita harus menjalankan kodrat kita sebagai manusia untuk terus berusaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERKOMENTARLAH DENGAN BIJAK DENGAN MENJAGA TATA KRAMA TANPA MENGHINA SUATU RAS, SUKU, DAN BUDAYA

SIMAK JUGA ARTIKEL DAN MAKALAH LAINNYA

Soal UAS PKN TAHUN 2017